Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI5251, author = {Kharina Sunastiko and Frieda N.R.H and Aldriandy Putra}, title = {Hubungan Antara Citra Diri (Self Image) dengan Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {2}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {citra diri (self image), perilaku konsumtif, produk kosmetik}, abstract = { Mahasiswi merupakan salah satu kelompok dalam masyarakat yang cenderung berorientasi konsumtif dan senang mencoba hal-hal baru. Mereka terus berupaya membeli produk-produk trend terbaru untuk mengubah penampilan mereka seperti pakaian, asesoris, tas, sepatu dan juga kosmetik untuk menjadi lebih menarik dan memperkuat identitas mereka di lingkungan sosial.Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswi adalah citra diri (self image) . Menjadi cantik dan menarik ialah harapan dan sangat penting untuk seorang wanita. Rasa cantik bagi seorang wanita dapat dikatakan sebagai sebuah kebutuhan, sehingga dalamperkembangannya, wanita selalu mempunyai keinginan untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki. Sehingga, keputusan untuk memakai produk kosmetik dengan alasan ingin terlihat lebih menarik tidak dapat ditolak lagi. Penelitian ini melibatkan mahasiswi di fakultas HukumUniversitas Diponegoro Semarang dengan karakteristik subjek adalah remaja puteri berusia 18-20 tahun. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik kuota incidental sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program komputer StatisticalPackages for Social Science (SPSS) for windows evaluation version 1 8 .0 . Alat ukur yang digunakan adalah skala citra diri (self image ) dengan jumlah aitem 30 (α = 0,900) dan skala perilaku konsumtif dengan jumlah aitem 30 (α = 0,919) yang disusun oleh peneliti. Hasil analisis regresi sederhana mendapatkan r xy = -0,467 dengan p = 0,000 (p<0,05), berarti terdapat hubungan negatif antara citra diri (self image ) dengan perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada mahasiswi di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Artinya semakin tinggi citra diri (self image ) maka semakin rendah perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada mahasiswi. Koefisien determinasi sebesar 0,218, berarti faktor citra diri (self image ) memberikan kontribusi sebesar 21,8% pada perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada mahasiswi . }, issn = {2829-1859}, pages = {62--69} doi = {10.14710/empati.2013.5251}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/5251} }
Refworks Citation Data :
Mahasiswi merupakan salah satu kelompok dalam masyarakat yang cenderung berorientasi konsumtif dan senang mencoba hal-hal baru. Mereka terus berupaya membeli produk-produk trend terbaru untuk mengubah penampilan mereka seperti pakaian, asesoris, tas, sepatu dan juga kosmetik untuk menjadi lebih menarik dan memperkuat identitas mereka di lingkungan sosial.Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswi adalah citra diri(self image). Menjadi cantik dan menarik ialah harapan dan sangat penting untuk seorang wanita. Rasa cantik bagi seorang wanita dapat dikatakan sebagai sebuah kebutuhan, sehingga dalamperkembangannya, wanita selalu mempunyai keinginan untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki. Sehingga, keputusan untuk memakai produk kosmetik dengan alasan ingin terlihat lebih menarik tidak dapat ditolak lagi.
Penelitian ini melibatkan mahasiswi di fakultas HukumUniversitas Diponegoro Semarang dengan karakteristik subjek adalah remaja puteri berusia 18-20 tahun. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik kuota incidental sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program komputer StatisticalPackages for Social Science (SPSS) for windows evaluation version 18.0. Alat ukur yang digunakan adalah skala citra diri (self image) dengan jumlah aitem 30 (α = 0,900) dan skala perilaku konsumtif dengan jumlah aitem 30 (α = 0,919) yang disusun oleh peneliti.
Hasil analisis regresi sederhana mendapatkan rxy = -0,467 dengan p = 0,000 (p<0,05), berarti terdapat hubungan negatif antara citra diri (self image) dengan perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada mahasiswi di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Artinya semakin tinggi citra diri (self image) maka semakin rendah perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada mahasiswi.
Koefisien determinasi sebesar 0,218, berarti faktor citra diri (self image) memberikan kontribusi sebesar 21,8% pada perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada mahasiswi .
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University