skip to main content

Hubungan Antara Citra Diri (Self Image) dengan Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang


Citation Format:
Abstract

Mahasiswi merupakan salah satu kelompok dalam masyarakat yang cenderung berorientasi konsumtif dan senang mencoba hal-hal baru. Mereka terus berupaya membeli produk-produk trend terbaru untuk mengubah penampilan mereka seperti pakaian, asesoris, tas, sepatu dan juga kosmetik untuk menjadi lebih menarik dan memperkuat identitas mereka di lingkungan sosial.Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswi adalah citra diri(self image). Menjadi cantik dan menarik ialah harapan dan sangat penting untuk seorang wanita. Rasa cantik bagi seorang wanita dapat dikatakan sebagai sebuah kebutuhan, sehingga dalamperkembangannya, wanita selalu mempunyai keinginan untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki. Sehingga, keputusan untuk memakai produk kosmetik dengan alasan ingin terlihat lebih menarik tidak dapat ditolak lagi.

            Penelitian ini melibatkan mahasiswi di fakultas HukumUniversitas Diponegoro Semarang dengan karakteristik subjek adalah remaja puteri berusia 18-20 tahun. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik kuota incidental  sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program komputer StatisticalPackages for Social Science (SPSS) for windows evaluation version 18.0. Alat ukur yang digunakan adalah skala citra diri (self image) dengan jumlah aitem 30 (α = 0,900) dan skala perilaku konsumtif dengan jumlah aitem 30 (α = 0,919) yang disusun oleh peneliti.

            Hasil analisis regresi sederhana mendapatkan rxy = -0,467 dengan p = 0,000 (p<0,05), berarti terdapat hubungan negatif antara citra diri (self image) dengan perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada mahasiswi di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Artinya semakin tinggi citra diri (self image) maka semakin rendah perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada mahasiswi.

            Koefisien determinasi sebesar 0,218, berarti faktor citra diri (self image) memberikan kontribusi sebesar 21,8% pada perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik pada mahasiswi .

Fulltext View|Download
Keywords: citra diri (self image), perilaku konsumtif, produk kosmetik
Article Info
Section: Research Articles
Statistics:
Share:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.