Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI48000, author = {Nathasya Easter Sinaga and Maharani Mahardhika Dealova and Vanessa Nediva}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH: TINJAUAN LITERATUR}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {13}, number = {6}, year = {2025}, keywords = {Anak; Kecerdasan Buatan; Pendidikan; Sekolah}, abstract = { Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan anak usia sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar dengan meningkatkan personalisasi dan menyediakan sumber daya yang interaktif, namun juga membawa risiko ketergantungan dan mengurangi interaksi sosial, sehingga penting bagi pendidik untuk mengelola penggunaan teknologi ini dengan bijak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan telaah literatur mengenai analisis pengaruh penggunaan artificial intelligence terhadap pendidikan anak usia sekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah systematic literature review menggunakan pedoman PRISMA untuk untuk menemukan pengaruh antara penggunaan artificial intelligence terhadap pendidikan anak usia sekolah. Database yang digunakan adalah ProQuest, Scopus, JSTOR, ScienceDirect, SpringerLink dan Google Scholar. Kriteria inklusi dari penelitian adalah 1) artikel berkaitan dengan artificial intelligence dan pendidikan anak usia sekolah; 2) merupakan artikel penelitian; 3) artikel dipublikasi 10 tahun terakhir; 4) merupakan artikel berjenis open access ; dan 5) dipublikasi dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Enam artikel yang dianalisis menunjukan bahwa penggunaan teknologi A rtificial Intelligence (AI) dalam pendidikan anak dapat membawa dampak positif dan negatif. AI dapat meningkatkan keterampilan kerja dan kemandirian anak, memberikan rasa aman untuk berdiskusi, mendorong pemikiran kritis, meningkatkan pemahaman terhadap buku, serta memperkaya pengalaman belajar pada anak. Di sisi lain, AI memiliki keterbatasan seperti fleksibilitas yang rendah dan risiko ketergantungan berlebihan, sehingga penting bagi guru dan orang tua untuk mengawasi penggunaannya agar menghindari bahaya seperti pelanggaran privasi dan penurunan interaksi sosial. Dengan pengawasan yang tepat, AI dapat menawarkan manfaat besar dalam pembelajaran. }, issn = {2829-1859}, pages = {528--542} doi = {10.14710/empati.2024.48000}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/48000} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University