skip to main content

PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH: TINJAUAN LITERATUR

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 31 Oct 2024; Accepted: 20 Jan 2025; Published: 10 Apr 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan anak usia sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar dengan meningkatkan personalisasi dan menyediakan sumber daya yang interaktif, namun juga membawa risiko ketergantungan dan mengurangi interaksi sosial, sehingga penting bagi pendidik untuk mengelola penggunaan teknologi ini dengan bijak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan telaah literatur mengenai analisis pengaruh penggunaan artificial intelligence terhadap pendidikan anak usia sekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah systematic literature review menggunakan pedoman PRISMA untuk untuk menemukan pengaruh antara penggunaan artificial intelligence terhadap pendidikan anak usia sekolah. Database yang digunakan adalah  ProQuest, Scopus, JSTOR, ScienceDirect, SpringerLink dan Google Scholar. Kriteria inklusi dari penelitian adalah  1) artikel berkaitan dengan artificial intelligence dan pendidikan anak usia sekolah; 2) merupakan artikel penelitian; 3) artikel dipublikasi 10 tahun terakhir; 4) merupakan artikel berjenis open access; dan 5) dipublikasi dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Enam artikel yang dianalisis menunjukan bahwa penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan anak dapat membawa dampak positif dan negatif. AI dapat meningkatkan keterampilan kerja dan kemandirian anak, memberikan rasa aman untuk berdiskusi, mendorong pemikiran kritis, meningkatkan pemahaman terhadap buku, serta memperkaya pengalaman belajar pada anak. Di sisi lain, AI memiliki keterbatasan seperti fleksibilitas yang rendah dan risiko ketergantungan berlebihan, sehingga penting bagi guru dan orang tua untuk mengawasi penggunaannya agar menghindari bahaya seperti pelanggaran privasi dan penurunan interaksi sosial. Dengan pengawasan yang tepat, AI dapat menawarkan manfaat besar dalam pembelajaran.
Fulltext View|Download
Keywords: Anak; Kecerdasan Buatan; Pendidikan; Sekolah

Article Metrics:

  1. Aguilera, C. A., Castro, A., Aguilera, C., & Raducanu, B. (2024). Voice-controlled robotics in early education: Implementing and validating child-directed interactions using a collaborative robot and artificial intelligence. Applied Sciences, 14(6), 2408. https://doi.org/10.3390/app14062408
  2. El Naggar, A., Gaad, E., & Inocencio, S. A. (2024). Enhancing inclusive education in the UAE: Integrating AI for diverse learning needs. Research in Developmental Disabilities, 147, 104685. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2024.104685
  3. Liberati, A. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate health care interventions: Explanation and elaboration. Annals of Internal Medicine, 151(4). https://doi.org/10.7326/0003-4819-151-4-200908180-00136
  4. Liu, C. C., Liao, M. G., Chang, C. H., & Lin, H. M. (2022). An analysis of children’ interaction with an AI chatbot and its impact on their interest in reading. Computers & Education, 189. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104576
  5. Li, Y., Zhang, H., Padua, S., Zhou, X., Ma, X., & Li, X. (2024). Strategies for applying commercial AI in labor education during the transition from kindergarten to primary school. SHS Web of Conferences, 187, 03012. https://doi.org/10.1051/shsconf/202418703012
  6. Yahya, M., Wahyudi, & Hidayat, A. (2023). Implementasi artificial intelligence (AI) di bidang pendidikan kejuruan pada era revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 190-199. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.794
  7. Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Wijaya, P. R. (2023). Pembelajaran berbasis AI (artificial intelligence) untuk anak usia dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 150–155. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1514
  8. Pratikno, A. S. (2017). Implementasi artificial intelligence dalam memetakan karakteristik, kompetensi, dan perkembangan psikologi siswa sekolah dasar melalui platform offline conference. In Proceeding KMP Education Research Conference Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP), 18-27
  9. Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat kecerdasan buatan untuk pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika, 2(1), 124-134. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.163
  10. Sahnir, N., & Yatim, H. (2023, July). Pengenalan teknologi artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan pengalaman belajar seni di era digitalisasi pendidikan. In Seminar Nasional Dies Natalis. 62(1), 245-256. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.811
  11. Sari, D. L. (2024). Eksplorasi cerita rakyat bengkulu dalam format video 3d berbantuan artificial intelligence untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 3(2), 108-117. https://doi.org/10.56855/intel.v3i2.1081
  12. Sinaiyangsih, X. A., Syehansyah, M., Nuraini, J. S., Azzahra, Y. F., Musyaffa, M. A., & Muharram, H. (2017). Pengaruh penggunaan artificial intelligence (AI) text based-chatgpt terhadap efisiensi belajar mahasiswa di lingkungan kampus universitas nasional. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(1)
  13. Suharmawan, W. (2024). Pemanfaatan chatgpt dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
  14. Walan, S. (2024). Primary school students’ perceptions of artificial intelligence – for good or bad. International Journal of Technology and Design Education. https://doi.org/10.1007/s10798-024-09898-2

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.