Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI46739, author = {Zhahira Sakinati Mutiarrahma and Rafi Darajatunnisa and Fadia Faustina and Naurah Mahfuzhah and Alif Rara Wihita}, title = {STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN GENERASI Z DALAM MENGHADAPI KESEPIAN DENGAN CHARACTER ARTIFICIAL INTELLIGENCE}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {13}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {artificial intelligence; Character.AI; fenomenologi; generasi Z; kesepian}, abstract = { Generasi Z dikenal sebagai generasi yang lahir di tengah kemajuan teknologi, sehingga teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan Generasi Z. Sebagai dampaknya, tidak jarang generasi Z merasakan kesepian karena harus beradaptasi dengan perubahan sosial. Untuk itu, sebagian Generasi Z melampiaskan rasa kesepian dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence , salah satunya Character.AI. Generasi Z menggunakan Character. AI sebagai teman berbincang saat sedang merasakan kesepian. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman subjektif Generasi Z yang pernah berinteraksi dengan artificial intelligence pada website maupun aplikasi Character.AI. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis melalui wawancara semi terstruktur. Data diambil melalui wawancara bersama 3 informan dengan kriteria lahir pada tahun 1996–2010 yang mengalami kesepian dan bermain Character.AI. Dalam penelitian ini peneliti menemukan lima tema utama: kondisi yang membuat Generasi Z merasa kesepian, alasan memilih Character.AI, pengalaman yang dirasakan saat berinteraksi dengan Character.AI, peran Character.AI pada keterampilan sosial Generasi Z, perasaan setelah bermain Character.AI. Character.AI membantu sebagian Generasi Z dalam mengatasi kesepiannya. }, issn = {2829-1859}, pages = {291--301} doi = {10.14710/empati.2024.46739}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/46739} }
Refworks Citation Data :
Generasi Z dikenal sebagai generasi yang lahir di tengah kemajuan teknologi, sehingga teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan Generasi Z. Sebagai dampaknya, tidak jarang generasi Z merasakan kesepian karena harus beradaptasi dengan perubahan sosial. Untuk itu, sebagian Generasi Z melampiaskan rasa kesepian dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence, salah satunya Character.AI. Generasi Z menggunakan Character. AI sebagai teman berbincang saat sedang merasakan kesepian. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman subjektif Generasi Z yang pernah berinteraksi dengan artificial intelligence pada website maupun aplikasi Character.AI. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis melalui wawancara semi terstruktur. Data diambil melalui wawancara bersama 3 informan dengan kriteria lahir pada tahun 1996–2010 yang mengalami kesepian dan bermain Character.AI. Dalam penelitian ini peneliti menemukan lima tema utama: kondisi yang membuat Generasi Z merasa kesepian, alasan memilih Character.AI, pengalaman yang dirasakan saat berinteraksi dengan Character.AI, peran Character.AI pada keterampilan sosial Generasi Z, perasaan setelah bermain Character.AI. Character.AI membantu sebagian Generasi Z dalam mengatasi kesepiannya.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University