1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Mr. Sunario, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia, Indonesia
2Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI46697, author = {Desvita Dwi Hapsari and Gizza Yasmin Ramadhani and Nadia Islami Ikramullah}, title = {LITERATURE REVIEW: PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {13}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {artificial intelligence; motivasi belajar; siswa}, abstract = { Kemunculan artificial intelligence (AI) membuktikan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Dampak AI telah menyebar ke berbagai aspek, termasuk bidang pendidikan. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar sangat bergantung pada motivasi belajar peserta didik yang merupakan faktor kunci dalam proses pembelajaran dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam keterkaitan antara pemanfaatan AI dengan motivasi belajar peserta didik. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah literature review dengan database dari Google Scholar . Artikel disaring berdasarkan kriteria inklusi berikut: 1) Artikel yang memuat topik hubungan antara penggunaan AI dan motivasi belajar peserta didik; 2) Artikel terbitan 10 tahun terakhir (2014 – 2024); 3) Jenis artikel penelitian yang dapat diakses ( open access ); dan 4) Metode penelitian artikel dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif; dan 5) Artikel berbahasa Indonesia. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kegiatan belajar mengajar menggunakan AI dapat menciptakan proses belajar mengajar yang menarik dan inovatif sehingga menciptakan rasa puas dan minat yang kemudian meningkatkan motivasi belajar peserta didik. }, issn = {2829-1859}, pages = {313--324} doi = {10.14710/empati.2024.46697}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/46697} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University