skip to main content

LITERATURE REVIEW: PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Mr. Sunario, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia, Indonesia

2Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 26 Aug 2024; Published: 21 Oct 2024.
Open Access Copyright 2024 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Kemunculan artificial intelligence (AI) membuktikan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Dampak AI telah menyebar ke berbagai aspek, termasuk bidang pendidikan. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar sangat bergantung pada motivasi belajar peserta didik yang merupakan faktor kunci dalam proses pembelajaran dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam keterkaitan antara pemanfaatan AI dengan motivasi belajar peserta didik. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah literature review dengan database dari Google Scholar. Artikel disaring berdasarkan kriteria inklusi berikut: 1) Artikel yang memuat topik hubungan antara penggunaan AI dan motivasi belajar peserta didik; 2) Artikel terbitan 10 tahun terakhir (2014 – 2024); 3) Jenis artikel penelitian yang dapat diakses (open access); dan 4) Metode penelitian artikel dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif; dan 5) Artikel berbahasa Indonesia. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kegiatan belajar mengajar menggunakan AI dapat menciptakan proses belajar mengajar yang menarik dan inovatif sehingga menciptakan rasa puas dan minat yang kemudian meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Fulltext View|Download
Keywords: artificial intelligence; motivasi belajar; siswa

Article Metrics:

  1. Baskara, F. R. (2023). Chatbots and flipped learning: Enhancing student engagement and learning outcomes through personalised support and collaboration. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(2), 223 – 238. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i2.331
  2. Bond, M., Buntins, K., Bedenlier, S., Zawacki-Richter, O., & Kerres, M. (2020). Mapping research in student engagement and educational technology in higher education: A systematic evidence map. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), 1 – 30
  3. Farman, I. (2024). Analisis penggunaan chatgpt sebagai asisten virtual untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan teknologi informasi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6636 – 6639. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29138
  4. Gultom, E. M. B., Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., Nainggolan, J., Pardede, L., & Siahaan, M. M. (2024). Pengaruh aplikasi wordwall artificial intelligence (kecerdasan buatan) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas x di sma negeri 2 Tanjung Morawa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6014 – 6019. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27898
  5. Kirana, M. D., Asbari, M., & Rusdita, R. (2024). Anak Indonesia pencipta ai untuk pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 34 – 37. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/833/144
  6. Muchminiin, M. A., Kevin, M., & Rahmadhani, A. (2024). Pengaruh penggunaan artificial intelligence (ai) terhadap minat belajar mahasiswa teknik informatika angkatan 2022. Mars : Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(4), 56–62. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/mars.v2i4.230
  7. Naila, I., Atmoko, A., Dewi, R. S. I., & Kusumajanti, W. (2023). Pengaruh artificial intelligence tools terhadap motivasi belajar siswa ditinjau dari teori rogers. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 150. https://doi.org/10.30736/atl.v7i2.1774
  8. Noviati, W., & Belajar, H. (2022). Pemanfaatan teknologi artificial intelligence dalam efektifitas pembelajaran mahasiswa universita samawa. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1676
  9. Nelliraharti, N. (2024). Pengaruh artificial intelligence (ai) terhadap motivasi belajar mahasiswa. Journal of Education Science (JES), 10(1), 139 – 151. https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3993
  10. Oktavia, D. H., & Suseno, G. (2024). Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam pendidikan di Indonesia: Potensi dan tantangan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1680 – 1686. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i2
  11. Pasaribu, M. F., Tanjung, D. S., & Azelina D. (2020). Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di kelas v sdn 04 Pangkatan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 375 – 380
  12. Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pemanfaatan aplikasi gamifikasi wordwall di era pandemi covid-19 untuk meningkatkan proses pembelajaran daring. Terang: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Menerangi Negeri, 4(1), 83 – 90. https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1449
  13. Rafiqah, M., Yusmansyah, Mayasari, S. (2013). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(1), 23 – 30. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/1661
  14. Rifky, S. (2024). Dampak penggunaan artificial intelligence bagi pendidikan tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37 – 42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287
  15. Ronsumbre, S., Rukmawati, T., Sumarsono, A., & Waremra, R. S. (2023). Pembelajaran digital dengan kecerdasan buatan (ai): Korelasi ai terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Educatio, 9(3), 1464 – 1474
  16. Suttrisno, S. (2021). Analisis dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa madrasah ibtidaiyah. JURMIA: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 01 – 10. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.