skip to main content

LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 26 Aug 2024; Published: 21 Oct 2024.
Open Access Copyright 2024 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Salah satu cara pemerintah untuk mewujudkan Generasi Emas adalah dengan memaksimalkan teknologi digital yang berkaitan dengan bahasa. Salah satunya adalah Duolingo sebagai aplikasi yang membuat kegiatan belajar menjadi kreatif dan inovatif yang dapat memengaruhi motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan dari duolingo dalam meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian literature review dengan mencari artikel jurnal dari database ProQuest dan Google Scholar. Artikel jurnal akan disaring kembali sesuai dengan beberapa kriteria inklusi, yaitu: 1) artikel jurnal membahas tentang pengaruh duolingo terhadap motivasi belajar bahasa Inggris, 2) artikel jurnal yang diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, 3) artikel jurnal diperoleh dari database terpercaya, 4) artikel jurnal menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, 5) jurnal terindeks minimal SINTA 2 atau jurnal internasional yang terindeks SCOPUS, 6) artikel jurnal termasuk dalam jenis open access. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Duolingo memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.


Fulltext View|Download
Keywords: Bahasa Inggris; Duolingo; motivasi belajar

Article Metrics:

  1. Alshareef, F. (2018). Importance of using mobile learning in supporting teaching and learning of english language in the secondary stage. Journal of Education and Practice, 9(15), 71–88
  2. Aulia, H. R., Wahjuningsih, E., & Andayani, R. (2020). Effect of Duolingo application on students’ english vocabulary mastery. ELTR Journal, 4(2), 131–139. https://doi.org/10.37147/eltr.v4i2.71
  3. Hidayati, T., & Diana, S. (2019). Students’ motivation to learn english using mobile applications: The case of Duolingo and Hello English. JEELS, 13(1), 104–116
  4. Inayah, N., Qismullah, Y., & Fibula, N. (2020). Exploring undergraduate student’s perception toward the use of Duolingo in learning english. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 76-85. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.839
  5. Kurniawati, P. (2017). Students’ motivation to learn english using mobile applications the case of Duolingo and Hello English. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7
  6. Matra, S. D., & Kunci, K. (2020). Duolingo applications as vocabulary learning tools. Journal of English Literature, 1(1), 46–52
  7. Maulya, R. (2023). Increasing student’s motivation in learning english using Duolingo. Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(3), 200–206
  8. Mulyani, M. S., & Suryadi, S. (2023). The impact of Duolingo technology in english language learning on students’ achievement. Tell-Us Journal, 9(4). https://doi.org/10.22202/tus.2023.v9i4.7628
  9. Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Deepublish
  10. Peng, R., & Fu, R. (2021). The effect of Chinese EFL students’ learning motivation on learning outcomes within a blended learning environment. Australasian Journal of Educational Technology, 37(6), 61–74. https://doi.org/10.14742/ajet.6235
  11. Said, A. (2024, Mei 6). Berita Resmi Statistik : Pertumbuhan ekonomi indonesia Triwulan I 2024. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/06/2372/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-82-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-04-juta-rupiah-per-bulan.html
  12. Susiandari, A., & Parwati, D. (2022). Sosialisasi penggunaan aplikasi Duolingo untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris pada mahasiswa DIII kebidanan institut kesehatan dan bisnis St. Fatimah Mamuju. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 01–06. https://doi.org/10.56910/sewagati.v1i2.209
  13. Uno, H. B. (2014). Teori motivasi dan pengukurannya. Bumi Aksara
  14. Zeng, C., & Fisher, L. (2024). Opening the “Black Box”: How out-of-class use of Duolingo impacts Chinese junior high school students’ intrinsic motivation for english. ECNU Review of Education, 7(2), 283–307. https://doi.org/10.1177/20965311231171606

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.