Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI46691, author = {Tasya Salsabila and Najwa Nafilah and Farrel Patangga and Saffanah Zulfa and Nadya Listyaningsih}, title = {LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {13}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {Bahasa Inggris; Duolingo; motivasi belajar}, abstract = { Salah satu cara pemerintah untuk mewujudkan Generasi Emas adalah dengan memaksimalkan teknologi digital yang berkaitan dengan bahasa. Salah satunya adalah Duolingo sebagai aplikasi yang membuat kegiatan belajar menjadi kreatif dan inovatif yang dapat memengaruhi motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan dari duolingo dalam meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa . Penelitian ini menggunakan desain penelitian literature review dengan mencari artikel jurnal dari database ProQuest dan Google Scholar. Artikel jurnal akan disaring kembali sesuai dengan beberapa kriteria inklusi, yaitu: 1) artikel jurnal membahas tentang pengaruh duolingo terhadap motivasi belajar bahasa Inggris, 2) artikel jurnal yang diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, 3) artikel jurnal diperoleh dari database terpercaya, 4) artikel jurnal menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, 5) jurnal terindeks minimal SINTA 2 atau jurnal internasional yang terindeks SCOPUS, 6) artikel jurnal termasuk dalam jenis open access. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Duolingo memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. }, issn = {2829-1859}, pages = {302--312} doi = {10.14710/empati.2024.46691}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/46691} }
Refworks Citation Data :
Salah satu cara pemerintah untuk mewujudkan Generasi Emas adalah dengan memaksimalkan teknologi digital yang berkaitan dengan bahasa. Salah satunya adalah Duolingo sebagai aplikasi yang membuat kegiatan belajar menjadi kreatif dan inovatif yang dapat memengaruhi motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan dari duolingo dalam meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian literature review dengan mencari artikel jurnal dari database ProQuest dan Google Scholar. Artikel jurnal akan disaring kembali sesuai dengan beberapa kriteria inklusi, yaitu: 1) artikel jurnal membahas tentang pengaruh duolingo terhadap motivasi belajar bahasa Inggris, 2) artikel jurnal yang diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, 3) artikel jurnal diperoleh dari database terpercaya, 4) artikel jurnal menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, 5) jurnal terindeks minimal SINTA 2 atau jurnal internasional yang terindeks SCOPUS, 6) artikel jurnal termasuk dalam jenis open access. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Duolingo memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University