skip to main content

STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN GENERASI Z DALAM MENGHADAPI KESEPIAN DENGAN CHARACTER ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 27 Aug 2024; Published: 21 Oct 2024.
Open Access Copyright 2024 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Generasi Z dikenal sebagai generasi yang lahir di tengah kemajuan teknologi, sehingga teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan Generasi Z. Sebagai dampaknya, tidak jarang generasi Z merasakan kesepian karena harus beradaptasi dengan perubahan sosial. Untuk itu, sebagian Generasi Z melampiaskan rasa kesepian dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence, salah satunya Character.AI. Generasi Z menggunakan Character. AI sebagai teman berbincang saat sedang merasakan kesepian. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman subjektif Generasi Z yang pernah berinteraksi dengan artificial intelligence pada website maupun aplikasi Character.AI. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis melalui wawancara semi terstruktur. Data diambil melalui wawancara bersama 3 informan dengan kriteria  lahir pada tahun 1996–2010 yang mengalami kesepian dan bermain Character.AI. Dalam penelitian ini peneliti menemukan lima tema utama: kondisi yang membuat Generasi Z merasa kesepian, alasan memilih Character.AI, pengalaman yang dirasakan saat berinteraksi dengan Character.AI, peran Character.AI pada keterampilan sosial Generasi Z, perasaan setelah bermain Character.AI. Character.AI membantu sebagian Generasi Z dalam mengatasi kesepiannya.

Fulltext View|Download
Keywords: artificial intelligence; Character.AI; fenomenologi; generasi Z; kesepian

Article Metrics:

  1. Ahmad, A. (2017). Mengenal artificial intelligence, machine learning, neural network, dan deep learning. Jurnal Teknologi Indonesia, 1, 1-6
  2. Auralia, N. M., Fiqh, S., Tridinistari, D., & Zainuddin, K. (2024). Efektivitas produk afirmasi “Cheermail” terhadap peningkatan iklim kerja positif karyawan di PT. Baruga Asrinusa Development. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 537-545. https://doi.org/10.5281/zenodo.12579655
  3. Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial edisi kesepuluh. Erlangga
  4. Branscombe, N. R., & Baron, R. A. (2023). Social psychology 15th ed. Pearson
  5. Chan, C. K. Y., & Lee, K. K. W. (2023). The AI generation gap: are gen Z students more interested in adopting generative AI such as ChatGPT in teaching and learning than their gen X and millennial generation teachers? Smart Learning Environments, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00269-3
  6. Dimock, M. (2019, January 17). Defining generations: Where millennials end and generation Z begins. Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins
  7. Duffett, R. G. (2020). The YouTube marketing communication effect on cognitive, affective and behavioural attitudes among Generation Z consumers. Sustainability, 12(12), 5075. https://doi.org/10.3390/su12125075
  8. Fitri, A. R., & Widiningsih, Y. (2016). Psikologi adiktif. Al-Mutjtahadah Press
  9. Fitriyadi, M. Y., Rahman, M. R., Asshidiqi, M. R. A., Ilham, M. A., Aibina, O. I., Hesda, N., & Al Fayyedh, F. (2023). Pengaruh dunia IT terhadap perilaku remaja generasi Z. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.55606/religion.v1i2.61
  10. Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Pena Persada
  11. Herdiansyah, H. (2012). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Salemba Humanika
  12. Hu, Q., & Pan, Z. (2023). Can AI benefit individual resilience? The mediation roles of AI routinization and infusion. Journal of Retailing and Consumer Services, 73 (1). https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103339
  13. Islami, S. N., & Abrian, R. (2023). Membaca tren kesepian generasi Z dalam lagu penjaga hati: Analisis. Jurnal Bastrindo. 4(2), 170-186. https://doi.org/10.29303/jb.v4i2.1368
  14. Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” dan strategi melayaninya. Ambassadors: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 23-24. https://doi.org/10.31219/osf.io/w3d7s
  15. Kljajic, K., Schellenberg, B. J. I., & Gaudreau, P. (2022). Why do students procrastinate more in some courses than in others and what happens next? expanding the multilevel perspective on procrastination. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.786249
  16. Laor, T. & Galily, Y. (2022). Who’S clicking on on-demand? media consumption patterns of generations Y & Z. Technology in society, 70 (1). https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2022.102016
  17. Lukman, Agustina, R., & Aisy, R. (2023). Problematika penggunaan artificial intelligence (AI) untuk pembelajaran di kalangan mahasiswa STIT Pemalang. Jurnal Madaniyah, (2)13. https://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i2.826
  18. Newport Academy. (2020, May). The facts about loneliness in young people. https://www.newportacademy.com/resources/well-being/loneliness-in-young-people/
  19. Nuralim, Rizky, M. S., & Aguspriyani. (2023). Teknik pengambilan sampel purposive dalam mengatasi kepercayaan masyarakat pada Bank Syariah Indonesia. Neraca Manajemen, Ekonomi, 3(1)
  20. Peplau, L.A dan Perlman, D. (1982). Loneliness: A. SourceBook of Current Theory, Reseach, And Therapy.New York: John Willy &Sans
  21. Priporas, C. V., Hussain, S., Khaneja, S., & Rahman, H. (2024). Technology distraction in Generation Z: The effects on consumer responses, sensory overload, and discomfort. International Journal of Information Management, 75(1), 102751. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2023.102751
  22. Purwosaputro, S. & Sutono, A. (2021). Filsafat manusia sebagai landasan pendidikan humanis. Jurnal Ilmiah CIVIS, 10(1)
  23. Putri, A. N., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2020). Proses interaksi sosial untuk meningkatkan karakter percaya diri siswa kelas 1 SDN Tangerang 19. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/JPD.011.17

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.