slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
KONTRIBUSI SOCIAL SUPPORT TERHADAP TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI BUKITTINGGI | Rahman | Jurnal EMPATI skip to main content

KONTRIBUSI SOCIAL SUPPORT TERHADAP TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI BUKITTINGGI

Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

Received: 12 Jun 2024; Published: 11 Jul 2024.
Open Access Copyright 2024 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Dukungan sosial dapat memengaruhi stres dan mengurangi stres pada mahasiswa sehingga kesehatan menjadi optimal. Tingginya tingkat stres dapat direduksi dengan dukungan sosial dan diganti menjadi aspek-aspek positif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dukungan sosial berkontribusi terhadap stres akademik mahasiswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode kuantitatif dengan menggunakan alat ukur berupa skala. Teknik yang digunakan adalah regresi sederhana untuk melihat pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sample sebanyak 83 mahasiswa. Hasilnya menyatakan bahwa stres akademik dan dukungan sosial memiliki hubungan yang positif. Hasil dari uji normalitas dalam penelitian ini pada variabel social support dan stres akademik menunjukkan .200 (p>.05), sehingga dapat dikatakan variabel social support dan stres akademik memiliki sebaran data normal. Berdasarkan uji koefisien determinasi didapatkan nilai R square .158, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi social support sebesar 15.8% terhadap stres akademik mahasiswa psikologi 2021 Universitas Negeri Padang kampus Bukittinggi. Apabila dukungan sosial yang diterima individu meningkat maka stres akademiknya akan menurun, begitu pula sebaliknya apabila dukungan sosial yang diterima menurun maka stres akademik yang dialami individu tersebut akan meningkat. Dukungan sosial terbukti memiliki pengaruh yang positif terhadap resiliensi stres akademik. Ini menunjukkan bahwa dukungan sosial yang dilakukan oleh teman memiliki peran di tengah lingkungan stres akademik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penting bagi mahasiswa untuk memiliki dukungan sosial yang memadai dalam menghadapi stres akademik.

Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial; stres akademik

Article Metrics:

  1. Chaplin J, P. (2014). Kamus psikologi lengkap. Rajawali Pers
  2. Eggens, L., Werf, M. C. P. V. D., & Bosker, R. J. (2007). The influence of personal networks and social support on study attainment of student in university education. Journal of Educational Psychology, 55, 553-573
  3. Ernawati, L., & Rusmawati (2015). Dukungan sosial orang tua dan stres akademik pada siswa smk yang menggunakan kurikulum 2013. Jurnal Empati, 4(4), 26- 31
  4. Heinrich, M. (2003). Ethnobotany and natural products: the search for new molecules, new treatments of old diseases or a better understanding of indigenous cultures? Current topics in medicinal chemistry, 3(2), 141-54
  5. Santrock, J. W. (2002). Perkembangan masa hidup. Erlangga
  6. Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti R. T. (2017). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 5(1), 40-47
  7. Marhamah, F., & Hamzah, H. B. (2016). The relationship between social support and academic stres among first year students at Syiah Kuala University. Jurnal Psikoislamedia, 1(1)
  8. Marni, A., & Yuniawati, R. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada lansia di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta. Jurnal Empati, 3(1), 1–7
  9. Nathania & Godwin. (2012). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XII SMA X di Jakarta Barat. Fakultas Psikologi Universitas Bina Nusantara
  10. Procidano, M. E., & Heller, K. (1983). Measures of perceived social support from friends and from family: Three validation studies. American Journal of Community Psychology, 11(1), 1-24
  11. Rahmandani, A. (2015). Pemaafan dan aspek kognitif dari stres pada mahasiswa jurusan kebidanan tingkat dua. Jurnal Psikologi, 14(2), 118-128
  12. Sarafino, E. P., & Timothy W. S. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th edition). John Wiley & Sons, Inc
  13. Sarafino, E. P. (2006). Health psychology. John Wiley & Sons, Inc
  14. Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama fakultas psikologi universitas diponegoro semarang. Jurnal Empati, 5(2), 296-302
  15. Suwartika, I., A., Nurdin & Ruhmadi, E. (2014). Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stres akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3): 173-189
  16. Wilks, S. E. (2008). Resilience a mid academic stress: The moderating impact of social support among social work students. International Journal of Social Work, 9(2), 106-125
  17. Womble, L. P. (2001). Impact of stres factors on college students academic performance. University of North Carolina at Charlotte

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.