Universitas Multimedia Nusantara, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI38481, author = {Teguh Putranto}, title = {INDONESIAN METROSEXUAL MEN’S EXPERIENCE OF ONLINE SHOPPING ON INSTAGRAM}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {13}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {belanja online; Indonesia; pengalaman; pria metroseksua}, abstract = { Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman pria metroseksual Indonesia dalam berbelanja online di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual yang berfokus pada teks digital yang difokuskan pada Instagram. Penelitian ini melibatkan enam informan dengan karakteristik informan yaitu 1) laki-laki, 2) berdomisili di Jakarta, Bandung dan Surabaya, 3) tertarik dengan produk perawatan kulit wajah. Dalam pencarian informan di Instagram, peneliti menggunakan kata kunci “Metroseksual” pada kolom pencarian. Selain itu juga diperhatikan beberapa informasi seperti lokasi tempat tinggal/domisili informan, serta postingan yang memuat produk perawatan kulit wajah. Penambangan data dalam penelitian ini diawali dengan observasi terhadap profil akun Instagram informan yang meliputi teks/foto/video/komentar. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk menggali pemahaman terkait konsumsi produk perawatan kulit wajah pria metroseksual di Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman pria metroseksual Indonesia dalam berbelanja online lebih memberikan keuntungan seperti kemudahan dan tidak membutuhkan banyak biaya atau uang. Belanja online juga menawarkan keuntungan lain bagi pria metroseksual Indonesia yaitu gratis ongkos kirim dan promo. Selain efisien dalam hal waktu, melalui belanja online pria metroseksual lebih mudah mendapatkan produk. }, issn = {2829-1859}, pages = {10--21} doi = {10.14710/empati.2024.38481}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/38481} }
Refworks Citation Data :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman pria metroseksual Indonesia dalam berbelanja online di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual yang berfokus pada teks digital yang difokuskan pada Instagram. Penelitian ini melibatkan enam informan dengan karakteristik informan yaitu 1) laki-laki, 2) berdomisili di Jakarta, Bandung dan Surabaya, 3) tertarik dengan produk perawatan kulit wajah. Dalam pencarian informan di Instagram, peneliti menggunakan kata kunci “Metroseksual” pada kolom pencarian. Selain itu juga diperhatikan beberapa informasi seperti lokasi tempat tinggal/domisili informan, serta postingan yang memuat produk perawatan kulit wajah. Penambangan data dalam penelitian ini diawali dengan observasi terhadap profil akun Instagram informan yang meliputi teks/foto/video/komentar. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara untuk menggali pemahaman terkait konsumsi produk perawatan kulit wajah pria metroseksual di Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman pria metroseksual Indonesia dalam berbelanja online lebih memberikan keuntungan seperti kemudahan dan tidak membutuhkan banyak biaya atau uang. Belanja online juga menawarkan keuntungan lain bagi pria metroseksual Indonesia yaitu gratis ongkos kirim dan promo. Selain efisien dalam hal waktu, melalui belanja online pria metroseksual lebih mudah mendapatkan produk.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University