slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
KETERKAITAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN PROKRASTINASI MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SELAMAT SRI DALAM MENYELESAIKAN TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER | Rusmono | Jurnal EMPATI skip to main content

KETERKAITAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN PROKRASTINASI MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SELAMAT SRI DALAM MENYELESAIKAN TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER

Fakultas Psikologi, Universitas Selamat Sri, Indonesia

Received: 8 Feb 2023; Published: 28 Feb 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan yang simultan antara dukungan teman sebaya dan manajemen waktu dengan prokrastinasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini dilakukan kepada 72 sampel mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Selamat Sri dengan disproportionate stratified random sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan korelasi Pearson. Hasil uji hipotesis mayor dengan analisis regresi berganda menunjukkan p = .025 (p<.05) artinya terdapat hubungan yang simultan antara dukungan teman sebaya dan manajemen waktu dengan prokrastinasi Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Selamat Sri. Uji korelasi Pearson dilakukan untuk menguji dua hipotesis minor. Uji hipotesis minor (1) terdapat hubungan antara dukungan teman sebaya dengan prokrastinasi menunjukkan rxy = -.453 dan p = .012 (p<.05) artinya terdapat hubungan negatif antara dukungan teman sebaya dengan prokrastinasi. Uji hipotesis minor (2) terdapat hubungan manajemen waktu dengan prokrastinasi menunjukkan rxy = -.406 dan p = .026 (p<.05) artinya terdapat hubungan negatif antara manajemen waktu dengan prokrastinasi.

Fulltext View|Download
Keywords: Dukungan teman sebaya; Manajemen waktu; Prokrastinasi

Article Metrics:

  1. Akerina, J. R., & Wibowo, D. H. (2022). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kebahagiaan pada mahasiswa. Humanlight Journal of Psychology, 3(1), 1–14
  2. Anabillah, A. R., Febriansyah, M. R., & Atmaja, D. M. Z. (2022). Kemampuan manajemen waktu dalam mengatasi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Seminar Nasional Mahasiswa (SENACAM 2022), April, 189–195
  3. Astuti, I. I. (2017). Manajemen waktu mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam belajar dan berbisnis [Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. Eprints Walisongo. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7345/1/COVER.pdf
  4. Azwar, S. (2021). Penyusunan skala psikologi (3rd ed.). Pustaka Pelajar
  5. Azzahra, A. (2019). Hubungan antara konformitas dan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 93–99. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4710
  6. Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination, why you do it, what to do about it now (25th ed.). Da Capo Press
  7. Claessens, B. J. C., Eerde, W. Van, Rutte, C. G., & Roe, R. A. (2007). A review of the time management literature. Personnel Review, 36(2), 255–276. https://doi.org/10.1108/00483480710726136
  8. Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453
  9. Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Plenum Press
  10. Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  11. Ghufron, M. N. (2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap penerapan disiplin orang tua dengan prokrastinasi akademik [Tesis, Universitas Gadjah Mada]. Etd respository UGM. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/22253
  12. Hendrianur, H. (2014). Hubungan dukungan sosial dan regulasi diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4), 244–252. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3671
  13. Hurlock, E. B. (2012). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga
  14. Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif mahasiswa sebagai agen of change melalui pendidikan kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181–193. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3193
  15. Kartadinata, I., & Tjundjing, S. (2008). I love you tomorrow: Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu. Anima, Indonesian Psychological Journal, 23(2), 109–119
  16. Kohar, F. Y. (2017). Hubungan rasa tanggung jawab dengan prokrastinasi pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi [Skripsi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya]. Repository Untag Sby. http://repository.untag-sby.ac.id/90/
  17. Krisnadhi, M. A. D., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran konformitas teman sebaya dan dukungan sosial orangtua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 183–194
  18. Lubis, B. S. (2018). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi dalam menyelesaikan skripsi di Universitas Medan Area [Skripsi, Universitas Medan Area]. Repositori UMA. https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/9659/1/Balqish%20Sarah%20Lubis%20-%20Fulltext.pdf
  19. Madura, J. (2007). Pengantar bisnis. Salemba Empat
  20. Mandaku, V., & Aloysius, S. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi, locus of control, dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik [Penelitian tidak dipublikasikan]. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
  21. Martiana, L., Batubara, A., Ginting, S. U. B., & Dina, R. (2022). Pengaruh teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik siswa Smk Swasta Tunas Pelita Binjai. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 25–32
  22. Mujahidah, I. N. (2014). Hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi penyusunan skripsi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. Eprints UMS. http://eprints.ums.ac.id/27630/
  23. Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Journal of Psychological Perspective, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.47679/jopp.1172019
  24. Ompusunggu, M. M. (2022). Pengaruh manajemen waktu dan kecenderungan kecemasan terhadap prokrastinasi skripsi pada mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 241–251. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.6966
  25. Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh stres akademik dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578
  26. Pradinata, S., & Susilo, J. D. (2016). Prokrastinasi akademik dan dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Experientia, 4(2), 85–95
  27. Purwati, M., & Rahmadani, A. (2018). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 28–39. https://doi.org/10.1111/j.1365-3040.2005.01412.x
  28. Quan, L., Zhen, R., Yao, B., & Zhou, X. (2014). The effects of loneliness and coping style on academic adjustment among college freshmen. Social Behavior and Personality: An International Journal, 42(6), 969–977. https://doi.org/10.2224/sbp.2014.42.6.969
  29. Rahmah, R. A. (2018). Pengaruh strategi coping dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 221–227. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4561
  30. Reswita, R. (2019). Hubungan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 25–32. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2497
  31. Santrock, J. W. (2010). Educational psychology. McGraw-Hill Inc
  32. Sarafino, E. P. (2006). Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons
  33. Sayekti, W. I., & Sawitri, D. R. (2020). Hubungan antara dukungan teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tahun kelima yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(1), 412–423. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20259
  34. Sholihin, M. T. I. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi pengerjaan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2013-2014 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 8(5), 55
  35. Steel, P. (2010). The procrastination equation: How to stop putting things off and start getting stuff done. Random House Canada
  36. Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Alfabeta
  37. Suhadianto, & Ananta, A. (2022). Bagaimana prokrastinasi akademik mahasiswa indonesia pada masa pandemi covid-19? Pengujian deskriptif dan komparatif. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 71–81
  38. Sya’baniah, N. (2016). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan bersosialisasi pada siswa SMK Negeri 3 Medan [Skripsi, Universitas Medan Area]. Repositori UMA. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/1048
  39. Taylor, S. E. (1999). Health psychology. McGraw-Hill Inc
  40. Tinto, V. (2012). Completing college: Rethinking institutional action. University of Chicago Press
  41. Wahyuningsih, N. K. A. T., Manangkot, M. V., & Rahajeng, I. M. (2022). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(1), 109–114. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i01.p14
  42. Wentzel, K. R., Muenks, K., McNeish, D., & Russell, S. (2017). Peer and teacher supports in relation to motivation and effort: A multi-level study. Contemporary Educational Psychology, 49, 32–45. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2016.11.002
  43. Wibowo, Y. (2013). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi muroja’ah mahasiswa hafidhul Qur’an Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang [Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. Ethesis Uin Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/1714/
  44. Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal Sosio - Humaniora, 5(1), 1–25
  45. Yager, J. (2004). Creative time management. Bhuana Ilmu Populer

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.