slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA HAPPINESS DENGAN ASERTIVITAS MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO | Aritonang | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HAPPINESS DENGAN ASERTIVITAS MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 31 Oct 2020.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

 

 Skripsi adalah suatu syarat yang harus diselesaikan untuk meraih gelar sarjana yang ditempuh oleh mahasiswa tingkat akhir dengan keterbukaan dalam berkomunikasi mengenai hal-hal yang diinginkan dan dipikirkan dalam mengerjakan skripsi. Asertivitas diartikan sebagai kemampuan individu dalam berkomunikasi yang jelas dan terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara happiness dengan asertivitas mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Populasi pada penelitian ini terdiri dari mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi angkatan 2015 di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 208 mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik convenience sampling. Alat ukur menggunakan Skala happiness (24 aitem, α = 0,896) dan Skala Asertivitas (30 aitem, α = 0,915). Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,550 dengan tingkat signifikansi p=0,000 (p<0,05), artinya terdapat hubungan positif yang signifikanantara happiness dengan asertivitas mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Sumbangan efektif happiness terhadap asertivitas sebesar 30,3%, sedangkan sisanya merupakan faktor lain yang tidak diungkap pada penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: asertivitas, happiness, mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi

Article Metrics:

  1. Alberti, R. E. & Emmons, M. L. (2008). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationships. (9th edition). Atascadero, CA: Impact Publishers
  2. Asmawan, M. C. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan Sosial, 26(2), 51-57
  3. Azwar, S. (2014). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Azwar, S. (2016). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Bishop, S. (2010). Develop your asertiveness. (2nd edition). New Delhi: Replika Press
  6. Carr, A. (2004). Positive psychology: The science of happiness and human strengths. New York, NY: Brunner-Routledge
  7. Chan, G., Miller, P. W. & Tcha, M. (2005). Happiness in university education. International Review of Economics Education, 4(1), 20-45
  8. Gunarsa, Y. S. D. & Singgih D. G. (2012). Psikologi untuk keluarga. Jakarta: Penerbit Libri
  9. Hargie, O., & Dickson, D. (2004). Skill interpersonal communication. New York, NY: Routledge
  10. Hati, M., M. (2015). Konformitas teman sebaya dan asertivitas pada siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang. Jurnal Empati, 4(4), 191-196
  11. Heizomi, H., Allahverdipour, H., Jafarabadi, M. A., & Safaian, A. (2015). Happiness and its relation to psychological well-being of adolescents. Asian Journal Of Psychiatry, 16, 55-60
  12. Huang, P. H. (2018). Adventures in higher education, happiness, and mindfulness. British Journal of American Legal Studies, 7(2), 425-484
  13. Medvedev, O. N. & Landhuis, C. E. (2018). Exploring constructs of well-being, happiness, and quality of life. PeerJ, 6(2), 1-16
  14. Messinger, D. S., Cassel, T. D., Acosta, S. I., Ambadar, Z., & Cohn, J. F. (2008). Infant smiling dynamics perceived positive emotion. Journal of Nonverbal Behavior, 32(3), 133-135
  15. Monalisa. (2017). Kontribusi persepsi sosial terhadap interaksi sosial mahasiswa. Jurnal Edukasi, 3(2), 174-184
  16. Romero, N. A. R., Berrocal, P. F., Estrada, J. G. S., & Guajardo, J. G. (2017). Positive emotions, self-esteem, interpersonal relationships and social supportas mediators between emotional intelligence and life satisfaction. Journal of Behavior, Health, & Social Issues, 9, 1-6
  17. Ryff, C. D. & Singer, B. (2001). Emotion, social relationships, and health. New York, NY: Oxford University Press, Inc
  18. Sayekti, W., I. (2018). Hubungan antara dukunngan teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tahun kelima yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(1). 412-423
  19. Seligman, M. (2005). Authentic happiness: Using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfi llment. Bandung: PT. Mizan Pustaka
  20. Seligman, M. E. (2011). Flourish: A visionary new understanding of happiness and well being. New York, NY: Simon and Shuster
  21. Stein, S. J., & Book, H. E. (2011). The EQ edge: Emotional intelligence and your success. (3rd edition). Ontario: John Wiley & Sons Canada, Ltd
  22. Sugiyono. (2014). Cara mudah menyusun skripsi, tesis, dan disertasi. Bandung: Alfabeta
  23. Wenas, E. G., Opod, H., & Pali, C. (2015). Hubungan kebahagiaan dan status sosial ekonomi keluarga di Kelurahan Artembaga II Kota Bitung. Jurnal e-Biomedik, 3(1), 532-538
  24. Yasdiananda, E. W. (2013). Hubungan antara self esteem dengan asertivitas pada siswa kelas X SMAN 5 Merangin. Jurnal Psikologi Kepribadian, 1, 102-112

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.