Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI34437, author = {Muhammad Riswidita and Adi Dinardinata}, title = {STUDI PENDAHULUAN MENGENAI EFEK LABEL DESKRIPSI SENSORIS TERHADAP PILIHAN MAKANAN SECARA DARING}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {11}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {label deskripsi menu; layanan pesan antar makanan daring; pilihan makanan}, abstract = { Pandemi COVID-19 mengakibatkan industri restoran memasarkan menu mereka melalui layanan pesan antar makanan daring ( online-to-offline food delivery services ) agar lebih mudah diakses pelanggan. Sehingga, informasi yang tercantum di menu memiliki peran dalam mengarahkan pilihan makanan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu perbedaan jenis label deskripsi di menu (sensoris vs. non-sensoris) terhadap efeknya untuk meningkatkan pilihan makanan secara daring. Partisipan akhir untuk penelitian ini adalah 94 mahasiswa Program Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling . Studi pendahuluan ini dilakukan dengan survei daring menggunakan Google form sebagai media pengumpulan data. Analisa inferensial dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Generalized linear mixed model inferensial (GLMM inferensial). Analisa deskriptif menunjukkan bahwa makanan dengan label deskripsi sensoris dipilih lebih banyak ( n = 349, 61,9%) dibandingkan dengan label deskripsi non-sensoris ( n = 215, 38,1%). Hasil dari generalized linear mixed model menunjukkan fixed effect dari label deskripsi sensoris yang signifikan secara statistik terhadap peningkatan pilihan makanan, b= 1,96; OR = 7,096, 95% CI [1,254, 40,137]; p = 0,027. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa label deskripsi sensoris berpengaruh secara psikologis terhadap peningkatan pilihan makanan. Implikasi dari temuan dalam penelitian ini bagi pengelola restoran juga dibahas dalam konteks layanan pesan antar makanan daring. }, issn = {2829-1859}, pages = {129--137} doi = {10.14710/empati.2022.34437}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/34437} }
Refworks Citation Data :
Pandemi COVID-19 mengakibatkan industri restoran memasarkan menu mereka melalui layanan pesan antar makanan daring (online-to-offline food delivery services) agar lebih mudah diakses pelanggan. Sehingga, informasi yang tercantum di menu memiliki peran dalam mengarahkan pilihan makanan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu perbedaan jenis label deskripsi di menu (sensoris vs. non-sensoris) terhadap efeknya untuk meningkatkan pilihan makanan secara daring. Partisipan akhir untuk penelitian ini adalah 94 mahasiswa Program Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Studi pendahuluan ini dilakukan dengan survei daring menggunakan Google form sebagai media pengumpulan data. Analisa inferensial dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Generalized linear mixed model inferensial (GLMM inferensial). Analisa deskriptif menunjukkan bahwa makanan dengan label deskripsi sensoris dipilih lebih banyak (n= 349, 61,9%) dibandingkan dengan label deskripsi non-sensoris (n= 215, 38,1%). Hasil dari generalized linear mixed model menunjukkan fixed effect dari label deskripsi sensoris yang signifikan secara statistik terhadap peningkatan pilihan makanan, b= 1,96; OR= 7,096, 95% CI [1,254, 40,137]; p= 0,027. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa label deskripsi sensoris berpengaruh secara psikologis terhadap peningkatan pilihan makanan. Implikasi dari temuan dalam penelitian ini bagi pengelola restoran juga dibahas dalam konteks layanan pesan antar makanan daring.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University