skip to main content

STUDI PENDAHULUAN MENGENAI EFEK LABEL DESKRIPSI SENSORIS TERHADAP PILIHAN MAKANAN SECARA DARING

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2022.
Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Pandemi COVID-19 mengakibatkan industri restoran memasarkan menu mereka melalui layanan pesan antar makanan daring (online-to-offline food delivery services) agar lebih mudah diakses pelanggan. Sehingga, informasi yang tercantum di menu memiliki peran dalam mengarahkan pilihan makanan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu perbedaan jenis label deskripsi di menu (sensoris vs. non-sensoris) terhadap efeknya untuk meningkatkan pilihan makanan secara daring. Partisipan akhir untuk penelitian ini adalah 94 mahasiswa Program Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Studi pendahuluan ini dilakukan dengan survei daring menggunakan Google form sebagai media pengumpulan data. Analisa inferensial dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Generalized linear mixed model inferensial (GLMM inferensial). Analisa deskriptif menunjukkan bahwa makanan dengan label deskripsi sensoris dipilih lebih banyak (n= 349, 61,9%) dibandingkan dengan label deskripsi non-sensoris (n= 215, 38,1%). Hasil dari generalized linear mixed model menunjukkan fixed effect dari label deskripsi sensoris yang signifikan secara statistik terhadap peningkatan pilihan makanan, b­= 1,96; OR= 7,096, 95% CI [1,254, 40,137]; p= 0,027. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa label deskripsi sensoris berpengaruh secara psikologis terhadap peningkatan pilihan makanan. Implikasi dari temuan dalam penelitian ini bagi pengelola restoran juga dibahas dalam konteks layanan pesan antar makanan daring.

Fulltext View|Download
Keywords: label deskripsi menu; layanan pesan antar makanan daring; pilihan makanan

Article Metrics:

  1. Amsteus, M., Liljegren, F., Markovic, S., & Månsson, M. (2016). Chocolate or succulent chocolate. International Journal of Business and Social Science, 7(6), 213–224
  2. Cardello, A. V. (1994). Consumer expectations and their role in food acceptance. Dalam H. J. MacFie & D. M. H. Thomson (Ed.), Measurement of food preferences (pp. 253–297). Blackie Academic. https://doi.org/10.1007/978-1-4615-2171-6
  3. Firmansyah, L. F., & Wulandari, A. R. (2020, April 6). Dampak Covid-19, sejumlah restoran akui peningkatan pada layanan pesan antar. Lokadata. https://lokadata.id/artikel/dampak-covid-19-sejumlah-restoran-akui-peningkatan-pada-layanan-pesan-antar
  4. Galucci, M. (2019). GAMLj: General analyses for linear models. https://gamlj.github.io/
  5. Ibe, O. C. (2014). Fundamentals of applied probability and random processes (2nd ed.). Academic Press
  6. JambiOne. (2020, April 20). Dampak COVID-19, 1.600 hotel dan 352 restoran hentikan operasional. JambiOne. https://jambione.com/read/2020/04/20/10441/dampak-covid19-1600-hotel-dan-352-restoran-hentikan-operasional/
  7. Kytö, E., Virtanen, M., & Mustonen, S. (2019). From intention to action: Predicting purchase behavior with consumers’ product expectations and perceptions, and their individual properties. Food Quality and Preference, 75, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2019.02.002
  8. Piqueras-Fiszman, B., & Spence, C. (2014). Sensory expectations based on product-extrinsic food cues: An interdisciplinary review of the empirical evidence and theoretical accounts. Food Quality and Preference, 40, 165–179. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2014.09.013
  9. Santia, T. (2020, Maret 26). Industri makanan dan minuman paling terdampak karena virus corona. Liputan 6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4211947/industri-makanan-dan-minuman-paling-terdampak-virus-corona
  10. Swahn, J., Mossberg, L., Öström, Å., & Gustafsson, I. B. (2012). Sensory description labels for food affect consumer product choice. European Journal of Marketing, 46(11), 1628–1646. https://doi.org/10.1108/03090561211260013
  11. The jamovi project. (2020). Jamovi (1.2). Jamovi. https;//www.jamovi.org
  12. Wansink, B., & Love, K. (2014). Slim by design: Menu strategies for promoting high-margin, health foods. International Journal of Hospitality Management, 42, 137–143. https://doi.org/10.1080/14786435.2015.1094191
  13. Wilcox, R. R. (2017). Introduction to robust estimation and hypothesis testing (4 ed.). Academic Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.