skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DAN PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA SISWA KELAS 11 SMA NEGERI 2 KOTA MAGELANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Mar 2022; Published: 17 Mar 2022.
Open Access Copyright 2022 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Hardiness merupakan karakteristik kepribadian individu yang tahan terhadap stres, dengan ciri dapat merespon stres secara positif serta tahan terhadap tekanan yang dialaminya. Psychological well being merupakan keadaan individu yang mampu mengembangkan potensi, dapat berfungsi secara optimal dan positif, menerima dirinya secara utuh, memiliki hubungan positif dengan orang lain, memiliki kemandirian sosial, mampu mengontrol lingkungan eksternal, serta memiliki tujuan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan psychological well-being pada siswa kelas 11 SMA Negeri 2 Kota Magelang. Populasi penelitian ini sebanyak 8 kelas (224 siswa), dengan sampel penelitian sebanyak 4 kelas (114 siswa). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik conviniece sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala hardiness (16 aitem valid; α=0,846) skala psychological well being (24 aitem valid; α=0,822). Hasil uji hipotesis menunjukan koefisien korelasi 0.603 dengan signifikansi 0.000 (p < 0.05). Artinya terdapat hubungan positif signifikan antara variabel hardiness dengan variabel psychological well-being pada siswa kelas 11 SMA N 2 Kota Magelang. Jika hardiness tinggi maka psychological well-being yang dimiliki siswa tinggi, sebaliknya jika hardiness rendah maka psychological well being yang dimiliki siswa rendah. Sumbangan efektif dari variabel hardiness terhadap variabel psychological well being sebesar 36,4%, dan 63,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terungkap dalam penelitian ini.

 

Fulltext View|Download
Keywords: hardiness; psychological well being; siswa

Article Metrics:

  1. Alwisol. (2014). Psikologi kepribadian. UMM Pres
  2. Cieślak, R., Bazyl, R & Cieślak, A, Ł. (2015). The moderating role of hardiness and social support in the relation between job stressors and well being: A lesson from a clerical woman sample. International Journal of Occupational Safety and Ergonomics, 6(2), 257-292
  3. Dehnavi, S. R., Heidarian, F., Ashtari, F., Shaygannejad, V., & Kookhdan, F, R. (2017). Relationship between hardiness and psychological well being in people with multiple sclerosis and normal group. MEJDS, 7(55), 1-6
  4. Fatmawati. (2018). Hubungan antara kejenuhan belajar dengan stress akademik pada siswa-siswi full day school di SMPN 2 Samarinda. Jurnal Psikoborneo, 6(4), 705-712
  5. Kemendikbud. (2017). Permendikbud No 23 tentang hari sekolah. Kemendikbud
  6. Maddi, S.R. (2013). Hardiness turning stressful circumstances into resilience growth. Springer
  7. Mohatashami, A. R., Tajari, F., & Rad, M. R. A. (2015). Studying the relationship between hardiness and resilience personality trait and academic achievement among students of Kashban University in 2014. Science Journal, 36(3), 3294-3301
  8. Rathi, N. & Rastogi. R (2007). Meaning in life and psychological well being in pre adolescents and adolecents. Journal of The Indian Of Aoolied Psychology, 33, 31-38
  9. Rizvi, T. (2016). A study of relationship between hardiness and psychological well being in university students. Int. J. Adv. Res. 4(11), 2340-2343
  10. Skomorovsky, A., & Kerry, S. (2011). Psychological well-being of canadian forces officer candidates: The unique roles of hardiness and personality, Military Medicine, 176, 389-396
  11. Souri, H., & Hasanirad, T. (2011). Relationship between resilience, optimism and psychological well-being in students of medicine. Social And Behavioral Science, 30, 1541-1544
  12. Wells, I. E. (2010). Psychological well-being. Nova Science Publishers, Inc

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.