Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI33355, author = {Septiara Wulandari and Hastaning Sakti}, title = {HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN KECENDERUNGAN BULLYING PADA SISWA SMA MASEHI 1 YAYASAN PENGAMPU SEKOLAH DAN ASRAMA KRISTEN (PSAK) SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {11}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {harga diri; kecenderungan bullying; remaja}, abstract = { Bullying merupakan perilaku kekerasan dalam bentuk fisik, verbal, dan psikologis yang pada umumnya dilakukan oleh individu maupun kelompok yang lebih kuat secara fisik maupun psikologis kepada individu yang lebih lemah secara berulang untuk menindas. Harga diri adalah suatu bentuk evaluasi diri mengenai sisi negatif maupun positif secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan kecenderungan bullying pada siswa SMA Masehi 1 Yayasan Pengampu Sekolah dan Asrama Kristen (PSAK) Semarang. Populasi yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 69 siswa dengan subjek penelitian sebanyak 69 siswa dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data memakai model skala Likert sebagai alat ukur yaitu Skala Harga Diri (30 aitem valid dengan α=0,875) dan Skala Kecenderungan Bullying (33 aitem valid dengan α=0,882). Analisis yang peneliti gunakan adalah Spearman Rank yang menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,559 dan p=0,000. Artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Semakin tinggi harga diri maka semakin rendah kecenderungan bullying. Sebaliknya, semakin rendah harga diri maka semakin tinggi kecenderungan bullying. }, issn = {2829-1859}, pages = {8--13} doi = {10.14710/empati.2022.33355}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/33355} }
Refworks Citation Data :
Bullying merupakan perilaku kekerasan dalam bentuk fisik, verbal, dan psikologis yang pada umumnya dilakukan oleh individu maupun kelompok yang lebih kuat secara fisik maupun psikologis kepada individu yang lebih lemah secara berulang untuk menindas. Harga diri adalah suatu bentuk evaluasi diri mengenai sisi negatif maupun positif secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan kecenderungan bullying pada siswa SMA Masehi 1 Yayasan Pengampu Sekolah dan Asrama Kristen (PSAK) Semarang. Populasi yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 69 siswa dengan subjek penelitian sebanyak 69 siswa dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data memakai model skala Likert sebagai alat ukur yaitu Skala Harga Diri (30 aitem valid dengan α=0,875) dan Skala Kecenderungan Bullying (33 aitem valid dengan α=0,882). Analisis yang peneliti gunakan adalah Spearman Rank yang menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,559 dan p=0,000. Artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Semakin tinggi harga diri maka semakin rendah kecenderungan bullying. Sebaliknya, semakin rendah harga diri maka semakin tinggi kecenderungan bullying.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University