slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK KOSMETIK KOREA PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO | Fitri | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK KOSMETIK KOREA PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 16 Feb 2022; Published: 16 Feb 2022.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara customer engagement dengan pembelian impulsif produk kosmetik Korea pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Pembelian impulsif adalah dorongan atau hasrat yang muncul secara spontan untuk segera melakukan pembelian tanpa adanya perencanaan, tanpa pertimbangan serta tidak memperhatikan konsekuensinya. Customer engagement adalah strategi marketing produsen yang didalamnya melibatkan proses kognitif, emosional dan perilaku dalam proses pertukaran relasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Univeritas Diponegoro. Sampel penelitian berjumlah 125 orang menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Customer Engagement (23 aitem valid dengan α= 0,915) dan Skala Pembelian Impulsif (40 aitem valid dengan α= 0,946). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara customer engagement dengan pembelian impulsif (r= 0,534; p= 0,000). Customer engagement memberikan sumbangan efektif sebesar 28,5% terhadap pembelian impulsif.

 

Fulltext View|Download
Keywords: customer engagement; mahasiswa; pembelian impulsif produk kosmetik Korea

Article Metrics:

  1. Arsitowati, W. H. (2017). Kecantikan wanita korea sebagai konsep kecantikan ideal dalam iklan new pond’s white beauty: What our brand ambassadors are saying. Humanika, 24(2), 84-97
  2. Bowden, H., & Lay, J. (2009). The process of customer engagement: a conceptual framework. Journal of Marketing Theory and Practice. 17(1), 63-74
  3. Feist, J. & Feist, G. J. (2008). Theories of personality (6th ed.). Pustaka Pelajar
  4. Hawkin, D. I., & Motherbaugh, D. L. (2007). Consumer behavior building marketing strategy. McGraw-Hill Education
  5. Hollebeek, L. D. (2011). Demystifying customer brand engagement: exploring the loyalty nexus. Journal of Marketing Management, 27(7-8), 785-807
  6. Kacen, J. J., Hess, J. D., & Walker, D. (2012). Spontaneous selection: The influence of product and retailing factors on consumer impulse purchases. Journal of Retailing and Consumer Services, 19, 578-588
  7. Marta, R. E., Abror, A., & Trinanda, O. (2019). Pengaruh customer engagement terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (study kasus pada Bank Bri unit Belimbing Padang). Jurnal Ecogen, 2(2), 156-164
  8. Muruganatham, G., & Bhakat, R. S. (2013). A review of impulse buying behavior. International Journal of Marketing Studies, 5(3), 149-150
  9. Nielsen. (2015). Rekomendasi word-of-mouth masih menjadi iklan paling dipercaya oleh konsumen Asia Tenggara. Nielsen. https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2015/rekomendasi-word-of-mouth-masih-menjadi-iklan-paling-dipercaya-oleh-konsumen-asia-tenggara/
  10. Pertiwi, S.A. (2013). Konformitas dan fanatisme pada remaja korean wave (penelitian pada komunitas Super Junior Fans Club Elf “Ever Lasting Friend”) Samarinda. eJournal Psikologi, 1(2), 157-166
  11. Poetri, M. R., Ranteallo, I. C. & Zuryani, N. (2015). Perilaku konsumtif remaja perempuan terhadap trend fashion korea di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Sosiologi, 1(3), 1-12
  12. Purwadhana, B. J. (2019). Hubungan antara customer engagement melalui instagram dengan intensi membeli produk pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro [Skripsi tidak diterbitkan]. Universitas Diponegoro
  13. Rivanto, E. B. R., & Haryanto, B. (2016). Pengaruh respon emosional positif konsumen pada perilaku pembelian impulsif dimoderasi karakteristik situasional. Jurnal Managemen dan Kewirausahaan, 14(1), 1-14
  14. Simaremare, S. I. V. (2018). Hubungan antara customer value dengan impulse buying produk fashion pada mahasiswa angkatan 2017 Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 7(4), 162-167
  15. Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Afabeta
  16. Tashandra, N. (2019). Kosmetik korea khusus kulit Asia Tenggara. Kompas. https://lifestyle.kompas.com/read/2019/04/24/130000320/kosmetik-korea-khusus-kulit-asia-tenggara
  17. Yuanita, S. (2012). Korean wave. Idea Terra Media Pustaka
  18. Zapclinic. (2018). Zap Beauty Index. Zapclinic. https://zapclinic.com/zap-beauty-index-download
  19. Zikra, R., & Yusra, Z. (2016). Kepuasan wanita berbelanja produk fashion berdasarkan cara membeli. Jurnal Riset Aktual Psikologi, 7(1), 55-66

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.