skip to main content

SELF-COMPASSION DAN RESILIENSI PADA MAHASISWA DI ERA ADAPTASI KEHIDUPAN BARU

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 11 Jan 2022; Published: 11 Jan 2022.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak bagi hampir seluruh sektor pada kehidupan manusia. Termasuk pada sektor pendidikan perguruan tinggi, yang pada akhirnya kegiatan perkuliahan harus dilakukan secara daring. Perubahan-perubahan yang terjadi di era adaptasi kehidupan baru dapat menjadikan individu berada daam tekanan sehingga merasa stres, termasuk mahasiswa. Tuntutan akan penyesuaian diri terhadap perubahan ini tentu tidaklah mudah sehingga resiliensi menjadi penting, terutama di masa adaptasi kebiasaan baru ini. Salah satu hal yang diperlukan individu dalam memperbaiki kondisi psikologisnya adalah melalui self-compassion. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self-compassion dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama. Populasi penelitian sebanyak 370 mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Angkatan 2020) dengan sampel penelitian sebanyak 193 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah Self-compassion Scale (24 aitem; α=0,918) dan Skala Resiliensi (31 aitem; α= 0,921). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara self-compassion dan resiliensi pada mahasiswa (rxy = 0,764; p=0,000). Hal ini berarti, semakin baik self-compassion, maka resiliensi semakin baik pula, dan sebaliknya. Dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan resiliensi dapat dilakukan berbagai upaya seperti meningkatkan self-compassion.

 

Fulltext View|Download
Keywords: adaptasi kehidupan baru; COVID-19; mahasiswa; resiliensi; self-compassion

Article Metrics:

  1. Barnard, L., & Curry, J. F. (2011). Self-compassion: Conseptualizations, correlates, & interventions. Review of General Psychology, 15(4), 289-303. doi: 10.1037/a0025754
  2. Brewer-Smyth, K., & Koenig, H. (2014). Could spirituality and religion promote stress resilience in survivors of childhood trauma? Informa Healthcare, 251-256. doi: 10.3109/01612840.2013.873101
  3. Camacho-Zuniga, C., Pego, L., Escamilla, J., & Hosseini, S. (2020). The impact of the COVID-19 pandemic on students’ feelings at high school, undergraduate, and postgraduate levels. Heliyon. doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e06465
  4. Connor, K., & Davidson, J. R. (2003). Development of a new resilience scale: The connor-davidson resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18, 76-82. doi: 10.1002/da.10113
  5. Everall, R. D., Altrows, J., & Paulson, B. L. (2006). Creating a Future: A Study of Resilience in suicidal female adolescents. Journal of Counseling & Development, 84, 461-470
  6. Febrinabilah, R., & Listiyandini, R. (2016). Hubungan antara self-compassion dengan resiliensi pada mantan pecandu narkoba dewasa awal. Prosiding Konferensi Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 19-28
  7. Fiorillo, A., & Gorwood, P. (2020). The consequences of the COVID-19 pandemic on mental health and implications for clinical practice. European Psychiatry, 63(1), 1-2. doi: https://doi.org/10.1192/j.eurpsy.2020.35
  8. Germer, C., & Neff, K. (2013). Self-compassion in clinical practice. Journal of Clinical Psychology:In Session, 69(8), 856-867. doi: 10.1002/jclp.22021
  9. Hou, X.-L., Wang, H.-Z., Guo, C., Gaskin, J., Rost, D., & Wang, J.-L. (2016). Psychological resilience can help combat the effect of stress on problematic social networking site usage. Personality and Individual Differences, 61-65. doi: 10.1016/j.paid.2016.12.048
  10. Husky, M. M., Kovess-Masfety, V., & Swendsen, J. D. (2020). Stress and anxiety among university students in France during Covid-19 mandatory confinement. Comprehensive Psychiatry. doi: 10.1016/j.comppsych.2020.152191
  11. Kawitri, A., Rahmawati, B., Listiyandini, R., & Rahmatika, R. (2019). Self-compassion dan resiliensi pada remaja panti asuhan. Jurnal Psikogenesis, 7(1)
  12. Leary, M., & Hoyle, R. (2009). Handbook of individual differences in social behavior. The Guilford Press
  13. Neff, K. (2011). Self-compassion stop beating yourself up and leave insecurity behind (1st ed.). Harper Collins Publisher e-books
  14. Neff, K. (2011). Self-compassion, self-esteem, and well-being. Social and Personality Psychology Compass, 5(1), 1-12. doi: 10.1111/j.1751-9004.2010.00330
  15. Sari, S., Aryansyah, E., & K. Sari. (2020). Resiliensi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19 dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. doi: https://doi.org/10.15294/
  16. Smeets, E., Neff, K., Alberts, H., & Peters, M. (2014). Meeting suffering with kindess: Effects of a brief self-compassion intervention for female college students. Journal of Clinical Psychology, 1-5. doi: 10.1002/jclp.22076
  17. Utami, C., & Helmi, A. (2017). Self-efficacy dan resiliensi: Sebuah tinjauan meta-analisis. Jurnal UGM Buletin Psikologi, 25(1), 54-65. doi: 10.22146/buletinpsikologi.18419
  18. WHO. (2020). Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic. World Health Organizational Regional Office for Europe. From https://www.euro.who.int/en/health-topics/healthemergencies/coronavirus-covid-19/novel-coronavirus-2019-ncov

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.