Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI31005, author = {Dezvaya Renjana and Erin Kustanti}, title = {HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI PONDOK PESANTREN ASSALAFI AL FITHRAH SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {10}, number = {2}, year = {2021}, keywords = {motivasi berprestasi, dukungan sosial orangtua, siswa}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi siswa di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Semarang. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 100 siswa dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Penelitian ini menggunakan duaskala sebagai alat ukur, yaitu Skala Motivasi Berprestasi (23 aitem, α=0,894) dan Skala Dukungan Sosial Orangtua (37 aitem, α=0,945). Metode analisis data yang digunakan adalah non-parametrik Spearman Rank. Hasil analisis data menunjukkan (rxy= 0,176; p= 0,178 (p>0,05)), yang menunjukkan bahwa adanya hubungan namun tidak signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi siswa. Semakin tinggi dukungan sosial orangtuamaka semakin tinggi motivasi berprestasi pada siswa. }, issn = {2829-1859}, pages = {131--136} doi = {10.14710/empati.2021.31005}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/31005} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi siswa di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Semarang. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 100 siswa dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Penelitian ini menggunakan duaskala sebagai alat ukur, yaitu Skala Motivasi Berprestasi (23 aitem, α=0,894) dan Skala Dukungan Sosial Orangtua (37 aitem, α=0,945). Metode analisis data yang digunakan adalah non-parametrik Spearman Rank. Hasil analisis data menunjukkan (rxy= 0,176; p= 0,178 (p>0,05)), yang menunjukkan bahwa adanya hubungan namun tidak signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi siswa. Semakin tinggi dukungan sosial orangtuamaka semakin tinggi motivasi berprestasi pada siswa.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University