skip to main content

HUBUNGAN ANTARA WORK-STUDY CONFLICT DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA PEKERJA FULL-TIME DI PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 3 Jun 2021; Published: 3 Jun 2021.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara work-study conflict dengan student engagement pada mahasiswa pekerja full-time di program studi S-1 teknik informatika Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang. Student engagement adalah sikap individu yang disertai dengan berpartisipasi dalam pembelajaran yang ditunjukkan melalui behavioral engagement, emotional engagement, dan cognitive engagement. Work-study conflict adalah penilaian individu terhadap diri sendiri yang terbentuk karena adanya perselisihan antara peran sebagai karyawan dan mahasiswa yang dapat dilihat melalui time based conflict, strain based conflict, dan behavior based conflict. Populasi penelitian berjumlah 154 mahasiswa pekerja full-time, dengan sampel 111 mahasiswa (laki-laki=85; perempuan=26) dengan usia antara 18-29 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Student Engagement (26 aitem, α = 0,909) dan Skala Work-Study Conflict (34 aitem, α = 0,925). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan nilai rxy = -0,661 dan p = 0,000 p<0,05). Hasil penelitian terdapat hubungan negatif antara work-study conflict dengan student engagement pada mahasiswa pekerja full-time di Program Studi S-1 Teknik Informatika UNISBANK di Semarang. Work-study conflict memberikan sumbangan efektif sebesar 43,7% dalam memprediksi student engagement, sisanya sebesar 56,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

 



Fulltext View|Download
Keywords: student engagement; work-study conflict; mahasiswa pekerja full-time

Article Metrics:

  1. Applegate, C., & Daly, A. (2006). The Impact of Paid Work on the Academic Performance of Students: A Case Study from the University of Canberra. Australian Journal of Education, 50(2), 155–166. Doi: 10.1177/000494410605000205
  2. Azizah, N.L. (2015). Pengaruh kerja part-time terhadap prestasi akademik dan non akademik mahasiswa program studi pendidikan agama islam angkatan 2014 fakultas tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel
  3. Bakker, A.B. (2011). An evidence-based model of work engagement. Current directions in psychological science, 20(4), 265-269. doi: 10.1177/0963721411414534
  4. Creed, P. A., French, J., & Hood, M. (2015). Working while studying at university: The relationship between work benefits and demands and engagement and well-being. Journal of Vocational Behavior, 86, 48-57. http://dx.doi.org/10.1016/j.jvb.2014.11.002
  5. Fadhilah. A., & Nurtjahjanti, H. (2018). Hubungan antara work study conflict dengan kepuasan kerja pada mahasiswa kelas karyawan Universitas Semarang. Jurnal Empati, 7
  6. Fredericks, J.A., Blumenfield, P.C., & Paris, A.H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 1, 59-109
  7. Geurts, S. A. E., & Demerouti, E. (2004). Work/non-work interface: A review of theories and findings. The handbook of work and health psychology, 279–312. Doi: 10.1002/0470013400.ch14
  8. Ivancevich, J, Konopaske, R, & Matteson, M. (2007). Perilaku dan manajemen organisasi edisi 7. Jakarta: Erlangga
  9. Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia. 13, 201-209
  10. Mills, A., Lingard, H., & Wakefield, R. (2007). Work-study conflict: Managing the demands of work and study in built environment undergraduate education, 981–992. Retrieved from http://hdl.handle.net/10536/DRO/DU:30037068
  11. Naibaho, Y.F.K., & Sawitri, D.R. (2017). Hubungan antara regulasi diri dengan konflik peran ganda pada mahasiswa organisatoris di FKM dan FISIP Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 7, 204 – 211
  12. Nonis, S.A., & Hudson, G.I., (2006). Academic performance of collage student: influence of time spent studying and working. Journal of Education for Business. DOI: 10.3200/JOEB.81.3.151-159
  13. Owen, M. S., Kavanagh, P. S., & Dollard, M. F. (2017). An Integrated Model of Work – Study Conflict and Work – Study Facilitation. Journal of Career Development, 1–14. https://doi.org/10.1177/0894845317720071
  14. Park, Y., & Sprung, J. M. (2014). Weekly work-school conflict, sleep quality, and fatigue: Recovery self-efficacy as a cross-level moderator. Journal of Organizational Behavior, 36, 112-127. https://doi.org/10.1002/job.1953
  15. Permana, D.H (2011). Konflik peran ganda dan prestasi belajar pada mahasiswa yang bekerja di Pizza Hut Semarang. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  16. Reif, G., Shultz, G.,& Ellis, S. (2015). A qualitative study of student-centered learning practices in New England High Schools. University of Massachusetts Donahue Institute. New England: The Nellie Mae Education Foundation
  17. Rice, F.P., & Dolgin, K.G. (2008). The Adolescent: Development, Relationships, and Culture 12th edition. United States of America: Pearson International Edition
  18. Reeve, J. (2005). How teacher can promote students’ autonomy during instruction: Lesson from a decade of research. Iowa Educational Research and Evaluation Association
  19. Reeve, J. (2012). A self-determination theory perspective on student engagement. Handbook of research on student engagement, 149 DOI 10.1007/978-1-4614-2018-7_7

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.