skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU KERJA INOVATIF PADA PENYIAR RADIO KAMPUS DI JAKARTA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 22 Mar 2021; Published: 22 Mar 2021.
Open Access Copyright 2021 Jurnal EMPATI under https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Radio kampus perlu fleksibel dalam merespon penurunan jumlah dan perubahan perilaku pendengar radio akibat perkembangan teknologi dan komunikasi di Indonesia. Kru dapat menjaga eksistensi radio kampus dengan menampilkan perilaku kerja inovatif, yaitu menciptakan dan mengimplementasikan ide kreatif dalam bentuk produk, prosedur, atau pelayanan untuk meningkatkan performa organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku kerja inovatif. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk merasakan dan mengekspresikan emosi secara akurat dan adaptif, memahami makna dan ilmu tentang emosi, menggunakan perasaan untuk memfasilitasi pikiran, serta mengatur emosi dalam diri dan orang lain ketika berinteraksi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti UKM radio kampus di tujuh universitas di Jakarta. Sampel yang terlibat sejumlah 118 kru tetap (39 laki-laki dan 79 perempuan) dengan rentang usia 18 - 22 tahun dan rata-rata telah menjadi penyiar radio kampus selama 1,5 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecerdasan Emosional (23 aitem, α = 0,854) dan Skala Perilaku Kerja Inovatif (28 aitem, α = 0,911). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku kerja inovatif pada penyiar radio kampus (rxy = 0,653 ; p < 0,001), yang berarti semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula perilaku kerja inovatif pada penyiar radio kampus di Jakarta. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 42,7 % terhadap perilaku kerja inovatif pada penyiar radio kampus.

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan emosional, penyiar radio kampus, perilaku kerja inovatif

Article Metrics:

  1. Agustina, T. S. (2016). Interaksi antara stres peran wirausaha dan perilaku inovatif pada wanita wirausaha dengan efek moderasi kecerdasan emosional. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEB), 10(3), 143 – 156
  2. Andi, H. K. (2012). Relationships between emotional intelligence and the big five in youths. Malaysian Journal of Youth Studies, 7, 125-135
  3. Bhaduri, S., & Kumar, H. (2010). Extrinsic and intrinsic motivations to innovate: Tracing the motivation of “grassroot” innovators in India. Mind & Society, 10(1), 27–55. doi: 10.1007/s11299-010-0081-2.Biswas-Diener,R.(2011).Positivepsychologyassocialchange.London:Springer
  4. Carmeli, A., McKay, A. S., & Kaufman, J. C. (2013). Emotional intelligence and creativity: The mediating role of generosity and vigor. The Journal of Creative Behavior, 48, 290–309. doi: 10.1002/jocb.53
  5. Conoley, C. W., & Conoley, J. C. (2009). Positive psychology and family therapy: Creative techniques and practical tools for guiding change and enhancing growth. New Jersey, NJ: John Wiley & Sons, Inc. Darmanto, A., Masduki, & Kurniawan, P. A. (2015). Manajemen dan produksi radio komunitas. Yogyakarta: Combine Resource Information. De Jong, J., & den Hartog, D. (2010). Measuring innovative work behaviour. Creativity and Innovation Management, 19(1), 23–36. doi: 10.1111/j.1467-8691.2010.00547.x
  6. Greenberg, J., & Baron, R. A. (2008). Behavior in organizations (9th ed.). New Jersey, NJ: Pearson
  7. Gumusluoğlu, L., & Ilsev, A. (2009). Transformational leadership and organizational innovation: The roles of internal and external support for innovation. The Journal of Product Innovation Management, 26, 264-277. doi: 10.1111/j.1540-5885.2009.00657.x
  8. Hammond, M. M., Neff, N. L., Farr, J. L., Schwall, A. R., & Zhao, X. (2011). Predictors of individual-level innovation at work: A meta-analysis. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 5(1), 90–105. doi: 10.1037/a0018556
  9. Hu, X., & He, T. (2018). A study of the influence of emotional intelligence on individual innovation behaviour. Journal of Applied Management and Investments, 7(2), 113-124. Ibtisam, F. (2016, Maret 8). Sahil Mulachela, penyiar gokil yang menjadi sukses berkat radio kampus. Youthmanual. https://www.youthmanual.com/post/profil/sahil-mulachela-penyiar-gokil-yang-menjadi-sukes-berkat-radio-kampus
  10. Jafri, Dem, & Choden (2016). Emotional Intelligence and employee creativity: Moderating role of proactive personality and organizational climate. Business Perspectives and Research, 4(1), 54–66
  11. Keyes, C. L. M, & Haidt, J. (2003). Flourishing: Positive psychology and the life well-lived. Washington D. C.: American Psychological Association
  12. King, L. A. (2011). The science of psychology: An appreciative view (2nd ed.). New York, NY: McGraw Hill. Li, M., Liu, Y., & Wang, Z. (2017). Proactive personality and innovative work behavior: The mediating effects of affective states and creative self-efficacy in teachers. Current Psychology, 36, 697 – 706. Doi: 10.1007/s12144-016-9457-8
  13. Lubis, M. (2016, Juli 11). Radio masih memiliki tempat di hati pendengarnya. Nielsen. https://www.nielsen.com/id/en/press-room/2016/RADIO-MASIH-MEMILIKI-TEMPAT-DI-HATI-PENDENGARNYA.html
  14. Luthans, F. (2011). Organizational behavior: An evidence-based approach (12th ed.). Boston, MA: McGraw-Hill
  15. Madrid, H. P., Patterson, M. G., Birdi, K. S., Leiva, P. I., & Kausel, E. E. (2014). The role of weekly high-activated positive mood, context, and personality in innovative work behavior: A multilevel and interactional model. Journal of Organizational Behavior, 35, 234–256. doi: 10.1002/job.1867
  16. Neiva, E. R., Torres, C. V., & Mendonça, H. (2017). Organizational psychology and evidence-based management: What science says about practice. Cham: Springer
  17. Ngan, P. T. (2015). Organizational innovativeness: Motivation in an employee’s innovative work behavior. Scientific Bulletin – Economic Sciences, 14, 86-97
  18. O'Sullivan, D., & Dooley, L. (2009). Applying innovation. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Parker, S. K., & Bindl, U. K. (2017). Proactivity at work: Making things happen in organizations. New York, NY: Routledge
  19. Pemerintah Indonesia. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Jakarta: Sekretariat Negara. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku organisasi (16th ed.). Jakarta: Salemba Empat. Romli, A. S. (2012, Juli 21). Karakteristik radio kampus, radio komunitas mahasiswa. Romeltea. http://romeltea.com/karakter-radio-kampus-radio-komunitas-mahasiswa/
  20. Salam, W. Y., & Rafidah, C. (2017, September 11). Eksistensi radio konvensional di radio digital. Baruga. https://baruga.id/eksistensi-radio-konvensional-di-era-digital/
  21. Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). Boston, MA: McGraw-Hill
  22. Schermerhorn, J. R., Osborn, R. N., Uhl-Bien, M., & Hunt, J. G. (2012). Organizational behavior (12th ed.). New Jersey, NJ: John Wiley & Sons, Inc. Sugiyono (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta
  23. Tya. (2010, April 13). Teknologi radio 2.0 tinggalkan sistem radio konvensional. Detik. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-1337467/teknologi-radio-20-tinggalkan-sistem-radio-konvensional#
  24. Ulfa, I. P. S. (2015, Agustus 12). Radio kampus, sekali mengudara, tetap eksis. Media Indonesia. http://mediaindonesia.com/read/detail/5939-radio-kampus-sekali-mengudara-terus-eksis
  25. Wade, C., Travis, C., & Garry, M. (2014). Psikologi jilid 1 (11th ed.). Jakarta: Erlangga. Weiten, W., Dunn, D. S., & Hammer, E. Y. (2012). Psychology applied to modern life: Adjustment in the 21st century (10th ed.). Belmont, CA: Wadsworth

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.