Jurusan Psikologi, Universitas Brawijaya, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI30348, author = {Yuliezar Dara and Prezilia Harmanto and Dea Resta Asmarani and Ulifa Rahma and Faizah Faizah}, title = {WALKING ON TRANSITION: PERAN PERCEIVED SOCIAL SUPPORT (FRIEND) SEBAGAI MODERATOR PADA PSYCHOLOGICAL WELL BEING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA BARU}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {13}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {Perceived social support; penyesuaian diri; mahasiswa baru; psychological well-being}, abstract = { Penyesuaian diri atau adjustment bagi mahasiswa diperlukan dalam berbagai setting kehidupan, baik secara akademis maupun non akademis. Kemampuan mereka dalam beradapatasi sangat bervariasi tergantung pada latar belakang, pengalaman, lingkungan sekolah sebelumnya, dan lingkungan perguruan tinggi saat ini. Adjustment adalah proses untuk mengenali dan mengadopsi cara-cara berperilaku yang sesuai, baik secara sosial maupun emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perceived social support (friend) sebagai variabel moderator penting dari korelasi antara psychological well-being dan penyesuaian mahasiswa baru di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan karakteristik subjek yaitu mahasiswa baru aktif di perguruan tinggi, dengan jumlah subjek sebanyak 751 subyek, terdiri dari 205 mahasiswa dan 546 mahasiswi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik accidental sampling . Pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu 1) Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) (α=.85), 2) Ryff’s Scale of Psychological well-being dan 3) Inventory of New College Student Adjustment (INCA): dimensi supportive network ( α =.83) dan belief in self ( α =.77). Teknik Moderated Regression Analysis (MRA) digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwa keberadaan perceived social support (friends) sebagai variabel moderator dapat memperkuat peran antara variabel psychological well-being terhadap penyesuaian mahasiswa baru, dengan nilai signifikansi .000 ( p <.05). Besar peran variabel moderator adalah 24.1%. }, issn = {2829-1859}, pages = {90--99} doi = {10.14710/empati.2024.30348}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/30348} }
Refworks Citation Data :
Penyesuaian diri atau adjustment bagi mahasiswa diperlukan dalam berbagai setting kehidupan, baik secara akademis maupun non akademis. Kemampuan mereka dalam beradapatasi sangat bervariasi tergantung pada latar belakang, pengalaman, lingkungan sekolah sebelumnya, dan lingkungan perguruan tinggi saat ini. Adjustment adalah proses untuk mengenali dan mengadopsi cara-cara berperilaku yang sesuai, baik secara sosial maupun emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perceived social support (friend) sebagai variabel moderator penting dari korelasi antara psychological well-being dan penyesuaian mahasiswa baru di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan karakteristik subjek yaitu mahasiswa baru aktif di perguruan tinggi, dengan jumlah subjek sebanyak 751 subyek, terdiri dari 205 mahasiswa dan 546 mahasiswi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu 1) Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) (α=.85), 2) Ryff’s Scale of Psychological well-being dan 3) Inventory of New College Student Adjustment (INCA): dimensi supportive network (α=.83) dan belief in self (α=.77). Teknik Moderated Regression Analysis (MRA) digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwa keberadaan perceived social support (friends) sebagai variabel moderator dapat memperkuat peran antara variabel psychological well-being terhadap penyesuaian mahasiswa baru, dengan nilai signifikansi .000 (p<.05). Besar peran variabel moderator adalah 24.1%.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University