skip to main content

PROPERTI PSIKOMETRI SKALA INTEGRITAS AKADEMIK MAHASISWA: APLIKASI MODEL RASCH

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Apr 2024; Published: 19 Apr 2024.
Open Access Copyright 2024 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian mengenai integritas akademik menjadi penting mengingat tuntutan akan integritas akademik terhadap sumber daya manusia di bidang pendidikan, utamanya peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran integritas akademik dan menelaahnya dari kerangka pandang psikometri. Skala integritas akademik dalam penelitian ini disusun dengan menggunakan format situational judgement test. Pengujian properti psikometri terhadap skala integritas akademik untuk mahasiswa dengan total item sebanyak 30 butir menggunakan model Rasch karena model Rasch membantu peneliti mengembangkan skala dengan karakteristik psikometri yang kuat yang tidak tergantung pada sampel. Subjek dalam studi ini adalah 233 orang mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan reliabilitas subjek secara keseluruhan sebesar .72 dan reliabilitas instrument sebesar .98. Terdapat 5 item yang tidak fit dengan model dan validitas skala menunjukkan adanya unidimensionalitas skala. Validitas skala peringkat ditunjukkan adanya pilihan 1 sampai 3 menyebabkan subjek secara tepat menyampaikan respon tentang integritas akademik diri mereka. Bias karena perbedaan jenis kelamin dan asal perguruan tinggi terjadi pada 2 dan 5 item. Hal ini membuktikan bahwa secara empiris skala integritas akademik mahaasiswa memiliki kualitas psikometri yang baik.

Fulltext View|Download
Keywords: integritas akademik; mahasiswa; situational judgement test; model Rasch

Article Metrics:

  1. Barnard, A., Schurink, W. & DeBeer, M. (2008). A conceptual framework of integrity: Empirical research. SA Journal of Industrial Psychology, 34(2), 40 - 49
  2. Bath, M., Hovde, P., George, E., Schulz, K., Larson, E., & Brunvatne, E. (2014). Academic integrity and community ties at a small, religious-affiliated liberal arts college. International Journal for Educational Integrity, 10(2), 31–43
  3. Lee, J. K. W., & Partridge, L. (2011). Evaluating the effectiveness of educational and academic integrity initiatives in higher education. In Educational integrity: Culture and values. Proceedings 5th Asia Pacific Conference on Educational Integrity. The University of Western Australia, 26-28 September. (pp. 82-86). http://www.apcei.catl.uwa.edu.au/procs/lee.pdf
  4. Peterson, C., & Seligman, M. E. Integrity in character strengths and virtues: A handbook and classification. Oxford University Press
  5. Purwono, U. (2014). Integritas dan pengukurannya. Artikel dalam Bunga Rampai Psikologi 2 (Integritas, Keberbedaan dan Kesejahteraan Psikologis: Kontribusi Psikologi dalam Menjawab Tantangan Bangsa Masa Kini). HIMPSI
  6. Randall, K., Bender, D. G., & Montgomery, D. M. (2007). Determining the opinions of health sciences students and faculty regarding academic integrity. International Journal of Educational Integrity, 3(2), 27–40
  7. Razek, N. A. (2014). Academic integrity: a Saudi student perspective. Academy of Educational Leadership Journal, 18(1), 143 – 154
  8. Roberts, C. J., & Hai-Jew, S. (2009). Issues of academic integrity: an online course for students addressing academic dishonesty. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 5(2), 182 – 196
  9. William, S., Tanner, M., Beard, J., & Hale, G. (2012). Academic integrity on college campuses. International Journal for Educational Integrity, 8(1), 9–24
  10. (2017, Oktober 13). PPI Delft Kutuk Keras Kebohongan Akademik. https://JawaPos.com
  11. (2017, September 5). Dugaan Plagiarisme di UNJ: Pelaku Ingin Naik Pangkat dan Dipandang Tinggi. https://bbc.com
  12. (2017, September 27). Polemik Plagiat Disertasi yang Berujung Pemecatan Rektor. https://m.detik.com

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.