skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONTROL DIRI PADA REMAJA PRIA ATLET SEPAK BOLA DI KOTA PATI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 14 Nov 2020; Published: 14 Nov 2020.
Open Access Copyright 2020 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Sekolah Sepak Bola menjadi sasaran masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan tentang teknis dasar bermain bola serta mencetak atlet baru.Atlet sepak bola memerlukan kontrol diri yang baik.Kontrol diri merupakan kemampuan individu dalam mengendalikan tingkah laku, menahan keinginan yang muncul dari dalam diri sehingga mampu mengambil tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan dan menghindari akibat yang tidak diinginkan.Salah satu faktor yang diduga penting terhadap kontrol diri adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengenali perasaan diri sendiri dan orang lain, memotivasi diri sendiri untuk mengelola emosi sehingga dapat berinteraksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kontrol diri pada remaja pria atlet di Sekolah Sepak Bola Bintang Muda Kota Pati.Populasi penelitian ini berjumlah 130 dengan sampel penelitian berjumlah 95 orang.Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Alat ukur penelitian menggunakan dua buah skala yakni Skala Kontrol Diri (21 item valid, α = 0,851) dan Skala Kecerdasan Emosional (23 item, α = 0,859). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi spearman rxy = 0,487 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini berarti hipotesis yang telah diajukan diterima dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel.

 

Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan emosional, kontrol diri, remaja

Article Metrics:

  1. Akbar, I. (2019). Ketangguhan mental pada atlet sepakbola di Surakarta [Skripsi tidak diterbitkan]. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  2. Andriani, A. (2014). Kecerdasan emosional dalam peningkatan prestasi belajar. Edukasi, 2(1), 459–472
  3. Astarani, K. (2011). Hubungan kecerdasan emosional dengan etos kerja perawat magang di Rumah Sakit Baptis Kediri. Jurnal STIKES RS Baptis Kediri, 4(2), 17–24
  4. Aroma, I. S., & Suminar, D. R. (2012).Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan, 1(2), 300-305
  5. Firdaus, K. (2012). Psikologi olahraga: Teori dan aplikasi. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang
  6. Ganesa, P. (2010). Panduan sepakbola usia 6-14 tahun. Jakarta: PT. Visi Gala 2000
  7. Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group
  8. Goleman, D. (2017). Kecerdasan emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka
  9. Gunnar, M., & Pettersen, A. (2015). The effect of speed training on sprint and agility performance in female youth soccer players. Journal of Physical Education and Sport, 15(3), 395-399
  10. Hasanah, I. (2009). Sepak bola. Bandung: PT Indah Jaya Adipratama
  11. Imanuddin. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dengan kontrol diri siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pandeglang [Skripsi tidak diterbitkan]. Universitas Islam Negeri Banten
  12. Kail, R. V. (2010). Chidren and their development. New Jersey, NJ: Pearson
  13. Kementerian Pemuda dan Olahraga. (2015). Peraturan Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia Nomor 10 Tahun tentang Pembinaan dan Pengembangan Olah Raga Nasional. Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga
  14. Khoerunisa. (2011). Pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap akhlak siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 30-43
  15. Labbaf, H., Ansari, M. E., & Masoudi, M. (2011). The impact of the emotional intelligence on dimensions of learning organization: The case of Isfahan University. Interdisciplinary Business Research, 3(5), 536-545
  16. Maulana, M. Y. A. (2016). Hubungan antara kestabilan emosi dengan kontrol diri pada atlet beladiri [Skripsi tidak diterbitkan]. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  17. Monks, F.J. (2006). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  18. Padillah, R. (2018). Locus of control (LOC) bagi atlet sepak bola dalam mengatasi tindakan provokasi. Jurnal IPTEK Olahraga, 15(7), 57-62
  19. Patriani, Y. (2010). Permainan bola besar bola basket. Jakarta: PT Ragina Eka Utama
  20. Prawira, T. (2016). Pembinaan pemain muda melalui akademi sepakbola. Jurnal Sains dan Seni ITS, 5(2), 35-47
  21. Santrock, J. W. (2012). Life span development jilid 1. (Edisi ketiga belas). Jakarta: Erlangga
  22. Saptoto, R. (2010). Hubungan kecerdasan emosi dengan kemampuan coping adaptif. Jurnal Psikologi, 37(10), 13-22
  23. Sari, I. A. & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara kontrol diri dengan pengungkapan diri pada remaja pengguna media sosial instagram. Jurnal Empati, 9(1), 52-57. https://doi.org/10.14710/empati.2020.26921
  24. Setyobroto, S. (2002).Psikologi olahraga. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
  25. Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
  26. Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  27. Suryantoro, D. (2014). Pengembangan variasi latihan dribbling dan passing dalam permainan sepakbola usia 12-14 tahun di SSB AMS kepanjen. Jurnal Psikologi, 1(1), 61-67
  28. Tarigan, M. A. (2016). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan agresivitas pada remaja di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 5(3), 8-22
  29. Tohid, M. S., Kamran, J., & Rajeswari, K. (2014). Emotional intelligence and social responsibility of boy students in middle school. Conflix Journal of Education, 2(4), 30-34
  30. Vasudevan. (2013). The influence of emotional intelligence and creativity on employee’s work commitment and performance. International Journal. Managing Business, 3(3), 233-255
  31. Verisa, A. E., & Eddy, M. S. (2013). Pengaruh faktor-faktor kecerdasan emosional pemimpin terhadap komitmen organisasional karyawan di Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(1), 1-7
  32. Wan Nurul, I., Santos, A., Hazel, M. D., & Mariam, A. (2014). Emotional intelligence and personality predict the leadership practices of future muslim leaders. The Online Journal of Islamic Education, 3(1), 1-10
  33. Yanti, S. P., & Jannah, M. (2017). Pengaruh minat control training terhadap mental toughness pada atlet UKM bola basket Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(8), 1-6

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.