skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 13 Nov 2020; Published: 14 Nov 2020.
Open Access Copyright 2020 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa Departemen Teknik Sipil Universitas Diponegoro Angkatan 2017. Stres akademik didefinisikan sebagai stres yang bersumber dari proses belajar mengajar atau hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar yang meliputi tekanan belajar, lama belajar, tugas yang banyak, hasil dari nilai ujian, menentukan karir ketika sudah lulus maupun kecemasan dalam ujian dan manajemen waktu. Hardiness merupakan pola dari sikap dan perilaku yang dimiliki individu untuk melawan stres dengan cara mengubah keadaan yang penuh dengan tekanan menjadi peluang pertumbuhan. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Departemen Teknik Sipil Universitas Diponegoro Angkatan 2017 yang berjumlah 210 mahasiswa dengan sampel penelitian 118 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu Skala Hardiness (25 item, α= 0,903) dan Skala Stres Akademik (30 item, α= 0,876). Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana, berdasarkan uji korelasi regresi sederhana diperoleh nilai rxy = -0,555; dengan p=0,000 (p<0,05), sehingga terdapat hubungan negatif antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa Departemen Teknik Sipil Universitas Diponegoro Angkatan 2017. Semakin tinggi hardiness maka semakin rendah stres akademik, sebaliknya semakin rendah hardiness maka semakin tinggi stres akademik. Hardiness memberikan sumbangan efektif sebesar 30,8% terhadap stres akademik mahasiswa Departemen Teknik Sipil Universitas Diponegoro angkatan 2017, yang artinya stres akademik dipengaruhi oleh hardiness sebesar 30,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Fulltext View|Download
Keywords: hardiness; mahasiswa; stres akademik

Article Metrics:

  1. Agolla, J. E., & Ongori, H. (2009). An assessment of academic stress among undergraduate students: the case of universdity of botswana. Educational Research and Review, 4, 2, 63-70
  2. Baron, R.A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial jilid 2. (Edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga
  3. Desmita. (2017). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  4. Ivancevich, J. M., Konopaske, R., & Matteson, M. T. (2007). Perilaku dan manajemen organisasi jilid 1. (Edisi ketujuh). Jakarta: Erlangga
  5. Kreitner, R., & Kinicki, A. (2005). Organizational behavior. (5th edition). New York, NY: McGraw-Hill Companies
  6. Maddi, S. R., & Khoshaba. (2005). Resilience at work: how to succeed no matter what life throws at you. New York, NY: AMACOM
  7. Prasetyaningrum, S. (2014). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa [Skripsi tidak dipublikasikan]. Universitas Katolik Soegijapranata
  8. Ramteke, P. V., & Ansari, R. J. (2016). Stress and anxiety among first year and final year engineering students. International Journal of Advanced Research in Education dan Technology (IJARET), 3, 17-21
  9. Rice, P. L. (1999). Stress and health. London: Brooks/Cole Publishing Company
  10. Riggio, R. E., & Porter, L. W. (2013). Introduction to industrial/organizational psychology. (6th edition). London: Pearson Education
  11. Santrock, J. W. (2002). Life span development jilid 1. (Edisi kelima). Jakarta: Erlangga
  12. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interaction. New Jersey, NJ: John Wiley dan Sons, Inc
  13. Waghachavare, V. B., Dhumale, G. B., Kadam, Y. R., & Gore, A. K. (2013). A study of stress among students of professional colleges from an urban area in India. Sultan Qaboos University Journal, 13, 429-436

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.