skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA ASRAMA VIRGO FIDELIS BAWEN

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 14 Nov 2020; Published: 14 Nov 2020.
Open Access Copyright 2020 Jurnal EMPATI under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan penyesuaian diri pada siswa asrama SMA Virgo Fidelis Bawen. Populasi penelitian berjumlah 60 siswa asrama SMA Virgo Fidelis Bawen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengambilan data menggunakan skala penyesuaian diri (37 aitem α=0.937) dan skala dukungan teman sebaya (34 aitem α=0.923). Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan nilai rxy = 0.705, dengan p = 0.000 (p<0.05), artinya terdapat hubungan positif antara variabel dukungan teman sebaya dengan variabel penyesuaian diri. Dukungan teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 49.7% terhadap penyesuaian diri. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang berbunyi semakin positif persepsi dukungan teman sebaya, maka semakin baik penyesuaian diri pada siswa asrama SMA Virgo Fidelis Bawen dapat diterima. Penyesuaian diri yang tinggi pada siswa asrama SMA Virgo Fidelis Bawen ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya faktor lingkungan yang meliputi teman sebaya. Teman sebaya dapat memberikan support atau dukungan yang dapat dipersepsikan oleh siswa, selain itu, sekolah juga menerapkan tinggat kedisiplinan yang tinggi dan memberikan fasilitas-fasilitas kepada siswa apabila mengalami permasalahan yang sedang dialami.

Fulltext View|Download
Keywords: dukungan teman sebaya, siswa asrama SMA Virgo Fidelis Bawen, penyesuaian diri

Article Metrics:

  1. Ali, M & Asori, M. (2012). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Ali, M & Asori, M. (2015). Psikologi remaja. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Arnett, J. J. (2013). Adolescence and emerging adulthood. USA: Pearson Education Inc
  4. Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Azwar, S. (2010). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan validitas. (Edisi ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  7. Bulmer, M. (2015). The social basis of community care. New York, NY: Routledge
  8. Desmita. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosda Karya
  9. Fatimah, E. (2010). Psikologi perkembangan (perkembangan peserta didik). Bandung: Pustaka Setia
  10. Hurlock, E. B. (2004). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Gramedia
  11. Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga
  12. Khalidy, S., Supriyanto, E., dan Sumardi. (2014). Pengelolaan pendidikan karakter berbasis boarding school di SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 77-84
  13. Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D (2009). Human development: Perkembangan manusia jilid 2. (Edisi kesepuluh). Jakarta: Salemba Humanika
  14. Puspita, V. D. (2018). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan perundungan pada siswa SMP PL Domenico Savio Semarang [Skripsi tidak dipublikasikan]. Universitas Diponegoro Semarang
  15. Rufaida, H. & Kustanti E. R. (2017). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri pada mahasiswa rantau dari sumatera di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(3), 217-222
  16. Sari, P. K. P. & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan social teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182
  17. Santrock, J. W. (2012). Life-span development: Perkembangan masa hidup. (Edisi ketiga belas). Jakarta: Erlangga
  18. Sarafino, E. P. & Smith, T.W. (2012). Health psychology: Biopsychosocial interactions. (7th edition). New York, NY: Wiley
  19. Sugiono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta
  20. Taylor, S. E. (2012). Health psychology. (8th edition). New York, NY: Mc Graw-Hill
  21. Usman, I. (2013). Perilaku bullying ditinjau dari peran kelompok teman sebaya dan iklim sekolah pada siswa sma di Kota Gorontalo [Naskah publikasi]. Universitas Negeri Gorontalo

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.