skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING PADA GURU SLB C SE-KOTA SEMARANG

1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

2Fakultas Psikolog, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 1 Oct 2020; Published: 1 Oct 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological capital dengan problem focused coping pada guru SLB-C se-Kota Semarang. Problem focused coping merupakan upaya yang dilakukan oleh individu untuk menghadapi kondisi yang menekan atau stres dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Psychological capital adalah kapasitas positif yang dimiliki oleh individu untuk dapat mengembangkan diri, ditandai dengan adanya self efficacy, optimism, hope, dan resiliency. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 126 guru SLB C yang mengajar anak tunagrahita, dengan sampel 94 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu Skala Psychological Capital (44 aitem dengan α=0,960) dan Skala problem Focused Coping (33 aitem dengan α=0,939). Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana terdapat hubungan positif yang signifikan antara psychological capital dengan problem focused coping pada guru SLB-C se-Kota Semarang (rxy=0,744; p<0,001). Semakin tinggi tingkat psychological capital yang dimiliki oleh guru SLB-C, maka akan semakin tinggi penggunaan problem focused coping, sebaliknya semakin rendah tingkat psychological capital yang dimiliki oleh guru SLB-C maka akan semakin rendah penggunaan problem focused coping. Psychological capital yang dimiliki oleh individu memberikan sumbangan efektif sebesar 55,4% terhadap penggunaan problem focused coping.

 

Fulltext View|Download
Keywords: guru SLB, problem focused coping, psychological capital

Article Metrics:

  1. Amelia, D. (2019). Hubungan antara problem focused coping dengan burnout pada guru sekolah dasar. (Skripsi tidak diterbtkan). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
  2. Avey,J., Wernsing, T.S., Luthans, F. (2008). Can positive employees help positive organizational change? impact of psychological capital and emotions on relevant attitudes and behaviors. The Journal of Applied Behavioral Science, 44(1), 48-70. Doi: 10.1177/0021886307311470
  3. Azwar, S. (2016). Penyusunan skala psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Bornstein, M. H., Putnick, D. L., Suwalsky, J. T. D., & Gini, M. (2006). Maternal chronological age, prenatal, and perinatal history, social support, and parenting of infants. Journal of Child Development, 77(4), 875-892. Doi: 10.1111/j.1467-8624.2006.00908.x
  5. Delphie, B. (2006). Pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Bandung: PT. Refika Aditama
  6. Kring, A.M., Johnson, S.L., Davison, G.C., & Neale, J.M. (2010). Abnormal psychology. (Eleventh Edition). Hoboken, NJ : John Wiley & Sons, Inc
  7. Kristiana, I. F, & Widayanti, .G. (2016). Buku ajar psikologi anak berkebutuhan khusus. Semarang: Undip Press
  8. Luthans, F., Avey, J. B., Avolio, B. J., & Peterson, S. J. (2010). The development and resulting performance impact of positive psychological capital. Human Resource Development Quarterly, 21(1), 41-67. Doi: 10.1002/hrdq.20034
  9. Luthans, F., Youssef, C.M. & Avolio, B.J. (2007). Psychological capital: Developing the human competitive edge. New York, NY: Oxford University Press
  10. Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus jilid I. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3)
  11. McMurray, A. J., Pirola-Merlo, A., Sarros, J.C., & Islam, M. M. (2010). Leadership, climate, psychological capital, commitment, and wellbeing in a non-profit organization. Leadership & Organization Developmental Journal, 31(5), 436-457. Doi: 10.1108/01437731011056452
  12. Odilia, L. (2017). Hubungan antara dukungan sosial dan ketermapilan sosial dengan problem focused coping menghadapi skripsi. (Skripsi tidak diterbitkan). Unika Soegijapranata, Semarang
  13. Ogden, J. (2007). Health psychology (4th Edition). New York, NY: Open University Press
  14. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychology interactions (7th Edition). New Jersey, NY: John Wiley & Sons, Inc
  15. Soemantri, S. (2012). Psikologi anak luar biasa. Bandung: PT Refika Aditama
  16. Suparno. (2007). Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
  17. Taylor, S. T. (2015). Health psychology. New York, NY: McGraw-Hill, Education
  18. Wulan, D. K., & Apriliani, A.C. (2017). Job demands dan burnout pada guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 6(1), 17-25
  19. Yan, Q., & Zhang, L. (2016). Research on psychological capital of college graduation: the mediating effect if copping style. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 85, 1639-1645

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.