skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MEMBELI KOSMETIK PADA MAHASISWI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO ANGKATAN 2019

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 9 Sep 2020; Published: 12 Jul 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penampilan adalah salah satu hal yang mendapat perhatian khusus bagi seorang wanita dan untuk menunjang penampilannya membuat banyak wanita berperilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif membeli kosmetik pada mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.  Populasi penelitian ini adalah 228 mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegor angakatan 2019 yang sesuai dengan karakteristik, dan didapatkan sampel penelitian berjumlah 152 orang. Penelitian ini  menggunakan teknik convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi likert yang terdiri dari dua skala, yaitu skala konformitas teman sebaya (27 aitem, α=0,936) dan skala perilaku konsumtif membeli kosmetik (35 aitem α=0,928). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS Versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif membeli kosmetik pada mahasiswi angkatan 2019 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (rxy =0,569; p=0,000; F= 71,686). Persamaan garis regresi dalam penelitian ini adalah Y=36,771+0,725. Variabel perilaku konsumtif membeli kosmetik akan berubah sebesar 0,725 untuk setiap unit perubahan yang terjadi pada variabel konformitas teman sebaya. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,323, artinya konformitas teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 32,2% pada perilaku konsumtif membeli kosmetik.


Fulltext View|Download
Keywords: konformitas teman sebaya; mahasiswi; perilaku konsumtif membeli kosmetik

Article Metrics:

  1. Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial (2nd ed.). Erlangga
  2. Faadhilah, F.N. (2018). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan beauty vlogger sebagai kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kosmetik. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 133-141
  3. Kim, Y., Walsh, P., & Ross, S.D. (2008). An examination of the psychological and consumptive behaviors of sport video games. Sport Marketing Quarterly Journal, 17(1), 44-53
  4. Monks, F.J., Knoers, A.M.P. & Hadinoto, S.R. (2009). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Gajahmada University Press
  5. Naomi, P. & Mayasari, I. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa sma dalam perilaku pembelian kompulsif: Perspektif psikologi. Jurnal Abmas, 8(8), 1-8
  6. Ningsih, R. A. S., & Bawono, Y. (2017). Hubungan antara perilaku konsumtif pada produk x dengan citra diri remaja putri. Mediapsi, 2(1), 45-50
  7. Schiffman & Kanuk. (2004). Riset perilaku konsumen. Gramedia Pustaka Utama
  8. Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif. PT Fajar Interpratama Mandiri
  9. Sofiana, I.I. (2019). Hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif pembelian kosmetik pada mahasiswi Jurusan Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 9(1), 58-64. https://doi.org/10.14710/empati.2020.26922
  10. Sumartono. (2002) Terperangkap dalam iklan (meneropong imbas pesan iklan televisi). Alfabeta
  11. Syafani, H. S. A., & Alfaruqy, M. Z. (2023). Hubungan antara social media engagement dengan body-esteem pada siswi SMAN 1 Salatiga pengguna instagram. Jurnal Empati, 12(2), 154-160. https://doi.org/10.14710/empati.2023.38634

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.