skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN ADAPTABILITAS KARIR PADA MAHASISWA BIDIKMISI TAHUN PERTAMA, KEDUA, KETIGA, DAN KEEMPAT DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 25 May 2020; Published: 20 Jul 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan adaptabilitas karir pada mahasiswa bidikmisi tahun pertama, kedua, ketiga, dan keempat di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Dukungan sosial pada penelitian ini merujuk pada perceived support yaitu segala bantuan yang berasal dari teman sebaya dan dirasakan oleh individu, sehingga individu merasa diperhatikan, dihargai, dicintai dan dapat diandalkan. Adaptabilitas karir adalah kemampuan individu dalam mempersiapkan dan mengatasi permasalahan kompleks dan tidak terduga yang muncul sebagai perubahan tugas perkembangan karir, dan kondisi yang terkait pekerjaan. Populasi pada penelitian ini adalah 177 mahasiswa bidikmisi tahun pertama sampai keempat di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Sampel sebanyak 127 mahasiswa yang diperoleh dengan convenience sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya (36 aitem, α 0,951) dan Skala Adaptabilitas Karir (45 aitem, α 0,961). Hasil uji hipotesis analisis regresi sederhana menunjukkan angka rxy = 0,552 dengan signifikansi p = 0,000 (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan adaptabilitas karir. Dukungan sosial teman sebaya memberi sumbangan efektif sebesar 30,4% terhadap adaptabilitas karir pada mahasiswa bidikmisi tahun pertama sampai keempat di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Adaptabilitas Karir; Bidikmisi; Dukungan Sosial Teman Sebaya; Mahasiswa

Article Metrics:

  1. Arnett, J. J. (2004). Emerging adulthood: The winding road from the late teens through the twenties. Pearson Education, INC
  2. Ashton, M. W. (2013). Career adaptability in emerging adults: a foundation of personal growth. Texas Tech University
  3. Brown, S. D., & Lent, R. W. (2005). Career development and counseling. John Wiley & Sons, Inc
  4. Dahling, J. J., & Thompson, M. N. (2010). Contextual supports and barriers to academic choices: A policy-capturing analysis. Journal of Vocational Behavior, 77(3), 374-382. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2010.07.007
  5. Hartung, P. J., Porfeli, E. J., & Vondracek, F. W. (2008). Career adaptability in childhood. The Career Development Quertely, 57(1), 63-74. https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.2008.tb00166.x
  6. Haq, M. A. (2015). Pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan self efficacy terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS MAN 2 Semarang tahun ajaran 2014/2015 [Tesis, Universitas Negeri Semarang]. Eprints Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/22223/
  7. Hendrayana, A.S., Thaib, D. & Rosnenty, R. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(2), 81-87. https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.591.2014
  8. Hirschi, A. (2009). Career adaptability development in adolescence: Multiple predictors and effect on sense of power and life satisfaction. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 145-155. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.01.002
  9. Jones, N., Torezani, S., & Luca, J. (2012). A peer-to-peer support model for developing graduate students’ career and employability skills. Intercultural Education, 23(1), 51-62. https://doi.org/10.1080/14675986.2012.664754
  10. Mayes, L. C., & Lewis, M. (2012). The Cambridge handbook of environment in human development. Cambridge University Press
  11. Parker, P., Hall, D. T., & Kram, K. E. (2008). Peer coaching: A relational process for accelerating career learning. Academy of Management Learning & Education, 7(4), 487-503. https://doi.org/10.5465/amle.2008.35882189
  12. Papalia, D., & Feldman, R. (2012). Experience human development (12th ed.). McGraw-Hill
  13. Ribadeneira, A. M. (2006). A familial, individual, social-cognitive, and contextual predictors of career decision self-efficacy: An ecological perspective [Disertasi, University of Florida]. University of Florida. https://doi.org/10.1037/cou0000307
  14. Rogers, A. T. (2016). Human behavior in the social environment: Perspectives on development and the life course (4th ed.). Routledge
  15. Santrock, J. W. (2012). Life-span development: Perkembangan masa-hidup (13th ed.). Erlangga
  16. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychology interactions (7th ed.). John Wiley and Sons, Inc
  17. Setiawan, N. (2007). Penentuan ukuran sampel memakai rumus slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah konsep dan aplikasinya. Universitas Padjajaran
  18. Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Kencana Prenada Media Group
  19. Taylor, S. E. (2015). Health psychology (9th ed.). McGraw Hill
  20. Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2000). Social psychology (10th ed.). Prentice-Hall
  21. Wang, D., & Gruenewald, T. (2017). The psychological costs of social imbalance: Variation across relationship context and age. Journal of Health Psychology, 24(12), 1-11. https://doi.org/10.1177/1359105317692854
  22. Vallejo, M. A., Jordán, C. M., Díaz, M. I., Comeche, M. I., Ortega, J., (2007). Psychological assessment via the internet: A reliability and validity study of online (vs paper-and-pencil) versions of the general health questionnaire-28 (GHQ-28) and the symptoms check-list-90-revised (SCL-90-R). Journal of Medical Internet Research, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.2196/jmir.9.1.e2
  23. Yasin, A.S., & Dzulkifli, M.A. (2010). The relationship between social support and psychological problem among students. International Journal of Business and Social Science, 1(3), 110-116

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.