skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL GURU BIMBINGAN KONSELING DAN ADAPTABILITAS KARIR PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 1 CILACAP

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 22 May 2020; Published: 17 Jul 2023.
Open Access Copyright 2023 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru bimbingan konseling dan adaptabilitas karir pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Cilacap. Adaptabilitas karir merupakan kesiapan individu untuk bisa menyesuaikan diri dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan mempersiapkan dan berpartisipasi dalam tuntutan pekerjaan dan dengan kondisi pekerjaan, termasuk di dalamnya berpartisipasi dalam tuntutan sekolah dari diri individu dalam mempersiapkan karirnya di masa yang akan datang. Dukungan sosial guru bimbingan konseling yaitu dukungan dari guru bimbingan konseling yang dirasakan siswa, berupa contoh perilaku, kepedulian, pemberian semangat dan motivasi, dukungan emosional, serta ketersediaan bantuan langsung melalui interaksi guru bimbingan konseling dengan siswa, sehingga membuat siswa merasa nyaman, dipedulikan, dibimbing, dan diperhatikan.  Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Cilacap yang berjumlah 376 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 201 siswa kelas XII dengan teknik cluster random sampling. Hasil analisis Rank Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial guru bimbingan konseling dan adaptabilitas karir (rxy = 0,383; p = 0,000), yang berarti bahwa semakin tinggi dukungan sosial guru bimbingan konseling yang dirasakan oleh siswa maka akan semakin tinggi pula adaptabilitas karir siswa.

Fulltext View|Download
Keywords: adaptabilitas karir; dukungan sosial; guru bimbingan konseling; siswa SMA

Article Metrics:

  1. Ahmed, W., Minnaert, A., Werf, G. V. D., & Kuyper, H. (2010). Perceived social support and early adolescents’ achievement: The mediational roles of motivational beliefs and emotions. Journal of Youth and Adolescence, 39, 36–46. https://doi.org/10.1007/s10964-008-9367-7
  2. Ardiyanti, D. & Alsa, A. (2015). Pelatihan “PLANS” untuk meningkatkan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 1(1), 1-17. https://doi.org/10.22146/gamajpp.7357
  3. Brown, S. D., & Lent, R. W. (2013). Career development and counseling: Putting theory and research to work (2nd ed.). John Willey & Sons
  4. Coertse, S., & Schepers, J. M. (2004). Some personality and cognitive correlates of career maturity. Journal of Industrial Psychology, 30(2), 56-73. https://doi.org/10.4102/sajip.v30i2.150
  5. Creed, P., Patton, W., & Prideaux, L. A. (2006). Causal relationship between career indecision and career decision-making self-efficacy: A longitudinal cross-lagged analysis. Journal of Career Development, 33(1), 47–65. https://doi.org/10.1177/0894845306289535
  6. Creed, P. A., Fallon, T., & Hood, M. (2009). The relationship between career adaptability, person, and situation variables, and career concerns in young adults. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 219-229. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2008.12.004
  7. Djamarah, S. B. (2010). Guru & anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta
  8. Duffy, R. D. (2010). Sense of control and career adaptability among undergraduate students. Journal of Career Assessment, 18(4), 420-430. https://doi.org/10.1177/1069072710374587
  9. Ereş, F., & Bilasa, P. (2017). Middle school students’ perceptions of the quality of school life in Ankara. Journal of Education and Learning, 6(1), 175-183.
  10. Ghosh, A., & Fouad, N. A. (2017). Career adaptability and social support among graduating college senior. The Career Development Quarterly, 65(3), 278-283. https://doi.org/10.1002/cdq.12098
  11. Giffari, N., & Suhariadi, F. (2017). Pengaruh social support terhadap career adaptability pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 6(4), 64-77
  12. Han, H., & Rojewski, J. W. (2015). Gender-specific models of work-bound Korean adolescents’ social supports and career adaptability on subsequent job satisfaction. Journal of Career Development, 42(2), 149-164. https://doi.org/10.1177/0894845314545786
  13. Hastoprojokusumo, M. B. (2016). Pengaruh perceived social support pada career adaptability mahasiswa tingkat akhir [Skripsi, Universitas Sanata Dharma]. Eprints Universitas Sanata Darma. https://repository.usd.ac.id/6842/2/129114059_full.pdf
  14. Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan teman sebaya dan kematangan karir mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28-40. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5189
  15. Hirschi, A. (2009). Career adaptability development in adolescence: Multiple predictors and effect on sense of power and life satisfaction. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 145-155. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.01.002
  16. Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan. Erlangga
  17. Indianti, W. (2015). Dukungan sosial dan regulasi diri dalam belajar untuk membangun adaptabilitas karir pada mahasiswa baru Universitas Indonesia [Disertasi, Universitas Indonesia]. Eprints Universitas Indonesia. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-4/20416090-D2087-Wahyu Indianti.pdf
  18. Lau, P. L., Chung, Y. B., & Wang, L. (2019). Effects of career exploration intervention on students’ career maturity and self concept. Journal of Career Development, 48(4), 1-14. https://10.1177/0894845319853385
  19. Lestari, I. (2017). Meningkatkan kematangan karir remaja melalui bimbingan karir berbasis life skills. Jurnal Konseling, 3(1), 17-27. https://doi.org/10.24176/jkg.v31.859
  20. Napitulu, E. L. (2018, April 27). Kualitas pendidikan rendah. Kompas. https://kompas.id/baca/utama/2018/04/2 7/kualitas-pendidikan-rendah/
  21. Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development jilid 2. Erlangga
  22. Permadi, N. E. (2016). Masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dalam perencanaan karir dan implikasinya terhadap pelayanan bimbingan karir. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 134-145. https:doi.org/10.30870/jpbk.v1i2.1871
  23. Santrock, J. W. (2003). Life-span development. McGraw Hill Companies
  24. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial interaction (7th ed.). John Wiley & Sons, Inc
  25. Savickas, M. L. (1997). Career adaptability: An integrative construct for life-span, life-space, theory. The Career Development Quarterly, 45(3), 247-259. https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.1997.tb00469.x
  26. Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Grasindo
  27. Tang, M., Pan, W., & Newmeyer., M. D. (2008). Factors influencing high school students’ career aspirations. American School Counselor Association (ASCA), Professional School Counseling Journal, 11(5), 285-294. https://doi.org/10.5330/PSC.n.2010-11.285
  28. Tian, Y., & Fan, X. (2014). Adversity quotient, environmental variables and career adaptability in student nurses. Journal of Vocational Behavior, 85(3), 251-257. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2014.07.006
  29. Turner, S. L., Brisset, A. A., Lapan, R. T., Udipi, S., & Ergun, D. (2003). The career-related parent support scale. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 36(2), 83-94. https://doi.org/10.1080/07481756.2003.12069084
  30. Wang, Z., & Fu, Y. (2015). Social support, social comparison, and career adaptability: A moderated mediation model. Social Behavior and Personality: An International Journal, 43(4), 649-659. https://doi.org/10.2224/sbp.2015.43.4.649

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.