skip to main content

“SATU TAHUN MENJABAT SELAMANYA MENGINSIPIRASI” (STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN MENJADI DENOK KOTA SEMARANG)

Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 2 May 2020; Published: 28 Feb 2023.
Open Access Copyright 2023 Empati
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Denok adalah sebutan untuk duta wisata perempuan Kota Semarang. Seorang Denok harus memiliki tiga aspek yaitu brain, beauty, and behavior. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman menjadi Denok Kota Semarang. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah tiga orang juara 1 Denok Kota Semarang dan dipilih secara purposif. Pengambilan data digunakan dengan wawancara semi terstruktur, data audio, dan transkrip wawancara dianalisa dengan teknik eksplikasi data. Hasil penelitian menggambarkan proses menjadi Denok Kota Semarang mulai dari sebelum memutuskan untuk mendaftar, saat mengikuti rangkaian kontes, dan setelah menjadi Denok. Sebelum memutuskan untuk mendaftar ketiga subjek termotivasi karena ingin produktif di usia muda serta pembuktian prestasi kepada pelaku bullying. Saat mengikuti rangkaian kontes ketiga subjek memberikan usaha maksimal untuk mencapai tujuan atau disebut goal competitiveness. Subjek mendapat dukungan dari keluarga serta lingkungan sosial. Setelah dinobatkan sebagai Denok terjadi perubahan dalam  segi karier, relasi, dampak terhadap keluarga, risiko menjadi Denok, dampak menjadi Denok, perencanaan karier, serta prestasi yang diraih.

 

Kata kunci: Studi fenomenologi, Denok Kota Semarang, Beauty Pageant

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Abdullah, I. (2006). Studi tubuh, nalar dan masyarakat: Perspektif antropologi. Tici Press
  2. Adinaya , G. B. (2018). Membanggakan, inilah prestasi pariwisata Indonesia di kancah dunia. National Geographic. https://nationalgeographic.grid.id/read/13936310/membanggakan-inilah-prestasi-pariwisata-indonesia-di-kancah-dunia
  3. Alfaruqy, M.Z. (2018). Kelurga, dalam perspektif psikologi. In E.S. Indrawati & M.Z. Alfauqy (eds.), Pemberdayaan keluarga dalam perspektif psikologi (pp.3-19). Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  4. Alvarez, G.M. (2008). Career maturity: A priority for secondary education. Journal of Researching Educational Psychology, 6(3), 749-772
  5. Amundson, N.E., Bowlsbey, J.H., & Niles, S.G. (2016). Elemen elemen penting dalam konseling karier: Berbagai proses dan teknik. Pustaka Belajar
  6. Aqsa, M. (2017). Pengaruh kredibilitas perusahaan dan public figure dalam periklanan online Terhadap Sikap Konsumen. Jurnal Balance, 15(1)
  7. Arnett, J.J. F. (2000). Emerging adulthood: A theory of development from the lateteens through the twenties. American Psychologist, 55(2), 469-480. https://doi.org/10.1037/003-066X.55.5.469
  8. Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Pustaka Pelajar
  9. Baron, R.A. dan Byrne, D. (2005). Psikologi sosial. Erlangga
  10. Barudin, I.A.F. dan Diana I.. (2017). Kajian data pasar wisatawan nusantara. Kemenpar
  11. Bappeda Kota Semarang. (2017). Perubahan rencana strategis badan perencanaan pembangunan daerah Kota Semarang. https://bappeda.semarangkota.go.id/
  12. Berk, L.E. (2012). Development through the lifespan. Pustaka Pelajar
  13. Caulton, J.R. (2012). The development and use of the theory of ERG: A literature review. Emerging Leadership Journeys, 5(1), 2-8
  14. Cervone, D. (2012). Kepribadian: Teori dan penelitian. Salemba Humanika
  15. Chaplin, J. P. (2009). Psychological dictionary: kamus lengkap psikologi. Raja Grafindo Persada
  16. Creswell, J. W. (2010). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. PT Pustaka Pelajar
  17. Dickerson, V.C. (2004). Young women struggling for an identity. Journal of Family Process, 43(3), 337-348. https://doi.org/10.1111/j.1545-5300.2004.00026.x
  18. Fajarini, A.I. dan M. Ali H. (2014). Kontroversi miss Indonesia tahun 1982–1984. E-Journal Pendidikan Sejarah 2(3), 488-498
  19. Gustav, R. (2019). Denok kenang 2019 Kota Semarang telah dipilih, inilah nama-nama pemenangnya. Tribunnews. https://jateng.tribunnews.com/2019/04/30/denok-kenang-2019-kota-semarang-telah-dipilih-inilah-nama-nama-pemenangnya
  20. Jatman, D. (2000). Psikologi perkembangan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  21. John, M. T. & M. H Judith. (2004). The effect of cooperation and competition on intrinsic motivation and performance. Journal of Personality and Social Psychology, 88(6), 849-861. https://doi.org/10.1037/0022-3514.86.6.849
  22. Haniy, S.U. (2017). Memahami kontes kecantikan yang penuh kontroversi. Rappler. https://www.rappler.com/indonesia/gaya-hidup/185581-kontroversi-dunia-pageant-konteskecantikan
  23. Hurlock, E. (2010). Perkembangan anak. Erlangga
  24. Hurlock, E. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga
  25. Kartika, D.L. (2019). Target 7,2 wisatawan, Iin : Optimis bisa terpenuhi mengingat ada momen natal dan tahun baru. Tribunnews. https://jateng.tribunnews.com/2019/12/18/target-72-juta-wisatawan-iin-optimis-bisa-terpenuhi-mengingat-ada-momen-natal-dan-tahun-baru
  26. Kartono, I. (2014). Jurnal tugas akhir faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan make-up pada perempuan emerging adulthood. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1–10
  27. Kementerian Pariwisata. (2019). Data kunjungan wisatawan mancanegara bulanan tahun 2019. Kemenpar. http://www.kemenpar.go.id/post/data-kunjungan-wisatawan-mancanegara- bulanan-tahun-2019
  28. La Kahija, Y.F . (2017). Penelitian fenomenologis: Jalan memahami pengalaman hidup. PT Kanisius
  29. Lyons, S. D., Zane L.B. (2012). Social learning theory. Encyclopedia of the science of learning. https://www.researchgate.net/publication/267750204_Bandura's_Social_Learning_Theory_Social_Cognitive_Learning_Theory
  30. Mariana, H. (2019). Jumlah wisatawan di Kota Semarang meningkat hingga 3,2 juta. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2019/06/17/14225711/jumlah-wisatawan-di-kota-semarang-meningkat-hingga-32-juta?page=all
  31. Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa Smpit 10 Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 103-114. https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.103-114
  32. Mead, S. (2013). Peer support: A theoretical perspective literatur review. Psychiatric Rehabilitation Journal, 25(2),13-41. https://doi.org/10.1037/h0095032
  33. McClelland, D. (2008). David McClelland’s motivational needs theory. NetMBA.com. http://www.netmba.com/mgmt/ob/motivation/mcclelland/
  34. Moleong, L. (2007). Metode penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya
  35. Nanda,V.D, Yoyon S., Ari P.(2017). Konsep diri duta wisata kakang mbakyu [Skripsi, Universitas Brawijaya]. Eprints Universitas Brawijaya. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/120540
  36. Poerwandari, E. K. (2001). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
  37. Prafiranggi, D. (2016). Studi fenomenologi tentang makna berkompetisi pada peserta olimpiade sains. Jurnal Empati, 5(3), 458-460
  38. Pratiwi, R.Z.B. (2018). Perempuan dan kontes kecantikan (analisis mengenai konstruksi citra dalam bingkai komodifikasi). Ejournal Unisnu, 10(2), 134-143
  39. Puspita, S.A.L. & Rustika, I.M. (2018). Peran self regulated learning dan konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa remaja akhir Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang pernah menjadi finalis Bali pageants. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.24843/JPU.2018.v05.i01.p01
  40. Putri, A.T.K. (2019). Peran duta wisata dalam mempromosikan kepariwisataan di Kota Samarinda (Studi kasus duta wisata kota samarinda tahun 2018) [Skripsi, Universitas Mulawarman]. Eprints Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman. https://www.portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=8963
  41. Putra, M.I. & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh brand ambassador terhadap brand image serta dampaknya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 1-10
  42. Rakhmat, J.(2007). Psikologi komunikasi. Remaja Rosdakarya
  43. Redaksi Bali Tribun. (2018). Grand final jegeg-bagus duta pariwisata dan budaya bali tahun 2018, Gubernur Pastika harap lahir generasi muda yang kreatif dan inovatif. Bali Tribune. https://balitribune.co.id/content/grand-final-pemilihan-jegeg-bagus-duta- pariwisata-dan-budaya-bali-tahun-2018-gubernur
  44. Renoati,W.I. (2006). Hubungan antara penghayatan nilai nrima ing pandum dengan semangat berkompetisi karyawan [Skripsi, Universitas Gajah Mada]
  45. Santoso, S.W. (2011). Keterlibatan, keberhargaan, dan kompetensi sosial sebagai prediktor kompetisi pada remaja. Jurnal Psikologi, 38(1), 52-60. https://doi.org/10.22146/jpsi.7664
  46. Santrock, J.W. (2010). Adolescence: perkembangan remaja. Erlangga
  47. Sari, U.S.C. (2019). Body image. Sahabat Alter Indonesia
  48. Satu Data Kota Semarang. (2017). Kebudayaan dan pariwisata. http://satudata.semarangkota.go.id/
  49. Slavin, R.E. (2011). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik. Puri Media
  50. Soerjono, S. (2006). Sosiologi suatu pengantar. PT. Raja Grafindo Persada
  51. Steinberg, L.D. (2007). Adolescence. McGraw-Hill Higher Education
  52. Subandi, M.A. (2009). Psikologi dzikir: Studi fenomenologi dzikir tawakkal. pengalaman transformasi religius. Pustaka Pelajar dan Fakultas Psikologi UGM
  53. Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfabeta
  54. Tri, R. (2019). Wishnutama incar investasi langsung dari aplikator asing. Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1282658/wishnutama-incar-investasi-langsung-dari-aplikator-asing
  55. Walgito, B. (2010). Psikologi sosial (suatu pengantar). Andi Offset
  56. Widjaja, A.M. (2010). Hubungan antara efikasi diri dengan kematangan karier pada remaja [Skripsi, Unika Soegijapranata]. Eprints Unika Soegijapranata. http://repository.unika.ac.id/5551/
  57. Winkel, W.S., & Hastuti, Sri. (2006). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Media Abadi
  58. White, A. (2009). From comfort zone to performance management: Understanding Development & Performance. Belgium L White & MacLean Publishing
  59. Wongso, K. (2014). Duta wisata: Who and how? Kompasiana. https://www.kompasiana.com/kristianwg/54f837a9a3331163648b4c03/duta-wisata-who-and-how

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.