slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA EXPERIENCED OF WORKPLACE INCIVILITY BEHAVIOR DENGAN KEPUASAN KERJA PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT NASIONAL DIPONEGORO | Malau | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA EXPERIENCED OF WORKPLACE INCIVILITY BEHAVIOR DENGAN KEPUASAN KERJA PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT NASIONAL DIPONEGORO

Received: 30 Apr 2020; Published: 28 Feb 2023.
Open Access Copyright 2023 Empati
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara experienced of workplace incivility behavior dengan kepuasan kerja pada perawat di Rumah Sakit Nasional Diponegoro. Experienced of workplace incivility behavior adalah perilaku menyimpang dengan intensitas rendah yang diterima seseorang di tempat kerja dan memiliki maksud untuk menyakiti individu tersebut, melanggar norma tempat kerja, dan norma saling menghormati. Kepuasan kerja adalah perasaan positif yang ditunjukkan individu terhadap pekerjaannya yang terkait dengan hasil evaluasi terhadap pekerjaan dan penyesuaian diri yang sehat atas kondisi dan situasi kerja. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 68 perawat dengan teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi, yakni skala experienced of workplace incivility behavior dengan 42 aitem (α=0,935) dan skala kepuasan kerja dengan 19 aitem (α=0,892). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Rank Spearman dengan hasil rxy= -0,469 dengan nilai signifikansi korelasi p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan negatif antara experienced of workplace incivility behavior dengan kepuasan kerja. Semakin tinggi experienced of workplace incivility behavior maka semakin rendah kepuasan kerja perawat, dan begitu pula sebaliknya.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. As’ad, M. (2004). Seri ilmu sumber daya manusia psikologi industri (4th ed.). Liberty
  2. Andersson, L. M., & Pearson, C. M. (1999). Tit for tat ? The spiraling effect of incivility in the workplace. Academy of Management Review, 24(3), 452–471. https://doi.org/10.2307/259136
  3. Bibi, Z., Karim, J., & ud Din, S. (2013). Workplace incivility and counterproductive work behavior: Moderating role of emotional intelligence. Pakistan Journal of Psychological Research, 28(2), 317–334
  4. Hershcovis, M. S. (2011). "Incivility, social undermining, bullying. . .Oh my!": A call to reconcile constructs within workplace aggression research. Journal of Organizational Behavior, 32(3), 499–519. https://doi.org/10.1002/job.689
  5. Lee, S. E., MacPhee, M., & Dahinten, V. S. (2019). Factors related to perioperative nurses’ job satisfaction and intention to leave. Japan Journal of Nursing Science 17(5), 1–8. https://doi.org/10.1111/jjns.12263
  6. Martin, R. J., & Hine, D. W. (2005). Development and validation of the Uncivil Workplace Behavior Questionnaire. Journal of Occupational Health Psychology, 10(4), 477–490. https://doi.org/10.1037/1076-8998.10.4.477
  7. Nasution, N. M. S., & DR, M. (2017). Hubungan lingkungan kerja non fisik dengan kepuasan kerja pada perawat di RSJ Prof. Dr. Muhammad Ildrem Sumatera Utara. Jurnal Diversita, 3(2), 34–41. https://doi.org/10.31289/diversita.v3i2.1259
  8. Noras, J. U., & Sartika, R. A. D. (2012). Perbandingan tingkat kepuasan kerja perawat dan kepuasan pasien. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 6(5). https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i5.90
  9. Opengart, R., Reio, T. G., & Ding, W. (2019). Workplace incivility and job satisfaction: Mediating role of emotion management. International Journal of Adult Vocational Education and Technology, 10(2), 1–16. https://doi.org/10.3390/ejihpe11040082
  10. Raaj, V. G., & Anju, E. N. (2019). Unseen incivility in workplace and its impact on work allied outcomes. International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT), 8(3), 80–85
  11. Richard, L. H., Robert, C. G., & Gordon, J. C. (2012). Leadership, enhancing the lessons of experience. Salemba Humanika
  12. Robbins, S. P & Judge, T. A. (2013). Organizational behavior (15th ed.). Pearson Education
  13. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Sikap dan kepuasan kerja perilaku organisasi. Salemba Empat
  14. Schilpzand, P., De Pater, I. E., & Erez, A. (2016). Workplace incivility: A review of the literature and agenda for future research. Journal of Organizational Behavior, 37(1), S57–S88. https://doi.org/10.1002/job.1976
  15. Sharma, N., & Singh, V. K. (2016). Effect of workplace incivility on job satisfaction and turnover intentions in India. South Asian Journal of Global Business Research, 5(2), 234–249. https://doi.org/10.1108/SAJGBR-02-2015-0020
  16. Singh, J. K., & Jain, M. (2013). A study of employees’ job satisfaction and its impact on their performance. Journal of Indian Research, 1(4), 105–111. https://doi.org/10.5296/jmr.v9i1.10420
  17. Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi (Mixed methods). Alfabeta
  18. Tania, A., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional karyawan PT. Dai Knife di Surabaya. AGORA, 1(3), 1-9. http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16260
  19. Tanujaya, W. (2014). Hubungan kepuasan kerja dengan kesejahteraan psikologis (psychological well being) pada karyawan Cleaner (studi pada karyawan cleaner yang menerima gaji tidak sesuai standar UMP di PT. Sinergi Integra Services, Jakarta). Jurnal Psikologi, 12(2), 67–79
  20. Tentama, F. (2015). Peran kepuasan kerja terhadap kinerja pada guru pegawai negeri sipil (PNS) di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.1-8
  21. Victor, B., & Cullen, J. B. (1988). The organizational bases of ethical work climates. Administrative Science Quarterly, 33(1), 101–125. https://doi.org/10.2307/2392857
  22. Walsh, B. M., Magley, V. J., Reeves, D. W., Davies-Schrils, K. A., Marmet, M. D., & Gallus, J. A. (2012). Assessing workgroup norms for civility: The development of the Civility Norms Questionnaire-Brief. Journal of Business and Psychology, 27(4), 407–420. https://doi.org/10.1007/s10869-011-9251-4

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.