skip to main content

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN INTENSI BERWIRAUSAAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 6 Mar 2020; Published: 6 Mar 2020.

Citation Format:
Abstract

Intensi berwirausaha adalah suatu perilaku seseorang yang didasari dengan niat dalam menciptakan suatu usaha baru yang dihadapkan dengan resiko-resiko baik resiko besar maupun kecil yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Motivasi berprestasi didefinisikan sebagai suatu dorongan pada diri individu untuk melakukan suatu kegiatan dan berusaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Prodi Pendidikan Tata Kecantikan, Pendidikan Tata Boga, dan Pendidikan Tata Busana angkatan 2015 dan 2016. Sampel ditentukan menggunakan teknik convenience, dengan populasi sebanyak 256 mahasiswa dan sampel sebanyak 146 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu SkalaMotivasi Berprestasi (22 aitem, α = 0,829) dan Intensi Berwirausaha (43 aitem α = 0,947). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana, dengan nilai rxy = 0,502 dengan Signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dan sumbangan efektif 25,2 %. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Semarang. Semakin tinggi tingkat motivasi berprestasi maka semakin tinggi intensi berwirausaha yang dimiliki mahasiswa, begitu pula sebaliknya.

Fulltext View|Download
Keywords: intensi berwirausaha, motivasi berprestasi, mahasiswa

Article Metrics:

  1. Ajzen, I. (2005). Attitudes personality and behavior: 2nd Edition. New York: Library of Congres Cataloging in Publication Data
  2. Bafirman. (2016). Pembentukan karakter siswa. Jakarta: Kencana
  3. Budiati, Y., Yani, T.E., & Universari, N. (2012). Minat mahasiswa menjadi wirausaha (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). 14(1). 89-101
  4. Hadiyati, E. (2011, Maret). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13, 8-16
  5. Kristanto, Heru. (2009). Kewirausahaan: Entrepreneurship. Yogyakarta: GrahaIlmu
  6. Koranti, K. (2013, Oktober 8-9). Analisis pengaruh faktor eksternal dan internal terhadap minat berwirausaha. Proceeding PESAT, 5, 1-8. Ranto, D. W. (2016, Maret ). Membangun perilaku entrepreneur pada mahasiswa melalui entrepreneurship education. JBMA, 3, 79-85
  7. Suharyadi, dkk. (2012). Kewirausahaan membangun usaha sukses sejak usia muda. Jakarta: Salemba Empat
  8. Slamet, F. et.al. 2014. Dasar-dasar kewirausahaan: Teori dan praktik. Jakarta: Indeks
  9. Sodikin. 2014. Pengaruh praktik kerja industri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang. Economic Educational Analysis Jorunal. 3(2). Prodi PendidikanEkonomi, UniversitasNegeri Semarang
  10. Situmorang, D. D. (2016, Maret 1). Hubungan antara potensi kreativitas dan motivasi berprestasi mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2010 FKIP Unika Atma Jaya. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6-9
  11. https://www.bps.go.id/pressrelease/2017/11/06/1377/agustus-2017--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-50-persen.html . Diunduh pada 5 Februari 2018
  12. http://keuda.kemendagri.go.id/artikel/detail/19-perkembangan-dan-solusi-masalah-pengangguran-di-indonesia. Diakses pada 5 Maret 2018

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.