skip to main content

HUBUNGAN MODAL PSIKOLOGIS DENGAN KETERIKATAN KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR HONORER DI KECAMATAN PRACIMANTORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 8 Feb 2020; Published: 26 Jul 2023.
Open Access Copyright 2024 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara modal psikologis dengan keterikatan kerja pada guru sekolah dasar honorer di Kecamatan Pracimantoro. Modal psikologis adalah kemampuan individu untuk yakin pada diri sendiri, membangun atribusi positif, menentukan arah dalam mencapai tujuan, dan kemampuan untuk bertahan pada situasi sulit sebagai upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Keterikatan kerja adalah suatu kondisi yang positif mencakup mental, sikap, dan perilaku karyawan serta berkaitan dengan pemenuhan kerja yang ditandai dengan semangat, dedikasi, dan absorpsi. Populasi dalam penelitian ini adalah 203 guru honorer dan sampel penelitian 127 guru honorer. Guru honorer dipilih karena ditengah permasalahan yang harus dihadapi, tetapi dirinya mampu untuk bertahan dan tidak melepas profesinya. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur, yaitu skala modal psikologis (30 item valid dengan α= 0,920) dan skala keterikatan kerja (35 item valid dengan α= 0,925). Berdasarkan metode analisis regresi sederhana didapatkan hasil rxy= 0,854 dengan p = 0,000 (p<0,05), dimana hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif antara modal psikologis dan keterikatan kerja. Modal psikologis memberikan sumbangan efektif sebesar 25,5% pada keterikatan kerja.

Fulltext View|Download
Keywords: guru honorer; keterikatan kerja; modal psikologis
Funding: ANGGUN RESDASARI PRASETYO S.Psi, M.Psi, Psikolog

Article Metrics:

  1. Ambarini, D.A.S. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi pada janda cerai mati [Skripsi, Universitas Sanata Dharma]. Repository USD. https://repository.usd.ac.id/32992/
  2. Asfiyah, E.Y., & Kurniawati, E. (2014). Hubungan antara resiliensi dengan work engagement pada guru di SLB. Jurnal Psikoislamika, 11(2), 17-20. https://doi.org/10.18860/psi.v11i2.6385
  3. Astuti, N. L. P., Mimba, N. P. S. H., & Ratnadi, N. M. D. (2016). Pengaruh work engagement pada kinerja bendahara pengeluaran dengan kepemimpinan transformasional sebagai pemoderasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(5), 4057-4082
  4. Bakker, A. B., & Leiter, M. P. (2010). Work engagement: a handbook of essential theory and research. Psychology Press
  5. Berk, L.E. (2012). Development trough the lifespan. Pustaka Pelajar
  6. Compton, W.C., & Hoffman, E. (2013). Positive psychology: The science of happiness and flourishing. Wadsworth
  7. Hamdani. (2019, Oktober 31). 1,795 juta usulan UMK Wonogiri 2020. Joglosemar. https://joglosemarnews.com/2019/10/1795-juta-ini-usulan-umk-wonogiri-2020/
  8. KBBI. (2016). Kamus besar bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id/pusat
  9. Luthans, F., Youssef, C.M., & Avolio, B.J. (2007). Psychological capital: Developing the human competitive edge. Oxford University Press
  10. Nugroho, D.A.S., Mujiasih, E., & Prihatsanti, U. (2013). Hubungan antara psychological capital dengan work engagement pada karyawan PT. Bank Mega Regional Area Semarang. Jurnal Psikologi, 12(2), 192-202. https://doi.org/10.14710/jpu.12.2.192-202
  11. Pemerintah Indonesia. (2017). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2008 tentang Guru Lembaran RI Tahun 2017 No. 107. Sekretariat Negara
  12. Pemerintah Indonesia. (1999). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Sekretariat Negara
  13. Putsanra, D. V. (2019, November 9). Batas usia CPNS 2019 untuk daftar via SSCASN BKN. Tirto. https://tirto.id/batas-usia-cpns-2019-untuk-daftar-via-sscasn-bkn-pada-11-november-ek3U
  14. Sagala, S. (2007). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Penerbit Alfabeta
  15. Sari, W. P. (2016). Pengaruh gaji dan motivasi terhadap kinerja guru pada SMA swasta Bagan Sinembah, Rokan Hilir, Riau. Jurnal Pendidikan, 12(1), 65–81
  16. Schaufeli, W. B. (2013). What is engagement? In employee engagement in theory and practice. Taylor & Fancis
  17. Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
  18. Suharianto, & Effendy, N. (2015). Pengaruh psychological capital terhadap work engagement pada dosen di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Experientia, 3(2), 23–34. https://doi.org/10.33508/exp.v3i2.905
  19. Simanullang, R.T.W., & Ratnaningsih, I.Z. (2018). Hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan keterikatan kerja pada perawat instalasi rawat inap di Rumah Sakit X Kota Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 290-296. https://doi.org/10.14710/empati.2018.23479

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.