skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PEMAIN GAME ONLINE DI GAME CENTER KECAMATAN BANYUMANIK, KOTA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Kecemasan akademik merupakan perasaan tegang dan ketakutan pada sesuatu yang akan terjadi, perasaan tersebut mengganggu dalam pelaksanaan tugas dan aktivitas yang beragam dalam situasi akademik. Faktor yang mempengaruhi timbulnya kecemasan akademik seperti target kurikulum yang tinggi, pemberian tugas yang padat, maupun iklim kelas yang tidak kondusif. Tetapi disisi lain faktor seperti aktivitas bermain game online diduga turut memberikan dampak pada kecemasan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antarakecanduan game online dan kecemasan akademik pada mahasiswa pemain game online di game center wilayah Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pemain game online di game center wilayah Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Sampel penelitian terdiri dari 91 mahasiswa yang diperoleh dengan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua alat ukur yaitu Skala Kecanduan Game Online(38 aitem valid, α =0,941) dan Skala Kecemasan Akademik (30 aitem valid, α = 0,906). Analisis Statistik menggunakan Spearman Rank dengan hasil uji hipotesis menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,714 dengan nilai p = 0,000 (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antarakecanduan game online dengan kecemasan akademik pada mahasiswa.

Fulltext View|Download
Keywords: Kecanduan game online, kecemasan akademik, mahasiswa

Article Metrics:

  1. Alam, M. (2018). Study of academic anxiety and academic achievement across certain demographic factors. Scholary Research Journal for Interdisciplinary Studies. 6, 10789-10801
  2. Anna, L, K. (2011). Kecemasan dan depresi capai 11,6 persen. Diunduh dari http://amp.kompas.com/sains/read/2011/09/2907021233/Kecemasan dan Depresi
  3. Charlton, J. P., & Danforth, D. W. (2010). Validating the distinction between computer addiction and engagement: online game playing and personality. Behaviour & Information Technology, 29(6), 601-613. DOI: 10.1080/01449290903401978Duckworth,A.L.,Peterson,C.,Matthews,M.D.,&Kelly,D.R.(2013).Grift:Perseverenceandpassionforlong-termgoals.JournalofPersonalityandSocial,49,199-217.DOI: 10.1037/0022-3514.92.6.1087
  4. Lee, I., Chen, Y., & Holim, L. (2007). “Leaving a never-ending game: quitting MMORPGS and online gaming addicition”. Authors & Digital Games Research Association (DIGRA), 211-217. Diunduh dari http://www.digra.org/digital-library/publications/leaving-a-never-ending-game-quitting-mmorpgs-and-online-gaming-addiction/
  5. Nasution, L., & Rola, F. (2011).Hubungan antara kecemasan akademik dengan academic self managementpada siswa Kelas x unggulan. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Mercubuana
  6. Ottens, A.J. (1991). Coping with academic anxiety. New York: The Rosen Publishing Group
  7. Situmorang, D, D, B., Mulawarman., & Wibowo, M, E. (2018). Perbandingan efektivitas konseling kelompok cbt dengan passive active music therapy untuk mereduksi academic anxiety. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi. 2, 2 (143-152)
  8. Singh, I., & Jha, A. (2013). Anxiety, optimism and academic achievement among students of private medical and engineering colleges: a comparative study. Journal of Educational and Developmental Psychology, 3 (1). DOI: 10.5539/jedp.v3n1p222
  9. Soebastian, C. O. (2010). Dampak psikologis negatif kecanduan permainan online pada mahasiswa. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata
  10. Wijayanto, R. (2018). Hubungan antara kecanduan game online terhadap kecemasan akademik siswa kelas 2 smp n Muntilan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
  11. Young, K. S., & Abreu C. N. (2011). Internet addiction. A Handbook and Guide to Evaluation and Treatment. Diunduh dari https://www.wiley.com/en-id/Internet+Addiction:+A+Handbook+and+Guide+to+Evaluation+and+Treatment-p-9780470551165

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.