skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 21 Jan 2020; Published: 21 Jan 2020.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan kecenderungan pembelian impulsif pada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Subjek pada penelitian ini berjumlah 301 partisipan yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dengan teknik sampling convenience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala kesejahteraan psikologis (36 aitem α = 0,935) dan skala kecenderungan pembelian impulsif (27 aitem α = 0,906). Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diketahui terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kesejahteraan psikologis dengan kecenderungan pembelian impulsif pada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (rxy= -0,194; p = 0,001). Semakin tinggi tingkat kesejahteraan psikologis maka semakin rendah kecenderungan pembelian impulsif. Kesejahteraan psikologis memberikan sumbangan efektif sebesar 3,8% terhadap kecenderungan pembelian impulsif dan sisanya sebesar 96,2% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Fulltext View|Download
Keywords: kesejahteraanpsikologis;kecenderungan pembelian impulsif

Article Metrics:

  1. Asmayana, B., S. (2018). Perbedaan Kecenderungan Impulsive Buying ditinjau dari Locus of Control Karyawan.(Skripsi tidak diterbitkan) Fakultas Psikologi.Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  2. Awan, A. G., & Abbas, N. (2015). Impact of Demographic Factors on Impulse Buying Behavior of Consumers in Multan-Pakistan. European Journal of Business and Management , 7(22), 96-105
  3. Carter, S.,M. (2018). 80% of younger shoppers make impulse purchases online—here's how sites trick you into spending . Diunduh dari https://www.cnbc.com/2018/12/11/80percent-of-young-people-made-an-impulse-buy-online-this-yearheres-why.html
  4. Friese, M., Hofmann, W., & Wanke, M. (2009). Social psychology of consumer behavior. New York: Psychology Press
  5. Kurniasari, E., Rusmana, N., & Budiman, N. (2019). Gambaran umum kesejahteraan psikologis mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research.3(2), 52-58
  6. Lee, M., Schellhase. R., Koo, D. M., & Lee, M. (2009). The impact of need for cognitive closure, psychological wellbeing, and social factors on impulse purchasing. Journal of Global Academy of Marketing Science, 19(4), 44-56
  7. Ludban, M., & Gitimu, P. N. (2015). Psychological well-being of college students. Undergraduate Research Journal for the Human Sciences, 14(1)
  8. Malkina-Pykh, I. G., & Pykh, Y. A. (2013). The method of response function in psychology & sociology. Boston: WIT Press
  9. Nadeem, H., Akmal, M., Omar, S., & Mumtaz, A. (2016). Impact of gender, education and age on impulsive buying: Moderating role of consumer emotional intelligence. International Journal of Transformation in Operational & Marketing Management,2 (1), 1-14
  10. Seinauskiene, B., Mascinskiene, J., & Jucaityte, I. (2015). The relationship of happiness, impulse buying and brand loyalty. 20th International Scientific Conference Economics and Management, 213, 687-693
  11. Silvera, D. H., Lavack, A. M., & Kropp, F. (2008). Impulse buying: the role of affect, social, influence, and subjective wellbeing. Journal of Consumer Marketing. 25, 23-33
  12. Sirgy, M. J. (2012). The psychology of quality of life hedonic well-being, life satisfaction, and eudaiminia second edition. Virginia: Springer
  13. Snyder, C. R., Lopez, S. J., & Pedrotti, J. T. (2011). Positive psychology the scientific and practical explorations of human strengths 2nd ed. California: Sage Publication Inc
  14. Vázquez, C., Hervas, G., Rohana, J. J., & Gomez, D. (2009). Psychological well-being and health. Contribution of positive psychology. Annuary of Clinical and Health Psychology, 5, 15-27
  15. Verplanken, B., Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: feeling no thinking. Europan Journal of Personality,15, 71-83
  16. Verplanken, B., Herabadi, A. G., Perry, J. A., & Silvera, D. H. (2005). Consumer style and health: The role of impulsive buying in unhealthy eating. Psychology and Health,20 (4), 429-441
  17. Wells, I. E. (2010). Psychological well-being. New York: Nova Science Publishers, Inc
  18. Zahrádka, P., & Sedláková, R. (2012). New perspectives on consumer culture theory and research. Newcastle: Cambrige Scholars Publishing

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.