slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PENDEKATAN VIRTUAL REALITY HYPNOSIS DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA BARU | Ardhanaputra | Jurnal EMPATI skip to main content

PENDEKATAN VIRTUAL REALITY HYPNOSIS DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA BARU

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 21 Jan 2020; Published: 21 Jan 2020.

Citation Format:
Abstract

Untuk menjawab permasalahan kecemasan berbicara di depan umum (public speaking anxiety) dengan modern dan praktis di era industri 4.0. ini, peneliti mengajukan alternatif metode intervensi virtual reality hypnosis (VRH). Intervensi ini bertujuan mengantarkan seseorang pada keadaan hipnosis dengan bantuan lingkungan virtual tiga dimensi yang diciptakan peneliti untuk menghadapi berbagai pengalaman yang menimbulkan kecemasan berbicara di depan umum. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen single subjects AB design dan dilakukan pengukuran sebanyak tiga kali untuk kondisi baseline dan dua kali untuk kondisi pasca intervensi. Pengukuran tersebut menggunakan personal report of public speaking anxiety (PRPSA) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan telah diuji coba (N=30, α=0,98). Subjek penelitian berasal dari mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro program S1 angkatan 2019 yang memiliki tingkat kecemasan berbicara di depan umum yang tinggi (N=4). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan tampilan menurunnya skor tingkat kecemasan berbicara di depan umum pada seluruh subjek. Sedangkan pada analisis statistik inferensial menggunakan Uji Friedman menunjukan nilai Chi-Square 13,128 (Chi-Square > 9,488) dan Asymp. Sig0,011 (Asymp. Sig< 0,05). Berdasarkan kondisi tersebut maka intervensi virtual reality hypnosis dapat menurunkan tingkat kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa baru.

 

Fulltext View|Download
Keywords: irtual reality hypnosis, public speaking anxiety, single subjects design

Article Metrics:

  1. Ackerman, C. J., & Beatrice T. (2000). Using guided imagery to reduce pain and anxiety.Journal of Home HealthcareNurse,18(8), 524-530 DOI: 10.1097/00004045-200009000-00010
  2. Anwar, A. I. D. (2009). Hubugan self-efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa fakultas psikologi USU. USU: Medan
  3. Askay, S. W., David R. P., & Sam R. S. (2009) Virtual reality hypnosis. Journal of Contemporary Hypnosis, 26(1) 40-47
  4. Atrup, D. F. (2018). Hipnoterapi teknik regression therapy untuk menangani penderita glassophobia siswa sekolah menengah pertama. Jurnal PINUS,3(2)
  5. Azwar, S. (2016). Dasar-dasar psikometrika edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Brann, L., Jacky O., & Anna W. (2012). The handbook of contemporaryclinicalhypnosis. Chichester: John Wiley & Sons, Ltd
  7. Budiman. (2016). Efektivitas hypnoterapi teknik anchor terhadap perubahan perilaku merokok remaja. Jurnal Psikologi Islami,2(2) 135-148 Burrows AO, G. D., Robb O. S., &PeterB. B. (2001). International handbook of clinical hypnosis. Chichester: John Wiley & Sons, Ltd
  8. Chandran, S.K., Munohsamy, T., & Rahman, H.M. (2015). Anxiety in oral presentations among itb students. ITB: Bandung
  9. Dewi, K. S. & Y. F. La Kahija. (2012). Psikologi dalam. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  10. Fitri, D. (2017). Efektivitas cognitive behavior therapy untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiwa. Jurnal Psikologi, 10(1), 64-73
  11. Frumkin, Howard. (2003). Healthy places: Exploring the evidence. American Journal of Public Health,93(9)
  12. Hadley, J., & Carol S. (1996). Hypnosis for change. California: New Harbinger Publications
  13. Kemper, K. J., & Suzanne C. D. (2005). Music as therapy. Southern Medical Journal,98(3)
  14. Khoeri, R. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan public speaking anxiety pada peserta kontes kecantikan pemilihan puteri Indonesia 2017
  15. La Kahija, Y. F. (2007). Hipnoterapi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  16. Linowes, J. (2015). Unity virtual reality projects. Birmingham: Pack Publising Madoni, E. R., Mungin, E. W., &MuhammadJ. (2018). Group counselling with systematic desensitization and emotional freedom techniques to reduce public speaking anxiety. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1) 28 – 35
  17. McCroskey, J.C. (1970). Measure of communication-bound anxiety. speech monographs,37(4), 269-277
  18. McCroskey, J. C. (1984). The communication apprehension perspective. In J. A. Daly, & J. C. McCroskey (Eds.), Avoiding communication: Shyness, reticence, and communication(pp. 13-38). Beverly Hills, CA: SAGE Publications
  19. Mehl, M. (2017). Principles of communication: Public Speaking. New York: Pearson Learning Solution
  20. Melisa, D.(2014). Efektivitas cognitive beahvior therapy untuk menurunkan public speaking anxiety pada mahasiwa
  21. Nadia, H. & Yansyah. (2018). The effect of public speaking training on students’ speaking anxiety and skill. Proceeding of the 65th TEFLIN International Conference, Universitas Negeri Makassar, Indonesia 12-14 July 2018, Vol. 65. No. 1
  22. Patterson, D. R., Jennifer R. T., Anne E. S., & Sam R. S. (2004). Virtual reality hypnosis: A case report. International Journal of Clinical and Experimental Hyonosis, 52(1), 27-38
  23. Pratiwi, G. I., Herliana R., & Kristinawati K. (2019). Manajemen mengurangi kecemasan dan nyeri dalam persalinan dengan menggunakan virtual reality: A review. Jurnal Kebidanan, 9(1) DOI: 10.31983/jkb.v9i1.3911
  24. Priyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing
  25. Rahayu,I. T., Ardani, T. A., & Sulistyaningsih. (2004). Hubungan pola pikir positif dengan kecemasan berbicara di depan umum. Jurnal Psikologi UNDIP,1(2), 131-143
  26. Ranta, K., La Greca, A. M., Luis J. G. L., & Mauri M. (2015). Social Anxiety and Phobia in Adolesecents. Switzerland: Springer International Publishing DOI: 10.1007/978-3-319-16703-9
  27. Seniati, L., Yulianto, A.,& Setiadi, B. N. (2008). Psikologi eksperimen. Jakarta: PT Indeks
  28. Sunanto, J., Koji, T., & Hideo, N. (2005). Pengantar penelitian dengan subyek tunggal. CRICED University of Tsukuba
  29. Susanti, R., & Supriyantini, S. (2013). Pengaruh expressive writing therapy terhadap penurunan tingkat kecemasan berbicara di muka umum pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 9(2), 119-129
  30. Suwardana, H. (2017). Revolusi industri 4.0 berbasis revolusi mental. JATI UNIK1(2) 102-110
  31. Suyanto, & Prana U. G. (2017). Statistika nonparametrik dengan SPSS, Minitab, dan R. Medan: USUpress
  32. Wahyuni, S. (2014). Hubunganantarakepercayaandiridengankecemasanberbicaradidepanumum padamahasiswapsikologi.EjurnalPsikologi,50-65

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.