HUBUNGAN ANTARA OTONOMI KERJA (WORK AUTONOMY) DENGAN KEBAHAGIAAN KERJA (HAPPINESS AT WORK) PADA PENGRAJIN KAIN BATIK TULS DI PAGUYUBAN GIRILOYO YOGYAKARTA

Adinda Elsa aprilia, Anggun Resdasari Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat hubungan antara work autonomy dengan happiness at work pada pengrajin kain batik tulis di Paguyuban Giriloyo Yogyakarta. Work Autonomy  merupakan suatu tingkat dimana suatu pekerjaaan dapat memberikan kebebasan, kemandirian, keleluasaan dalam menjadwalkan pekerjaan, dan keleluasaan dalam memilih metode ataupun cara yang akan digunakan untuk menjalankan pekerjaanny. Happiness at work merupakan suatu keadaan yang didalamnya terdapat perasaan positif yang membuat karyawan menjadi lebih loyal, kreatif, produktif, termotivasi, percaya diri serta mengelola dan memaksimalkan kerjanya. Populasi pada penelitian ini adalah 120 pengrajin kain batik tulis di Paguyuban Giriloyo Yogyakarta dan subjek didalam penelitian ini sebanyak 65 orang pengrajin batik. Teknik didalam penelitian ini menggunakan convenience sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala work autonomy (8 aitem, α =0,189 ) dan skala happiness at work (38 aitem, α = 0,159). Hasil analisis data di uji menggunakan uji Spearman’s Rho dengan menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,510 dan p = 0,000 ( p < 0,05). Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan antara work autonomy dengan happiness at work. Semakin positif work autonomy maka semakin tinggi happiness at work, begitu juga sebaliknya.

Kata kunci : Work Autonomy, Happiness at Work, Pengrajin batik tulis.


Keywords


Work Autonomy, Happiness at Work, Pengrajin batik tulis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats