slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DEMAK | Sukma Hadi | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DEMAK

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Aug 2019; Published: 19 Aug 2019.

Citation Format:
Abstract

Konsep diri merupakan gambaran seseorang terhadap dirinya sendiri baik secara fisik, psikis, emosional, serta sosial yang terdapat di dalam diri individu. Konsep diri tersebut dapat dikembangkan seiring dengan cara individu bersosialisasi dengan individu lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara keharmonisan keluarga dengan konsep diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Demak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 432 siswa dengan sampel sebanyak 206 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri diperoleh 27 aitem valid dengan α = 0,878, skala keharmonisan keluarga diperoleh 38 aitem valid dengan α = 0,929. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh nilai rxy = 0,478 dengan p = 0,000 (p< 0,05), artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel keharmonisan keluarga dengan konsep diri. Semakin positif keharmonisan keluarga yang diperoleh oleh individu maka semakin positif konsep diri yang terdapat dalam diri individu, sebaliknya semakin negatif keharmonisan keluarga yang diperoleh oleh individu maka semakin negatif konsep diri dalam diri individu. Keharmonisan keluarga memberikan sumbangan efektif sebesar 22,8% terhadap variabel konsep diri.

Fulltext View|Download
Keywords: Keharmonisan Keluarga, Konsep diri, Siswa Kelas XI

Article Metrics:

  1. Abdullah, M. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
  2. Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja). Bandung: Rafika Aditama
  3. Baron, R. A. & Byrne, D. (2005). Psikolodi Sosial (10 ed). Jakarta: Erlangga
  4. Calhoun, J. F. & Accocella, J. R. (1990). Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (Terjemahan) Edisi 3. Semarang: IKIP Semarang Press
  5. Folastri, S. & Prasetyaningtyas, N. E. (2017). Gambaran Konsep Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Sumbangsih Jakarta Selatan. TERAPEUTIK (Jurnal Bimbingan dan Konseling). Vol. 1, No. 1. ISSN: 2580-2046
  6. Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  7. Giri, R. S. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa yang Berasal dari Provinsi X. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
  8. Gunarsa, S. D., & Gunarsa, S. Y. D. (2004). Psikologi Prakti: Anak, Remaja, Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia
  9. Gunarsa, Y. S. D., & Gunarsa, S. D. (2012). Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: Libri
  10. Hawari, D. (2004). Al-Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa
  11. Hendriati, A. (2006). Psikologi Perkembangan. Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung : PT. Refika Aditama
  12. Hurlock, E. B. (2014). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi ke-5). Alih Bahasa: Istiwadayanti & Sijabat, Max. R. Jakarta: Erlangga
  13. Inggrid. (2004). Manajemen Keluarga Sakinah. Yogyakarta: Diva Press
  14. Muniriyanto & Suharnan. (2014). Keharmonisan Keluarga, Konsep diri, Dan Kenakalan Remaja. Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 3, No. 02, Hal. 156-164
  15. Purnaningtyas, L. F., & Masykur, A. M. (2015). Konsep Diri dan Kecenderungan Bullying pada Siswa SMK Semarang. Jurnal Empati. Vo. 4(4), 186-190
  16. Rahmaningsih, N. D., & Martani, W. (2014). Dinamika Konsep Diri Pada Remaja Perempuan Pembaca Teenlit. Jurnal Psikologi. Vol. 41, No. 2, Hal. 179-189
  17. Saraswati, G. K. & Arifah, S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja di SMP N 13 Yogyakarta. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. Vol. 3, No. 1, Hal. 33-38
  18. Sitepu, E. (2018). Family Harmony to Student Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSR_JHSS). Vol. 23, Issue. 2, PP. 71-75. ISSN: 2279-90837
  19. Sobur, A. (2016). Psikologi Umum edisi revisi. Bandung: Pustaka Setia
  20. Wood, J. T. (2006). Communication in Our Lives, fourth edition. Australia: Thomson Wadsworth. Diakses https://archieve.org/stream/communicationino00wood_0#page/n17/mode/2up
  21. Yunistiati, F., Djalali, M. A., & Farid, M. (2014). Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri, Dan Interaksi Sosial Remaja. Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 3, No. 01, Hal. 71-82

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.