HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN HARDINESS DENGAN REGULASI EMOSI PADA PENYANDANG TUNADAKSA DI BALAI BESAR REHABILITASI BINA DAKSA (BBRSBD) PROF. DR. SOEHARSO SURAKARTA

Bertha Kristiyanti, Diana Rusmawati

Abstract


Regulasi emosi adalah kemampuan individu dalam memonitor, mengevaluasi, dan memodifikasi emosi untuk mencapai tujuan individu. Hardiness merupakan karakteristik kepribadian yang berhubungan dengan kemampuan individu dalam mengatasi stres.Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepribadian hardiness dengan regulasi emosi pada penyandang tunadaksa. Populasi dalam penelitian berjumlah 105 subjek dengan subjek penelitian berjumlah 44 subjek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Hardiness (31 aitem; α= 0,926) dan Skala Regulasi Emosi (25 aitem; α= 0,876). Analisis data menggunakan regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepribadian hardiness dengan regulasi emosi pada penyandang tunadaksa sebesar rxy=0,895 dengan  p=0,000 (p<0,001). Keadaan ni menunjukkan semakin kuat kepribadian hardiness, maka semakin baik kemampuan regulasi emosinya. Begitu pula sebaliknya, semakin lemah kepribadian hardiness, maka semakin buruk pula kemampuan regulasi emosinya. Kepribadian hardiness memberikan sumbangan efektif sebesar 80,1% terhadap regulasi emosi pada penyandang tunadaksa.

 

 

Kata Kunci: Kepribadian Hardiness, Regulasi Emosi, Tunadaksa


Keywords


Kepribadian Hardiness, Regulasi Emosi, Tunadaksa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats