skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI SMK X SEMARANG

*Winda Putri D.J  -  Fakultas psikologi Universitas Diponegoro, Indonesia
Endang Sri Indrawati  -  Fakultas psikologi Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI SMK X Semarang. Populasi pada penelitian sebanyak 149 siswa kelas XI X Semarang. Uji coba diberikan kepada 43 siswa kelas XI SMK X Semarang dan penelitian dilakukan kepada 105 siswa kelas XI SMK X Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional (27 aitem,  α =0,894) dan skala perilaku bullying ( 23 aitem, α =0,944). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan negatif signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying (rxy = -0,352 ; p= 0,000). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti terkait hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI SMK X Semarang dapat diterima. Kecerdasan emosional pada penelitian ini memberikan sumbangan efektif sebesar 12,4% terhadap perilaku bullying

Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan emosional; bullying
Article Info
Section: Research Articles
Language : ID-ID
Statistics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.