skip to main content

PENGARUH METODE BERMAIN PURA-PURA (PRETEND PLAY) TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 26 Mar 2019; Published: 26 Mar 2019.

Citation Format:
Abstract

Era globalisasi identik dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan sehingga manusia dituntut memiliki kreativitas yang tinggi. Berdasarkan Global Creaivity Index (CGI) 2015 tingkat kreativitas orang Indonesia menempati posisi ke-67 dari 139 negara. Sehingga diperlukan metode yang dapat mengembangkan kreativitas. Terutama kreativitas pada anak usia dini karena masa tersebut berada pada masa golden age. Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh metode bermain pura-pura (pretend play) dalam mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia dini pada anak TK. Penelitian ini merupakan quasi experiments dengan the untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa TK PGRI 33 Ngesrep dengan usia berkisar 5-6 tahun, yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen (KE) dan kelompok kontrol (KK). Pengumpulan data dilakukan menggunakan tabel observasi yang terdiri dari 16 indikator kreativitas anak usia dini yang dikembangkan dari tiga aspek kreativitas menurut Hatimah (dalam Susanto, 2011). Uji validitas perangkat dan alat eksperimen dilakukan oleh tiga orang psikolog sebagai expert judgement. Sedangkan, uji reliabilitas dianalisis menggunakan SPSS 20.0 dengan hasil Cronbach’s Alpha sebesar (r=.969), dengan reliabilitas antar rater (ICC) sebesar (r=.887). Hasil uji Friedman (p=.000) menunjukkan perbedaan yang signifikan dari pretest, posttest, dan follow-up atau dapat diartikan metode bermain pura-pura (pretend play) berpengaruh terhadap kreativitas anak usia dini. Kemudian, perbandingan antara kelompok eksperimen (KE) dan kelompok kontrol (KK) diperoleh berdasarkan hasil Uji Mann Whitney yang menunjukkan hasil tidak signifikan pada pretest (p=.138) atau tidak ada perbedaan, tetapi terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil posttest (p=.043) dan follow-up (p=.003). 

Fulltext View|Download
Keywords: bermain; pretend play

Article Metrics:

  1. Ahmadi, N. T., Mustaffa, S., & Ahmadi, A. (2014). The Barriers of Enhancing Creativity Developed by Parents in Developing Countries. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 114, 257-261. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.694
  2. Anderson, J. K., & Bailey, S.J. (2010). The Importace of Play in Early Childhood Development. Family and Human Development, 1-3
  3. Aulina, C. N. (2015). Pengaruh Bermain Peran terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Journal Pedogogia, 4(1), 59-69. https://doi.org/2089-3833
  4. Fehr, K. K., & Russ, S. W. (2016). Pretend play and creativity in preschool-age children: Associations and brief intervention. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 10(3), 296-308. https://doi.org/10.1037/aca0000054
  5. Fiorelli, J. W., & Russ, S. W. (2012). Pretend play, coping, and, subjective well- being in children: A follow-up study. American Journal of Play, 5(1), 81-103. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ985605.pdf
  6. Halida. (2011). Metode Bermain Peran dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 tahun). Cakrawala Kependidikan, 9(1), 27-34. Diambil dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/download/270/275
  7. Hartanti, L., & Widiana, H. S. (2011). Pengaruh bermain play dough terhadap kreativitas anak tk. Jurnal psikologi, 4(2), 97-111. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=397744&val=8722&title=PENGARUH%20BERMAIN%20PLAY%20DOUGH%20TERHADAP%20KREATIVITAS%20ANAK%20TK Hoffmann, J., & Russ, S. (2012). Pretend play, creativity, and emotion regulation in children. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 6(2), 175
  8. Moghadam, H. E., Poshtareh, S., Ahmadi, N. T., & Goodarzi, S. (2016). Enhancing Creativity Factors which are Impelmented by Iranian Parents. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 217, 1083-1088. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.116
  9. Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2006). Yogyakarta: Gajah Mada University Press
  10. Moore, M., & Russ, S. W. (2008). Follow-up of a pretend play intervention: Effects on play, creativity, and emotional processes in children. Creativity Research Journal, 20(4), 427-436. https://doi.org/10.1080/10400410802391892
  11. Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
  12. Mursid. (2015). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
  13. Mutiah, D. (2010). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Kencana
  14. Pamungkas, J. (2015). Persepsi Orang Tua Terhadap Kreativitas Anak dalam Pentas Opera Anak Usia Dini. TEKNODIKA, 13(2), 95-105
  15. Rizia, C. E., Yarmohamadiyan, M. H., & Gholami, A. (2011). The effect group plays on the development of the creativity of sixyear children. Procedia social and behavioral sciences, 15, 2137-2141. Diambil dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042811006136
  16. Santrock, J. W. (2012). Life-span development (13 ed). Jakarta: Erlangga. Shadish, W., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and quasi-experimental designs for generalized causal inference. Boston: Houghton Mifflin. Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2013). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks. Suminar, D. R. (2009). Membangun Karakter Anak Melalui Pretend Play. Jurnal Psikologi Indonesia, 1-11
  17. Suminar, D. W., & Hastjarjo, D. (2016). A theoritical model of theory of mind and pretend play. Intenational Jounal of Applied Psychology, 6(4), 85-93. http://article.sapub.org/10.5923.j.ijap.20160604.02.html
  18. Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana
  19. Wibowo, A. (2016). Kreativitas dan pendidikan kita. mediaindonesia.com. Diambil dari http://www.mediaindonesia.com/news/read/38101/kreativitas-dan-pendidikan-kita/2016-04-04 Zhang, M. (2017). Relationships between pretend play and cognitive development in early childhood education. Pretend play and cognitive development. Diambil dari

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.