HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARSISWA DENGAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL PADA SISWA TAHUN PERTAMA SMA NEGERI 4 KOTA PEKALONGAN

Received: 8 Mar 2019; Published: 25 Mar 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: ID-ID
Statistics: 142 220
Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal antarsiswa dengan penyesuaian diri terhadap sistem pembelajaran full day school pada siswa tahun pertama SMA Negeri 4 Kota Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 238 siswa tahun pertama SMA Negeri 4 Kota Pekalongan. Sampel penelitian ini berjumlah 146 siswa yang dipilih mengunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data mengunakan dua skala psikologi, yaitu skala penyesuaian diri terhadap sistem pembelajaran full day school (25 aitem, α = 0,863) dan skala komunikasi interpersonal antarsiswa (21 aitem, α = 0,854). Hasil penelitian menunjukkan koefisiensi korelasi (rxy) = 0,334 dengan nilai p= 0,000 (p < 0,001). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal antarsiswa dengan penyesuaian diri terhadap sistem pembelajaran full day school. Semakin baik komunikasi interpersonal antarsiswa maka semakin baik pula penyesuaian diri terhadap sistem pembelajaran full day school yang dimiliki. Berlaku sebaliknya, semakin buruk komunikasi interpersonal antarsiswa maka semakin buruk pula penyesuaian diri terhadap sistem pembelajaran full day school yang dimiliki. Komunikasi interpersonal antarsiswa memberikan sumbangan efektif sebesar 11,1% pada penyesuaian diri terhadap sistem pembelajaran full day school.

Article Metrics: