Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI23424, author = {Bunga Andaryanti and Endang Indrawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP PAKAIAN PADA SISWI KELAS XI SMAN 1 PATI}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {7}, number = {4}, year = {2019}, keywords = {perilaku diri; konsumtif}, abstract = { Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif terhadap pakaian pada siswi kelas XI SMAN 1 Pati. Perilaku konsumtif adalah kecendurangan dalam membeli barang yang berlebihan tanpa pertimbangan rasional yang disertai dengan emosi serta lebih mementingkan keinginan demi memenuhi kepuasan fisik yang bersifat berlebihan yang hanya untuk memperoleh pengakuan sosial. Konsep diri adalah gagasan tentang keyakinan, pandangan, dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Pati dengan karakteristik subjek penelitian yaitu berjenis kelamin perempuan, terdaftar sebagai siswi kelas XI SMA Negeri 1 Pati, berusia 15-18 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 158 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling . Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri (25 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,906) dan skala perilaku konsumtif (34 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,932). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif dengan koefisien korelasi antar variabel sebesar – 0,490. Semakin positif konsep diri maka semakin rendah perilaku konsumtif dan semakin negatif konsep diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Konsep diri memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku konsumtif sebesar 24,1%. }, issn = {2829-1859}, pages = {1187--1193} doi = {10.14710/empati.2018.23424}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23424} }
Refworks Citation Data :
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif terhadap pakaian pada siswi kelas XI SMAN 1 Pati. Perilaku konsumtif adalah kecendurangan dalam membeli barang yang berlebihan tanpa pertimbangan rasional yang disertai dengan emosi serta lebih mementingkan keinginan demi memenuhi kepuasan fisik yang bersifat berlebihan yang hanya untuk memperoleh pengakuan sosial. Konsep diri adalah gagasan tentang keyakinan, pandangan, dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Pati dengan karakteristik subjek penelitian yaitu berjenis kelamin perempuan, terdaftar sebagai siswi kelas XI SMA Negeri 1 Pati, berusia 15-18 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 158 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri (25 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,906) dan skala perilaku konsumtif (34 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,932). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif dengan koefisien korelasi antar variabel sebesar – 0,490. Semakin positif konsep diri maka semakin rendah perilaku konsumtif dan semakin negatif konsep diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Konsep diri memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku konsumtif sebesar 24,1%.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University