skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP PAKAIAN PADA SISWI KELAS XI SMAN 1 PATI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 8 Mar 2019; Published: 25 Mar 2019.

Citation Format:
Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif terhadap pakaian pada siswi kelas XI SMAN 1 Pati. Perilaku konsumtif adalah kecendurangan dalam membeli barang yang berlebihan tanpa pertimbangan rasional yang disertai dengan emosi serta lebih mementingkan keinginan demi memenuhi kepuasan fisik yang bersifat berlebihan yang hanya untuk memperoleh pengakuan sosial. Konsep diri adalah gagasan tentang keyakinan, pandangan, dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri.  Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Pati dengan karakteristik subjek penelitian yaitu berjenis kelamin perempuan, terdaftar sebagai siswi kelas XI SMA Negeri 1 Pati, berusia 15-18 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 158 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri (25 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,906) dan skala perilaku konsumtif (34 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,932). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif dengan koefisien korelasi antar variabel sebesar – 0,490. Semakin positif konsep diri maka semakin rendah perilaku konsumtif dan semakin negatif konsep diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Konsep diri memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku konsumtif sebesar 24,1%.

Fulltext View|Download
Keywords: perilaku diri; konsumtif

Article Metrics:

  1. Adisti, P. (2010). Personality plus for teens. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Grhatama. Diunduh dari https://books.google.co.id/books?id=GRwZPbe2DNYC&pg=PT17&dq=remaja+adalah&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=remaja%20adalah&f=false
  2. Ermawati,E., & Indriyati, E.P (2011). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja di SMP N 1 Piyungan. Jurnal Spirit. 2(1)
  3. Hasibun, E. (2010). Hubungan antara gaya hidup brand minded dengan kecenderungan perilaku konsumtif pada remaja putri. Skripsi. Sumatera : Universitas Sumatera Utara. Diunduh dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/14508/10E00081.pdf;sequence=1
  4. Kiling, B. N., & Kiling, I.Y. (2015). Tinjauan konsep diri dan dimensinya pada anak dalam masa kanank-kanak akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, vol 2, 116-124. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/126693-ID-tinjauan-konsep-diri-dan-dimensinya-pada.pdf
  5. Marketing. (2013, 14 Januari). Merek lokal kualitas Internasional. Marketing.co.id. Diunduh dari https://marketing.co.id/merek-lokal-kualitas-internasional/
  6. Mowen, J., & Minor,M. (2002). Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : Dwi Kartini Yahya. Edisi Kelima Jilid I. Jakarta : Erlangga
  7. Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2013). Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika
  8. Prawes, I.T., & Widyastu, E. (2008). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja di SMU negeri 2 Krakatau Steel Cilegon. Jurnal Psikohumanika. 1 (2), 14-23
  9. Rauufaida, A.A., & Rachmawati, M.A. (2008). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada remaja putri. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Islam
  10. Indonesia. Diunduh dari http://psychology.uii.ac.id/images/stories/jadwal_kuliah/naskah-publikasi-04320119.pdf
  11. Sobur, A. (2003). Psikologi umum. Bandung: CV Pustaka Setia
  12. Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
  13. Sumartono. (2002). Teperangkap dalam iklan : meneropong imbas pesan televisi. Bandung : Penerbit Alfabeta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.