BEKERJA DENGAN HATI (Studi Kualitatif Fenomenologi pada Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kelet Unit Rehabilitasi Kusta)

Vera Yunita Christiani, Ahcmad Mujab Masykur

Abstract


Petugas kesehatan wajib memberikan pelayanan kepada pasien yang memrlukan bantuan secara medis. Perawat adalah satu petugas kesehatan yang bertugas sebagai perantara antara pelayanan kepada pasien dan juga petugas kesehatan lainny, seperti dokter. Semua pasien dengan berbagai kelehuan penyakit berhak mendapatkan asuhan keperawatan, meskipun termasuk dalam golongan penyakit menular seperti kusta. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan pengalaman menjadi perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kelet Unit Rehabilitasi Kusta, dan berfokus pada dinamika kehidupan subjek dalam menjalani profesinya sebagai perawat pasien kusta. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ketiga subjek memiliki pengalaman psikologi pada saat menjalani profesinya sebagai perawat pasien kusta, seperti: keputusan ketiga subjek memilih perawat sebagai pekerjaan yang akan dijalani, pengenalan akan penyakit kusta dan lingkungan rumah sakit tempat ketiga subjek bekerja, serta kehidupan yang saat ini subjek jalani sebagai perawat pasien kusta.Tindakan ketiga subjek dalam menolong pasien kusta dengan memberikan perhatian secara medis dan psikis merupakan bentuk tindakan prososial. Totalitas dalam melakukan pekerjaannya sebagai ucapan syukur karena pekerjaan yang telah ditakdirkan oleh Tuhan, merupakan wujud dari religiusitas yang mempengaruhi perilaku prososial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats