HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN EFIKASI DIRI MENGHAFAL ALQURAN PADA SANTRI HAFIDZ DI PONDOK PESANTREN MODERN ALQURAN DAN RAUDLOTUL HUFFADZ

Wilda Faza, Erin Ratna Kustanti


DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2018.20193

Abstract


Efikasi diri menghafal Alquran merupakan keyakinan diri individu terhadap kemampuannya dalam mencapai tujuan sehingga mampu mengatasi kendala. Menghafal Alquran dalam bahasa Arab disebut dengan hafidz. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan efikasi diri menghafal Alquran pada santri hafidz di Pondok Pesantren Modern Alquran dan Raudlotul Huffadz. Populasi penelitian ini adalah santri hafidz di Pondok Pesantren Modern Alquran dan Raudlotul Huffadz, dengan subjek penelitian berjumlah 110 santri yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi model likert yang terdiri dari dua skala, yaitu Skala Dukungan Sosial Orangtua (59 aitem, α = 0,932) dan Skala Efikasi Diri (31 aitem, α = 0,878). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan efikasi diri menghafal Alquran pada santri hafidz di Pondok Pesantren Modern Alquran dan Raudlotul Huffadz dengan koefisien korelasi 0,323 dengan p = 0,000 (p<0,05). Nilai koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif, artinya semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi efikasi diri menghafal Alquran. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,104, artinya dukungan sosial orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 10,4 % pada efikasi diri.

 


 


Keywords


Dukungan Sosial Orangtua, Efikasi Diri, Santri Hafidz

Full Text:

PDF

References


Ansong, D., Okumu, M., Bowen, G.L., Walker, A.M., & Eisensmith, S.R. (2017). The role of parents, classmate, and teacher support in student engagement: Evdence from Ghana. Internasional Journal of Educational Development. Vol. 54, 51-58. Doi: 10.1016/j.ijedudev.2017.03.010.

Bodys-Cupak, I., Majda, A., Puchala, J.Z., Kaminska, A. (2016). The impact of a sense of self-efficacy on the level of stress and the ways of coping with difficult situations in Poish nursing students. Nurse Education Today. Vol. 45, 102-107. Doi: 10.1016/j.nedt.2016.07.004

Budi, W. A. (2014). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan self-efficacy mahasiswa fakultas Psikologi UKSW dalam menyusun skripsi. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Salatiga: UKSW Salatiga.

Chairani, L., & Subandi, M.A. (2010). Psikologi santri penghafal al-qur’an: Peranan regulasi diri. Yogyakarta: Pustaka.

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fiest, J., & Fiest, G.J. (2011). Teori kepribadian buku 2 edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.

Friedman (2000). Peningkatan motivasi dan keaktifan dalam pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori psikologi. Yogjkarta: Ar-Ruzz Media.

Hakim, M.B. (2006). Ulumul qur’an. Jakarta: Huda.

Liu, Y.C., & Hung, Y.Y. (2016). Self-efficacy as the moderator: Exploring driving factors of perceived social support for mainland Chinese students in Taiwan. Computers in Human Behavior. Vol. 64, 455-462. Doi: 10.1016/j.chb.2016.07.018.

Mayes, L., & Lewis, M. (2012). The Cambridge handbook of environment in human development. New York: Cambridge University Press.

Mulyadi, S., Rahardjo, W., & Basuki, H. (2016). The role of parent-child relationship, self-esteem, academic self-efficacy to academic stress. Social and Behavioral Sciences. 217, 603-608. Doi: 10.1016/j.sbspro.2016.02.063.

Rizky, E., Zulharman., Risma, D. (2014). Hubungan efikasi diri dengan coping stress pada mahasiswa angkatan 2012 fakultas kedokteran universitas riau. JOM FK, Vol. 1 (2).

Santrock, J.W. (2012). Life span development: Perkembangan masa hidup, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Schunk, D. H., & Pajares, F. (2001). The development of academic self efficacy. San Diego: Academic Press.

Taylor, S.E., Peplau, L.A., & Sears, D.O. (2012). Psikologi sosial, edisi 12. Jakarta: Prenada Medi Group.

Toding, W.R., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2013 fakultas kedokteran universitas Sam Ratulangi. Jurnal e-Biomedik, Vol 3 (1).

Widanarti, N., & Indati, A. (2002). Hubungan anatara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal Psikologi. No. 2, 112-123.

Zhang, Z,J., Zhang, C, L., Zhang, X, G., Liu, X, M., Zhang, H., Wang, J., Liu, S. (2015). Relationship between self-efficacy beliefs and achievement motivation in student nurses. Chinese Nursing Research, Vol. 2, 67-70. Doi: 10.1.16/j.cnre.2015.06.001.




Copyright (c) 2018 Empati

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/