slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII SMA N 3 MAGELANG | Arumsari | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII SMA N 3 MAGELANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 28 Mar 2018; Published: 26 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dan efikasi diri akademik dengan kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas XII SMAN 3 Magelang. Kecemasan menghadapi Ujian Nasional adalah kondisi atau keadaan individu  yang merasa takut atau khawatir jika suatu hal buruk akan terjadi pada saat menghadapi Ujian Nasional. Dukungan sosial orangtua adalah persepsi seseorang terhadap bantuan yang diterima individu yang berasal dari orangtua baik secara emosional, penghargaan, informasi, dan materil, dimana sikap tersebut dapat membuat individu merasa berharga dan dicintai oleh orangtuanya. Efikasi diri akademik adalah keyakinan individu terhadap kemampuan akademiknya dalam melakukan tugas akademik dan menghadapi hambatan untuk mencapai tujuan akademik yang diinginkan. Subjek penelitian 145 siswa kelas XII SMA N 3 Magelang dengan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional (37 aitem, α = .915), Skala Dukungan Sosial Orangtua (37 aitem, α = .937), Skala Efikasi Diri Akademik (22 aitem, α = .889). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel dukungan sosial orangtua dan variabel efikasi diri akademik berhubungan negatif dan signifikan dengan variabel kecemasan menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas XII SMA N 3 Magelang dengan rxy = .381 dan p = .000 (p < .05) dengan sumbangan efektif 13.3%. Variabel dukungan sosial orangtua tidak signifikan dengan variabel kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas XII SMA N 3 Magelang, dengan rxy =-­­.109 dan nilai p = .199 (p > .05). Sedangkan variabel efikasi diri akademik berhubungan negatif dan signifikan dengan variabel kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas XII SMA N 3 Magelang dengan rxy =-.380  dan  p = .000 (p < .05).

 

Fulltext View|Download
Keywords: Ujian Nasional, Kecemasan menghadapi Ujian Nasional, Dukungan Sosial Orangtua, Efikasi Diri Akademik, Siswa SMA

Article Metrics:

  1. Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  2. Casbarro, J. (2005). Test anxiety and what can do about it. New York: Casbarro Consulting, Inc
  3. Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  4. Hair, J. Et all. (1998). Multivariate data analysis. Prentice Hall
  5. Hindun. (2007). Hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat stres menjelang Ujian Nasional pada siswa SMU N 1 Tegal. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Budaya Universitas Islam Indonesia
  6. Ivancevich, J. M., Konopaske, R., & Matteson, M. T. (2007). Perilaku dan manajemen organisasi. Jakarta: Erlangga. Kolo, A. G., Munra, W., & Nobaya. (2017). Relationship between academic self-efficacy believed of college students and academic performance. Journal of Humanities and Social Science, 22(1), 75-80. doi: 10.9790/0837-2201067580.Kugbey,N.,Boadi,S.O.,&Atefoe,E.A.(2015).Theinfluenceofsocialsupportonthelevelsofdepression,anxietyandstressamongstudentsinGhana.JournalofEducationandPractice,6(25),135-140.Mayes,L.C.,&Lewis,M.(2012).TheCambridgehandbookofenvironmentinhumandevelopment.NewYork,NY:CambridgeUniversityPress.Nevid,J.S.,Rathus,S.A.&Greene,B.(2005).Psikologiabnormal(jilid1).Jakarta:Erlangga
  7. Pemerintah Republik Indonesia (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar Peserta Oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan. Jakarta
  8. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2012). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7thed.). Hoboken, New Jersey, NJ: John Willey & Sons Inc
  9. Schunk, D. H. (2008). Learning theories: An educational perspective (5th ed). New Jersey, NJ: Pearson Education, Inc
  10. Siswadi. (2016). FSGI beberkan tujuh jenis kecurangan UN 2016. Diunduh dari http://edupost.id/berita-pendidikan/fsgi-beberkan-tuju-jenis-kecurangan-un-2016/
  11. Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif,
  12. dan R&D. Bandung: Alfabeta
  13. Uwah, C., McMahon, H., & Carolyn, F. (2008). School belonging, educational aspirations, and academic self-efficacy among African American male high school students: Implications for counselors. Journal of American School Counselor Association, 11 (5), 296-305. doi: 10.5330/PSC.n.2010-11.296

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.