skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PARENTING SELF-EFFICACY DENGAN PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 28 Mar 2018; Published: 26 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Tunarungu adalah gangguan pendengaran sebagian atau keseluruhan yang meliputi gangguan komunikasi, interaksi sosial, dan emosi yang dibutuhkan anak untuk perkembangan kompetensi sosialnya. Oleh karena itu, orangtua sebagai pengasuh perlu menciptakan persepsi positif untuk membantu anak memenuhi kompetensi sosialnya. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi persepsi orangtua ialah kepribadian seperti self-efficacy. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Parenting Self-Efficacy dengan Persepsi terhadap Kompetensi Sosial Anak Tunarungu. Sampel penelitian adalah 133 orangtua murid (ibu/ayah) di tiga Sekolah Luar Biasa tipe B Semarang dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala Parenting Self-Efficacy sebanyak 33 aitem (α = 0,919) dan skala Persepsi terhadap Kompetensi Sosial Anak sebanyak 38 aitem (α = 0,922). Metode analisis yang digunakan adalah uji korelasi regresi sederhana dengan perolehan rxy = 0,574 dengan tingkat signifikansi korelasi pada  p = 0,000 (p < 0,05), yang menandakan adanya hubungan positif yang signifikan antara Parenting Self-Efficacy dengan Persepsi terhadap Kompetensi Sosial Anak Tunarungu. Semakin tinggi parenting self-efficacy maka semakin positif pula Persepsi terhadap Kompetensi Sosial Anak Tunarungu. Hasil penelitian ini mayoritas parenting self-efficacy rendah, sejalan dengan persepsi terhadap kompetensi sosial anak tunarungu yang negatif. Parenting Self-Efficacy memberikan sumbangan efektif sebesar 33% pada Persepsi terhadap Kompetensi Sosial Anak Tunarungu dan 67% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

 


                                                                                                                                     

Fulltext View|Download
Keywords: Parenting Self-Efficacy, Persepsi, Kompetensi Sosial, Tunarungu

Article Metrics:

  1. Alwisol, R. (2007). Psikologi kepribadian. Malang: UPT Universitas Muhammadiyah Malang
  2. Andersson, G. (2000). Social competence and behavioural problems in children with hearing impairment. Departement of Psychology, 39 : 88-92
  3. Bandura, A. (1997). A social cognitive theory of action. In J. P. (Eds.), Recent advances in social psychology (p. 127). Nortg Holland: Elsevier
  4. Brooks, J. (2008). The Process of parenting 7th ed New York. New York: Mc Graw Hill
  5. Budd, K. S. (1985). Parents as mediators in the social skills training of children. New York: John Wiley & Sons
  6. Coleman, P. K. (2003). Maternal self-efficacy beliefs, competence in parenting and toddlers behaviour and developmental status. Infant mental health journal, 24, 126-148
  7. Coleman, P. K., & Karraker, K. H. (2000). Parenting self-efficacy among mothers of school-age children: Conceptualization, measurement, and correlates. Family Relations, 49, 13-24
  8. Close, N. (2002). Listening to children: Talking with children about difficult issues. Boston: Allyn and Bacon
  9. Dirks, E., Uilenburg, N., & Rieffe, C. (2016). Parental stress among parents of toddlers with moderate hearing loss. Research in Developmental Disabilities, diakses: http://dx.doi.org/10.1016/j.ridd.2016.03.008
  10. Gao, L.-L., Sun, K., & Chan, W.-C. S. (2014). Social support and parenting self-efficacy among chinese women in the perinatal period. Midwifery, diakses: http://dx.doi.org/10.1016/j.midw.2013.06.007
  11. Gupta, A., & Singhal, N. (2004). Positive perceptions in parents of children with disabiblities. Asian Pacific Disability Rehabilitation Journal, 15 : 22-35
  12. Hadibroto, I., Alam, S., Suryaputra, I., & Olivia, F. (2002). Misteri perilaku anak sulung, tengah, bungsu dan tunggal. Jakarta: Gramedia
  13. Hardman JG, d. (2001). Goodaman and Gilman's the pharmacological basis of theurapeutics. McGraw Hills, 1143. 70
  14. Hess, R. C., Teti, M. D., & Hussey-Gardner, H. (2004). Self-efficacy and parenting of high-risk infants: The moderating role of parent knowledge of infant development. Applied Developmental Psychology, doi: 10.1016/ja.appdev.2004.06.002
  15. Hetherington, E., & Parke, R. (1999). Child Psychology (5th edition). USA: McGraw-Hill Collage
  16. Heward, W. L. (2003). Exceptional children 5th Edition (an introduction to special education). New Jersey: Prentice-Hall
  17. Hidayati, N. (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik, vol.1 no.1
  18. Hintermair, M. (2007). Parental resources, parental stress, and socioemotional development of deaf and hard of hearing children. Journal of deaf studies and deaf education University of Education: Heidelberg., doi: 10.1093/deafed/en1005
  19. Hornby, G., & Lafaele, R. (2011). Barriers to parental involvement in education: An explanatory model. College of Education, University of Canterbury, Christchurch, New Zaeland, Vol. 61, No 1. doi: 10.1080/001319110.2010.4888049
  20. Hurlock, E. (2011). Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
  21. Jones, T. L. (2005). Potential roles of parental self-efficacy in parent and child adjustment: A review. Clinicsl Psychology Review, 25, 341-363 doiI:10.1016/j.cpr.2004.12.004
  22. Kail, R. V., & Cavanaugh, J. C. (2000). Human development : A life span view 2th ed. United States: Wadsworth Thomson Learning
  23. Kohlhoff, J., & Barnett, B. (2013). Parenting self-efficacy: Links with maternal depression, infant behaviour and adult attachment. Early Human Development, diakses: http://dx.doi.org/10/1016/j.earlhumdev.2013.01.008
  24. Lambrechts, G., Leeuwen, V. K., Boonen, H., Maes, B., & Noens, I. (2011). Parenting behaviour among parents of children with autism spectrum disorder. Research in autism spectrum disorders, doi: 10.1016/j.rasd.2010.12.011
  25. Lubis, M. U. (2009). Penyesuaian diri orangtua yang memiliki anak autis. Psychology Journal, 23-33
  26. Maclnnes, K. L. (2009). Parenting self-efficacy and stress in mothers and fathers of children with down syndrome. Simon Fraser University, diakses: http://ir.lib.sfu.ca/handle/1892/112
  27. Mangunsong, F. (2011). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Jilid ke dua. Depok: LPSP3 UI
  28. Mangunsong, F. d. (2009). Psikologi dan pendidikan anak luar biasa. Depok: LPSP3 UI
  29. Markazi, L., Badrigargari, R., & Vahedi, S. (2011). The role of parenting self-efficacy and parenting styles on self-regulation in adolescent girls of Tabriz. Procedia- Social and Behavioral Sciences, doi: 10.1016/j.sbspro.2011.10.339
  30. Martin, C., & Kolbert, K. (1997). Parenting a life span perspective. New York: NY : Mc Graw Hill
  31. McClellan, D. E., & Katz, L. G. (2001). Assessing young children's social cempetence. ERIC Digest, (online) http://ed.gov/databases/ERIC_Digest/ed450953.html
  32. Melinda, E. S., & Iis Sri Heryati. (2013). Bina komunikasi, persepsi bunyi dan irama bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta: PT. Luxima Metro Media
  33. Muninggar, K. D. (2008). Hubungan parenting stress dengan persepsi terhadap pelayanan family-centered care pada orangtua anak tunaganda netra. Journal of Psychology, diunduh dari: http://lib.ui.ac.id/opac/ui/detail.jsp/id=125956&lokasi
  34. Polfuss, M., & Marilyn, F. (2012). Parenting behaviors of african american and caucasian families: Parent and child perceptions, associations with child weight, and ability to identify abnormal weight status. Journal of Pediatric Nursing, 195-205 doi: 10.1016//j.pedn.2011.03.012
  35. Purnama , A. R., & Sri , W. (2017). Kelekatan (attachment) pada ibu dan ayah dengan kompetensi sosial pada remaja. Jurnal Psikologi, Vol. 13 No 1
  36. Salonen, H. A., Kaunonen, M., Astedt-Kurki, P., & Jarvenpaa, A.-L. (2011). Effectiveness of an internet-based intervention enchancing finnish parents' parenting satisfaction and parenting self-efficacy during the postpartum period. Midwifery, doi: 10.1016/j.midw.2010.08.010
  37. Schiffman, & Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks
  38. Septriana, S., Sumekar, G., & Armaini. (2015). Helping parents parenting children with hearing impairment in learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 4 No. 1. 231-241
  39. Vani, C. G., Raharjo, T. S., Hidayat, N. E., & Humaedi, S. (2014). Pengasuhan (good parenting) bagi anak dengan disabilitas. Social Work Journal. Vol 4, no 2, doi: http://dx.doi.org/10.24198/swi.v4i2.37

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.