skip to main content

HUBUNGAN ANTARA SERVANT LEADERSHIP DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA PERAWAT RSUD RAA SOEWONDO PATI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 5 Mar 2018; Published: 5 Mar 2018.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara servant leadership dengan komitmen organisasi pada perawat RSUD RAA Soewondo Pati . Sampel penelitian sebanyak 98 dari 337 total perawat yang bekerja aktif di RSUD RAA Soewondo Pati. Uji coba diberikan kepada 52 perawat dan penelitian dilakukan kepada 98 perawat RSUD RAA Soewondo Pati. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala servant leadership  (25 aitem, α = 0,926) dan skala komitmen organisai (27 aitem, α =0,894). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara servant leadership dengan komitmen organisasi pada perawat RSUD RAA Soewondo Pati (r= 0,309; p< 0,00). Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu hubungan positif antara servant leadership dengan komitmen organisasi pada perawat RSUD RAA Soewondo Pati dapat diterima. Semakin tinggi servant leadership maka semakin tinggi komitmen organisasi pada perawat RSUD RAA Soewondo Pati dan sebaliknya semakin tinggi servant leadership maka semakin tinggi komitmen organisasi pada perawat RSUD RAA Soewondo Pati. Variabel servant leadership memberikan sumbangan efektif sebesar 9,5% terhadap komitmen organisasi.

Fulltext View|Download
Keywords: servant leadership, komitmen organisasi, Perawat, RSUD RAA Soewondo Pati

Article Metrics:

  1. Akbar dan Mulyana. (2013). Hubungan antara servant leadership dengan komitmen organisasi pada karyawan Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo. Skripsi. Surabaya : Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  2. Azwar,S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. _______. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  4. Barbuto, J.E., & Wheeler, D.W. (2006). Scale development and construct clarification of servant leadership, Group and Organization Management. New York
  5. Barry, C., & Derek, L. (2008). Organizational behaviour and design: perilaku dan desain organisasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
  6. Cut Zurnali. (2010). Knowledge Worker: Kerangka Riset Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Depan. Bandung : Unpad Press
  7. Donald, dkk. (2007). Servant Leadership : The ultimate calling to fulfill your life’s greatness. Gradien Books
  8. Fineman, S. (2005). Organizing and Organization Understanding the Human Side of Work. Newyork: A Division Siroon and Schuster. Inc
  9. Gellerman, W., Saul. (2003). Manajer dan Bawahan. Jakarta: Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen, (LPPM)
  10. Greenleaf, R. K. (2002). Servantleadership: A journey into the nature of legitimate power and greatness (L.C. Spears, Ed.) (25th Anniversary Edition). Paulist Press, New York
  11. Gul, Sajid et al. (2012). “Impact of Leadership Styles on Organizational Commitment in Pharmaceutical Companies of Pakistan”. Information and Knowledge Management.Vol 2 No 7
  12. Handoko, Hani. (2006). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE Universitas Gajah Mada
  13. House, R. J & Shamir, B. (2008). Toward an integration of transformational, charismatic and visionary theories of leadership. Journal: Leadership
  14. Perspectives and Research Directions: p.81-107. New York: Academic Press Hoveida et al. (2011).“A Study on the Relationship among Servant Leadership (SL) and the Organizational Commitment (OC): A Case Study”. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business.vol 3, no 3
  15. Inge, M, Aida, V. S. Hubeis, & Nurmala K. (2014). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Turnover Intentions Pada Perawat Rumah Sakit Dhuafa Job Satisfaction Relationship With Turnover Intentions In Dhuafa HospitaL, Nurses. Jurnal Manajemen IKM. Vol. 9 No. 2 hal. 111 – 120
  16. Juliani. (2007). “Pengaruh Motivasi Intrinsik terhadap Kinerja Perawat Pelaksanadi Instalasi Rawat Inap RSU Dr. Pirngadi Medan Tahun 2007”. Tesis: Sekolah Pascasarjana, Universitas Sumatera Utara, Medan. (Tidak dipublikasikan)
  17. Kartono. K. (2008). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
  18. Kbbi. (2016). Arti kata komitmen, diakses dari www.kbbi.kemendikbud.go.id tanggal 16 Oktober 2016
  19. Ketut & Gede (2014). Analisis Faktor-faktor yang Menentukan Loyalitas Karyawan Pada PT. Inti Buana Permai. Denpasar, Bali
  20. Koesmono, H. T. (2007). Pengaruh kepemimpinan, Tuntuan Tugas dan Career Plateau terhadap stress kerja, komitmen organisasi dan OCB Perawat Rumah Sakit Haji Surabaya, Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi Vol.7 No.1 April 2007
  21. Kreitner, Robert dan Kinicki. (2008). Organizational Behavior. 8th Edition.Boston: Mc Graw-Hill
  22. Kuntjoro, Z. S. (2002). Komitmen Organisasi. Diakses dari http://www.epsikologi.com/MASALAH/250702.html pada tanggal 19 Oktober 2016
  23. Lantu. (2007). Servant Leadership. Yogyakarta: Gradien Books
  24. Louis, R. (2013). Kepemimpinan Kesehatan masyarakat, Aplikasi dalam Praktek, Penerbit Buku Kedokteran. Jakarta: EGC
  25. Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Andi
  26. Mar’at, S. (2010). Desmita Psikologi Perkembangan. Bandung : Rosda
  27. Mazarei, Ebrahim et al.(2013). “The Relationships between Servant Leadership Style and Organizational Commitment”.Scholars Research Library. Archives of Applied Science Research. 5 (1):312-317
  28. Musakabe, H. (2004). Mencari Kepemimpinan Sejati, di Tengah Krisis dan Reformasi. Jakarta: Penerbit Citra Insan Pembaru
  29. Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan edisi 3. Jakarta : Salemba Medika
  30. Panggabean, M.S. (2006). Hubungan diantara Keterlibatan kerja, Kepuasan kerja dan Komitmen Organisasi. Jurnal Manajemen Sumber daya Manusia dan Organisasi. Vol.1 No.1
  31. Pradiansyah, Arvan. (2008). The 7 Laws of Happiness. Bandung: Kaifa
  32. Prestiwari. (2013). Hubungan antara servant leadership dengan komitmen organisasi di Joy Fellowship. Skripsi. Yogjakarta : Prodi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma
  33. Puspitasari, N. (2013). Pengaruh Kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kualitas layanan Hotel Bali Hyatt Sanur. Diakses dari portal www.unud.ac.id/1390661008-3/wisuda
  34. Rivai, Veithzal. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori Kepraktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  35. Robbins, P. (2008). Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education, Inc
  36. Smith, Jay M. (2005). Akuntansi Intermediate, diterjemah oleh Alfonsus Sirait, S.E, Cetakan Kelima, Jilid 1, Edisi ke Sembilan. Jakarta : Erlangga
  37. Sopiah. (2008). Perilaku organisasional, Yogyakarta : Andi
  38. Sugiyono. (2009). Statistika untuk penelitian. cetakan 22. Bandung: CV. Alfabeta
  39. Sumarsono. (2003). Manajemen dan Organisasi. Jakarta : Elang Jaya
  40. Valent. (2012). Komitmen organisasi, diakses dari www.e-psikologi.com/ epsi/search.asp pada tanggal 17 Desember 2016
  41. Vondey, M. (2010).The Relationships among Servant Leadership, Organizational Citizenship Behavior, Person-Organization Fit, and Organizational Identification. International Journal of Leadership Studies.6 (1),hal.427
  42. Washington, Rynetta et al. (2006). “Individual differences in servant leadership: the roles of values and personality”. Leadership & Organization Development Journal.Vol. 27 No. 8.pp. 700-716
  43. ____________________. (2007). Empirical Relationships among Servant, Transformational, And Transactional Leadership: Similarities,
  44. Differences, And Correlations With Job Satisfaction And Organizational Commitment. Dissertation Faculty of Auburn University
  45. Wei, Lim Si dan Desa, Nasina Mat. (2013). “Servant Leadership and Organisational Commitment: an Empirical Evidence From Banking Industry in Malaysia”. 4th international conference on business and
  46. economic research (4th icber 2013) proceeding
  47. Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja, edisi ke 3. Jakarta : Rajawali Pers
  48. _______. (2014). Manajemen Kinerja, edisi ke 4. Jakarta : Rajawali Pers
  49. Wike, S.M & Meily, M. (2012). Pengaruh servant leadership terhadap komitmen 108 organisasi dan organization citizenship behaviour. Jurnal Manajemen, Vol.11, No.2. Universitas Kristen Maranatha, ISSN 1411-9293 99
  50. Yulianto. (2001). Pengaruh Loyalitas, Kepuasan kerja, Komitmen organisasional dan Leaders Member Exchange Terhadap Turnover Intention. Skripsi Tidak Dipublikasikan
  51. Zuraida, L, Novitasari, D, Sudarman, A. (2013). Pengaruh Kepemimpinan, Tuntutan Tugas, Beban Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Pada Pegawai PDAM Kota Magelang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. VII No. 2 hal. 1 - 22

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.