slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH PERMISSIVE INDULGENT DENGAN ASERTIVITAS PADA REMAJA KELAS VIII DI SMPN 13 CIREBON | Veryski | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH PERMISSIVE INDULGENT DENGAN ASERTIVITAS PADA REMAJA KELAS VIII DI SMPN 13 CIREBON

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 5 Mar 2018; Published: 5 Mar 2018.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pola asuh permissive indulgent dengan asertivitas pada remaja kelas VIII SMP Negeri 13 Cirebon. Populasi penelitian berjumlah 233 orang, dengan sampel penelitian sebanyak 127 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Asertivitas (25 aitem; α= 0,918) dan Skala Persepsi terhadap Pola asuh permissive indulgent (23 aitem; α= 0,892). Berdasarkan analisis regresi sederhana didapatkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi terhadap pola asuh permissive indulgent dengan Asertivitas (rxy=-0,417; p=0,000). Semakin negatif persepsi terhadap pola asuh permissive indulgent yang dimiliki oleh subjek maka semakin tinggi asertivitas nya. Persepsi terhadap pola asuh permissive indulgent memberikan sumbangan efektif sebesar 17,4% terhadap Asertivitas. Terdapat faktor lain sebesar 82,6% yang berperan namun tidak terungkap dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: persepsi terhadap pola asuh permissive indulgent, asertivitas, remaja

Article Metrics:

  1. Azwar, S. (2012). Validitas dan reliabilitas edisi IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  2. Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Danistiya, F. (2013). Pengaruh persepsi pola asuh permisif orang tua terhadap perilaku
  5. membolos. Educational Psychology Journal, 1, 1- 8
  6. Desmita. (2010). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  7. Falentina, F, O. Dkk. (2012). Asertivitas terhadap pengungkapan emosi marah pada remaja
  8. Jurnal Psikologi, 8, 10- 14
  9. Gunarsa, S. D. (2004). Dari anak sampai usia lanjut. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia
  10. Gunarsa, S. D. (2012). Konseling dan psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia
  11. Hasanzadeh, R., & Mahdinejad, G. (2012). Investigation of the relationship between selfassertiveness
  12. and school's attitude. Journal of Elementary Education. 22(1), 81-88
  13. https://doi.org/10.1539/joh.46.296
  14. Hurlock, E., B. (2006). Perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Erlangga
  15. Imani,R. K. (2014). Perilaku asertif, harga diri dan kecenderungan depresi. Persona, 1, 143- 154
  16. Mardani. (2013). Hubungan antara perilaku asertif dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X
  17. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa. 2 (3), 13-21
  18. Miasari, A. (2012). Hubungan antara komunikasi positif dalam keluarga dengan
  19. asertivitas pada siswa smp negeri 2 Depok Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 1, 33-46
  20. Monks, F. J., K & Haditono, S., R. (2006). Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai
  21. bagiannya. Yogyakarta: UGM
  22. Nugroho, A. D., & Hartati, S. (2014). Hubungan antara konsep diri dengan asertivitas pada siswa
  23. SMA Mardisiswa Semarang. Jurnal Empati, 3(2), 1- 13
  24. Paramitha, A, A. (2013). Hubungan pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan
  25. emosional pada remaja awal , Jurnal kepribadian, 2(2), 64- 70
  26. Prijonggo, C. W & Sumargi, A. M. (2001). Students passivity: Indonesia context. Anima,
  27. Indonesian Psychological, 16 (4), 340- 446
  28. Santrock, J. W. (2003). Adolescene: Edisi ke – 6. Jakarta: Erlangga
  29. Santrock, J. W. (2007). Remaja : Jilid 1 Edisi ke- 11. Jakarta: Erlangga
  30. Santrock, J. W. (2012). Life-span development alih bahasa perkembangan masa hidup edisi
  31. ketigabelas jilid dua. Jakarta: Erlangga
  32. Silaen, A. C. (2015). Hubungan antara regulasi emosi dengan asertivitas . Empati, 4, 175- 181
  33. Sriyanto., dkk. (2014). Perilaku asertif dan kecenderungan kenakalan remaja berdasarkan
  34. pola asuh dan peran media massa. Jurnal psikologi, 41, 74-88
  35. Stein, S. J. & Book, H. E. (2006).The EQ edge: emotional intelligence and your succes. Libery
  36. and archives Canada Cataloguing in publication
  37. Sternberg, R. J. (2008). Psikologi kognitif. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR Sternberg, R. J
  38. (2008). Psikologi kognitif. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.